Kulit Gatal-Gatal Pada Malam Hari? Atasi Dengan Ini

Sobat Mommy Baiti semoga selalu dalam keadaan sehat dimanapun berada. Akhir-akhir ini ada hal yang terjadi hampir setiap malam yaitu rasa gatal di tangan dan kaki disertai bentol-bentol seperti habis digigit semut. Rasa gatal tersebut menyebabkan ingin segera menggaruknya.

Namun jika digaruk, rasa gatal akan melebar dan bentol-bentol seperti terkena ulat bulu. Apakah Sobat Mommy Baiti pernah mengalami hal yang seperti ini?

Rasa gatal ini menyelimuti disaat setelah matahari tenggelam, sekitar jam enam atau jam tujuh malam. Jelas kondisi ini sangat membuat tidak nyaman, selain ingin menggaruk juga kulit terasa panas.

Kulit yang gatal juga bisa saja terinfeksi oleh kuman dan bakteri yang menempel di kulit kita. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus, akibatnya kenyamanan tidur kita akan terganggu. Kira-kira, apa saja penyebabnya ya?



Penyebab Gatal Malam Hari

Pada umumnya, rasa gatal tersebut disebabkan akibat perubahan mekanisme alami di dalam tubuh. Fungsi-fungsi ini berubah hanya pada saat malam hari. Misalnya, suhu tubuh dan aliran darah di kulit terjadi peningkatan pada malam hari, sehingga menghangatkan kulit. Kenaikan suhu pada kulit ini bisa menimbulkan rasa gatal tersebut.

Pada malam hari, tubuh juga bisa melepaskan lebih banyak sitokin, sehingga akan meningkatkan risiko terjadinya peradangan. Sementara, produksi kortikosteroid (hormon yang mengurangi peradangan) justru melambat. Sitokin sendiri adalah sekumpulan protein yang terlibat dalam pembentukan sistem imun manusia.

Dengan demikian, kondisi ini juga akhirnya bisa menimbulkan kulit gatal pada malam hari. Selain itu, kulit biasanya akan kehilangan lebih banyak air di malam hari sehingga menjadi cenderung lebih kering. Kondisi seperti ini juga dapat membuat kulit jadi mudah gatal.

Cara mengatasi Gatal Pada Malam Hari

Ada beberapa cara untuk mengatasi keluhan gatal-gatal yang terjadi pada malam hari, sobat Mommy Baiti bisa menggunakan dari cara yang dinilai mudah dan murah. Selengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Membersihkan tubuh sebelum tidur

Ini merupakan perawatan paling sederhana dan mudah yang bisa dilakukan di rumah yaitu membersihkan tubuh atau mandi sore/malam menggunakan air dingin atau air hangat. Gunakanlah sabun yang tidak mudah membuat kulit menjadi kering serta bebas pewangi.

Sabung yang bisa digunakan adalah sabun yang mengandung minyak kedelai dan minyak alpukat karena dapat membantu menghidrasi kulit sehingga kelembapan kulit akan tetap terjaga.

Minyak tersebut kaya akan emolien alami (pelembut kulit) sehingga membantu menjaga kelembapan dan kadar air di kulit, sehingga kulit tidak mudah kering. Jika kulit mudah kering, kulit lebih mudah mengalami gatal-gatal.

2. Menggunakan pelembap kulit

Pada dasarnya kulit membutuhkan pelembap untuk mengatasi masalah gatal-gatal pada malam hari. Untuk itu pilihlah produk pelembap kulit yang tepat untuk kulit, yang bahan aktifnya bisa mengatasi kekeringan pada kulit. Dengan menjaga kelembaban kulit akan bisa mencegah timbulnya sensasi gatal yang dirasakan.

Gunakanlah krim atau lotion pelembap yang tidak rentan menyebabkan alergi (hypoallergenic) serta bebas kandungan alkohol dan zat pewangi. Selain itu kamu juga bisa mengoleskan pelembap yang mengandung tinggi emolien untuk mengatasi kulit gatal-gatal pada malam hari.

3. Kompres dengan air dingin

Kompres dengan menggunakan air dingin juga dapat membantu meredakan sekaligus menenangkan kulit gatal-gatal yang terjadi pada malam hari. Caranya cukup mudah diterapkan yaitu cukup tempelkan handuk bersih yang sudah dibasahi air dingin, ke area kulit yang terasa gatal. Langkah ini bisa dilakukan secara rutin selama 10 menit. Jika gatal masih belum mereda, sobat Mommy Baiti bisa melakukannya beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

4. Mengoleskan krim anti gatal

Kulit gatal-gatal pada malam hari bisa diatasi dengan mengoleskan obat gatal-gatal pada kulit di malam hari yang berupa lotion calamine. Salep ini berfungsi menenangkan kulit gatal sehingga mencegah Anda untuk menggaruk kulit lebih lanjut yang berpotensi menimbulkan rasa gatal semakin parah.

5. Pakai obat antihistamin

Obat antihistamin bisa digunakan untuk mengatasi kulit gatal-gatal di malam hari dan juga bisa untuk menghentikan gatal akibat alergi. Obat ini berfungsi untuk menghentikan terjadinya kulit gatal-gatal pada malam hari akibat reaksi alergi yang muncul.

Obat antihistamin ini bisa didapatkan dengan mudah karena dijual bebas di apotek, antara lain diphenhydramine, chlorpheniramine, hydroxyzine, dan promethazine.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar