Kenali Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Pencegahannya




Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah dan Cara Mencegahnya – Setiap orang pastinya ingin memiliki wajah yang putih, mulus dan bersih. Alasan utamanya adalah karena fokus pertama pandangan seseorang jika bertemu dengan orang lain adalah pada wajah.

Oleh karena itu apapun akan dilakukan untuk bisa mendapatkan wajah yang putih bersih dan mulus. Namun apa daya jika jerawat sudah datang menghampiri. Ibarat tamu tak diundang, jerawat yang tidak diharapkan tiba-tiba saja datang tanpa permisi terlebih dahulu.

Jerawat pada umumnya muncul di wajah saat memasuki usia pubertas pertama kali. Bahkan tidak jarang yang beranggapan bahwa jika sudah muncul jerawat pada wajah berarti itu sebuah pertanda bahwa bahwa usia seseorang sudah memasuki remaja atau pubertas.

Penyebab Timbulnya Jerawat


Akan tetapi jerawat bukanlah hanya dimiliki dan dimonopoli oleh remaja usia belasan tahun saja karena jerawat juga bisa mendatangi usia-usia setelahnya. Mungkin Anda suka Cara memerahkan bibir hitam secara alami.

Hal tersebut bisa terjadi karena faktor kondisi kulit dan juga bisa karena faktor jenis konsumsi makanan. Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah Ada banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah selain karena faktor memasuki masa-masa pubertas, yaitu :



1. Stress yang berlebihan 

Stress adalah kondisi dimana mengalami beban pikiran yang berat. Meskipun dalam kondisi fisik yang sehat namun menanggung beban pikiran berat yang berkepanjangan akan mudah menimbulkan jerawat di wajah. Jadi sangat disarankan untuk tidak terlalu stress dalam setiap permasalahan yang dihadapi.

2. Terdapat sel kulit mati

Sel kulit wajah yang mati juga perlu diwaspadai. Karena pada sel kulit yang telah mati ini bisa menutupi pori-pori kulit sehingga bisa menimbulkan jerawat. Selain itu juga karena bakteri atau kuman yang mengendap di pori-pori kulit wajah. Oleh karena itu untuk menghindarinya, rutinlah mencuci muka dengan air bersih.

3. Wajah yang berminyak 

Kulit wajah yang berminyak dipercayai bisa mencegah keriput di usia muda dan menjaga kecerahan kulit wajah. Namun jika produksi minyak pada wajah terlalu berlebihan juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah. Baca juga Alasan Orang Melakukan Program Diet.

4. Pengaruh penggunaan kosmetik 

Tidak semua kosmetik yang ada dipasaran cocok dengan kondisi kulit wajah masing-masing orang. Oleh karena itu pilihlah kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Pemakaian kosmetik yang tidak tepat bisa meyebabkan iritasi dan akhirnya menimbulkan jerawat.

5. Penggunaan smartphone 

Jarang disadari bahwa penggunaan smartphone atau handphone saat bertelepon juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah. Radiasi yang dihasilkan oleh sinyal smartphone dan menempelnya smartphone di wajah saat bertelepon bisa meninggalkan kuman yang mengotori lapisan kuit wajah.

6. Faktor keturunan 

Jerawat di wajah bisa timbul karena faktor genetic atau faktor keturunan. Jerawat yang disebabka karena faktor keturunan biasanya lebih susah dihilangkan bila dibandingkan dengan jerawat yang timbul karena faktor non-genetik.

7. Efek dari konsumsi obat 

Saat kondisi tubuh sedang sakit dan mengharuskan mengkonsumsi obat dengan tujuan penyembuhan bisa juga menimbulkan jerawat di wajah. Terlebih saat sistem kekebalan tubuh sedang menurun dan kurang kuat untuk menahan efek dari obat yang dikonsumsi tersebut.

8 Polusi udara 

Sangat tidak menguntungkan jika menjalani keseharian pada area yang memiliki kualitas udara yang buruk. Karena kualitas udara yang buruk atau polusi udara bisa mempengaruhi kondisi kulit wajah yang selanjutnya bisa menyebabkan timbulnya jerawat di wajah.

9. Darah kotor 

Darah kotor yang mengalir dalam tubuh ini terdapat bakteri dan kuman yang memungkinkan untuk terjadi timbulnya jerawat. Jadi, sebenarnya bukan karena darah kotornya , melainkan karena terdapat bakteri dan kuman.

10 Merokok dan konsumsi Alkohol 

Merokok dan konsumsi alcohol memang sangat dianjurkan karena bisa berdampak negative pada kesehatan tubuh. Demikian juga penyebab timbulnya jerawat di wajah bisa disebabkan karena merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah 


Jerawat di wajah bisa timbul karena disebabkan oleh banyak faktor seperti tersebut di atas. Dan jika saat ini terdapat jerawat di wajah jangan berkecil hati karena ada beberapa tips cara mencegah timbulnya jerawat di wajah yaitu :

1. Selalu menjaga kebersihan wajah

Menjaga kebersihan wajah bukan hanya ketika wajah jerawatan saja. Ada atau tidaknya jerawat pada wajah, sebaiknya tetap menjaga kebersihan wajah. Menjaga kebersihan wajah bisa dengan cara cuci muka sedikitnya dua kali sehari.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan mengurangi atau menghilangkan minyak yang terdapat pada permukaan kulit wajah. Baca juga kenali tanda-tanda gejala dan bahaya obesitas.

Ketika cuci muka untuk tujuan membersihkan wajah, sebaiknya menggunakan air hangat dan pembersih wajah. Hindari penggunaan sabun yang padat dan keras karena bisa meyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Usaplah dengan lembut permukaan kulit wajah menggunakan telapak tangan dan jangan menggunakan kain atau handuk yang kasar. Jika sudah bersih merata, bilaslah seluruh wajah menggunakan air yang bersih kemudian keringkan dengan menggunakan handuk yang bersih pula.

2. Gunakan pelembab 

Agar kondisi kulit wajah tidak kering, sebaiknya selalu gunakan pelembab kulit untuk menghindari terjadinya kulit kering dan terjadi pengelupasan kulit. Dalam mencari dan memilih pelembab, carilah pelembab yang tidak menyebabkan jerawat pada wajah.

Pilihlah pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit Anda, karena dipasaran terdapat pelembab yang khusus diciptakan untuk masing-masing kondisi kulit, misalnya pelembab khusus untuk kulit kering, pelembab khusus untuk kulit berminyak, dan pelembab khusus untuk kulit normal.

3. Menggunakan kosmetik seperlunya 

Bagi kaum Hawa, kosmetik adalah bagaikan sahabat sejati yang selalu menemani kemana-mana untuk menjaga agar terlihat selalu segar dan cantik. Dalam menggunakan kosmetik sebaiknya memilih kosmetik yang tanpa minyak, tanpa perwarna buatan, dan tanpa bahan kimia.

Jangan lupa untuk selalu segera membersihkan wajah dengan bersih agar tidak ada sisa-sisa kosmetik yang menempel pada wajah terlalu lama.



4. Pilihlah obat jerawat yang tepat 

Jika wajah sedang jerawatan dan berusaha untuk mengobatinya, maka pillihlah obat jerawat yang sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Hindari memilih obat jerawat yang bisa megakibatkan kulit wajah menjadi kering dan terkelupas.

Dan gunakanlah produk-produk obat jerawat dengan bijak dan hati-hati terutama bagi yang mempunyai kulit sensitif.

5. Gunakan perawatan rambut yang tepat 

Penggunaan minyak rambut atau gel pada rambut yang berlebihan bisa mengakibatkan jerawat di wajah. Mengapa bisa demikian? Karena pada saat gel atau minyak rambut ini sampai ke kulit wajah bersamaan dengan keringat, dimungkinkan gel atau menyak rambut tersebut menutupi pori-pori kulit wajah dan mengakibatkan iritasi. Silahkan baca juga artikel manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut.

Dan dengan mengetahui hal-hal penyebab timbulnya jerawat di wajah dan cara mencegahnya, besar harapannya untuk memiliki kulit wajah yang cantik dan berseri. Semoga artikel ini bermanfaat.