Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Masalah Rambut



Jeruk nipis sangat mudah ditemukan disekitar kita. Rasanya yang asam-asam manis bisa juga di hidangkan sebagai minuman atau wedang. Namun di balik itu semua ternyata jeruk nipis sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah rambut yang biasa muncul seperti ketombe, rontok, rambut bercabang, dan lainnya.

terkenal asam rasanya namun manis manfaatnya khususnya untuk kesehatan dan keindahan rambut. Di dalam air jeruk nipis terdapat senyawa kimia yang sangat berkhasiat untuk kesehatan rambut pria maupun wanita.

Sebelum anda memahami apa manfaat nyata dari kebaikan jeruk nipis untuk kesehatan rambut, terlebih dahulu anda harus mengetahui nutrisi dan senyawa aktif yang terkandung didalamnya.

Kandungan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung minyak atsiri yang mencakup lasetat,  Aktilal dehid,  Gerani,  lasetat linali, kadinen, Felandren. Selain itu juga terdapat Synephrine, Asam sitrat, Damar, Belerang, zat besi, Asam sitrun, Glikosida, Kalsium, Lemak tak jenuh ganda.

Pada jeruk nipis juga memiliki kandungan nutrisi yang kaya manfaat untuk mewujudkan kondisi rambutmu agar selalu berada pada kondisi terbaiknya, diantaranya :
  • Kalsium 34 mg
  • Karbohidrat 11,7 gram
  • Protein 0.11 gram
  • Lemak tak jenuh 0.1 gram
  • Fosfor 23 mg
  • Vitamin C 27,3 mg
  • Vitamin B1 0,05 mg
  • Mineral murni 0,5 gram
  • Asam askorbat 50 mg
  • Zat besi 0,4 mg
  • Energi keseluruhan sekitar 50 kal.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut 

1. Membersihkan kulit kepala
Air jeruk nipis mengandung anti bakteri maka dari itu dapat membersihkan kulit kepala karena dapat mengangkat segala jenis bakteri penyebab gatal gatal, kulit bersisik, mengangkat kotoran yang bercampur debu dan keringat dan dapat mengurangi sebum berlebih pada permukaan kulit kepala.

2. Menghilangkan ketombe
Air jeruk nipis mengandung tingkat keasaman yang kuat, sehingga mampu membersihkan ketombe membandel agar tidak datang kembali.

Air jeruk mampu melembabkan kulit kepal secara alami agar kepala senantiasa terhindar dari kekeringan yang nantinya bisa menimbulkan gatal gatal.

3. Memperkuat akar rambut
Nutrisi yang ada pada jeruk nipis dapat memperkuat akar rambut dari dalam dan memberikan banyak oksigen dan nutrisi agar kekuatannya selalu terjaga dengan baik di dalam cuaca apapun. Mampu menghalau efek buruk dari sinar matahari langsung.

4. Membuat rambut lebih berkilau
Minyak atsiri yang ada didalam jeruk nipis mampu melindungi setiap helai rambut dari paparan sinar matahari dan radikal bebas yang merusak kilau alaminya.

Minyak atsiri mampu membuat rambut lebih berkilau dan bercahaya sehingga membuat tampilan wajah semakin terlihat bersih.

5. Agar rambut cepat mengalami perpanjangan
Setiap manusia umumnya mempunyai  rambut dengan kecepatan memanjang sekitar 1 sampai 2 sentimeter setiap bulannya.

Namun air jeruk nipis dapat mempercepat panjang rambut pria ataupun wanita lebih dari 2 sentimeter dalam satu bulan.

6. Dapat menyingkirkan zat kimia hasil proses pengritingan rambut
Air jeruk nipis bersifat asam yang mampu meluruhkan zat kimia berbahaya yang terdapat pada cairan untuk pengeritingan rambut.

Air jeruk nipis juga mampu mengikat zat kimia pengeritingan dan menggerusnya sampai benar-benar memecahkan zat kimia tersebut. Silahkan baca juga khasiat daun sirsak untuk kesehatan.

7. Mencegah kerontokan
Nutrisi yang ada pada jeruk nipis dapat memperkuat setiap helai rambut agar tidak mudah patah dan rontok yang berlebihan. Rambut yang mudah rontok adalah indikasi jika rambut kurang mendapat asupan nutrisi yang memadai.

8. Mencegah ujung rambut bercabang

Nutrisi yang ada pada jeruk nipis mampu memberikan asupan gizi pada ujung rambut agar terhindar dari dehidrasi, kekeringan dan kekusaman.

Vitamin, asam amino dan kalsium yang ada pada jeruk nipis mampu mengatasi ujung rambut agar tetap padat dan tidak mudah membelah diri.

9. Merangsang pertumbuhan rambut pada anak anak
Banyak ibu yang mendambakan putra putrinya memiliki rambut yang tebal, hitam dan berkilau, hanya air jeruk nipis yang mampu mewujudkannya.

Olesi air jeruk nipis pada kepala anak lalu lakukan gerakan memijat perlahan selama 10 menit. jika teratur dan rajin melakukannya maka dalam tiga bulan rambut anak akan tumbuh lebat dan berkilau.

10. Mencegah tumbuhnya uban pada usia dini
Asam amino, vitamin dan minyak atsiri dapat dapat merawat dan mempertahankan pigmentasi rambut agar tidak mudah memudar. Menjadi uban saat usia seseorang belum memasuki usia 30an.

11. Mencegah munculnya kutu rambut
Kutu pada rambut seseorang dapat berpindah tempat pada rambut seseorang yang sebelumnya tidak mempunyai kutu. Jika kutu telah menetap maka akan melepaskan telur telurnya untuk menjadi kutu baru.

Untuk mencegah penularan kutu dari rambut seseorang maka rajin mengolesi air jeruk nipis pada rambut anda. Efek rasa asamnya sangat tidak disukai kutu rambut karena bagi para kutu rasa asam pada jeruk nipis terasa panas.

12.  Melancarkan sirkulasi darah sekitar kepala
Memijat kepala dengan menggunakan air jeruk nipis dapat melancarkan peredaran darah disekitar kepala.

Kepala akan terhindar dari sakit kepala dan membuat pertumbuhan rambut tetap normal dan mengurangi dehidrasi pada kulit kepala yang hanya membuat rambut mudah rontok dan sulit bernafas dengan baik.

13. Menyingkirkan zat kimia hasil dari proses pengecatan rambut
Nutrisi pada jeruk nipis mampu memudarkan dan menghilangkan zat kimia hasil pengecatan yang masih menempel pada batang rambut. Rambut akan terlihat kembali berkilau.

14. Mencegah rambut kering dan kusam
Rambut yang kusam dan kering adalah indikasi bahwa rambut sedang dalam keadaan rusak dan perlu segera mendapat perawatan untuk mengembalikan kilau dan kesehatannya. Air jeruk nipis mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut kusam dan kering.

15. Menutrisi kutikula rambut
Vitamin C dan asam amino yang ada pada air jeruk nipis dapat memberikan nutrisi yang memadai pada kutikula rambut agar senantiasa tejaga kelembaban dan keelastisan rambut.

Rambut akan mampu beradaptasi dengan kondisi cuaca yang berubah ubah dan mampu mengendalikan radikal bebas akan tidak merusak kekuatan rambut khususnya pada bagian batangnya.

16. Meluruskan rambut
Bagi seseorang yang memiliki jenis rambut ikal air jeruk nipis dapat menjadi solusi paling aman untuk meluruskan rambut.

Namun harus teratur dan disiplin melakukan pengolesan air jeruk nipis yang telah dicampur dengan minyak zaitun. Lakukan pemijatan kulit kepala selama kira kira 10 menit lalu diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

17. Mencegah kebotakan
Banyak orang pantas dan cocok dengan tampilan kepala botak tetapi jika memiliki rambut seseorang tersebut akan terlihat 3 kali lebih menarik.

Untuk mencegah kebotakan yang parah bagi para pria hendaknya menggunakan air jeruk nipis yang telah dicampur air gingseng untuk olesan di kulit kepala dan lakukan pemijatan perlahan, lakukan dengan teratur setiap hari.

18. Mencegah kerak pada kulit

Kulit kepala yang permukaannya  kasar akibat penumpukan kotoran yang bercampur keringat jika jarang dibersihkan akan menimbulkan kerak dan akan semakin menebal.

Jika ketika keramas tidak melakukan penggosokan dengan menggunakan air jeruk nipis. penimbunan kerak pada kulit kepala dapat mengganggu pertumbuhan dan perpanjangan rambut secara normal.

19. Meringankan rambut dan kepala
Nutrisi yang ada pada manfaat jeruk nipis untuk rambut, mampu membersihkan segala kotoran yang melekat pada rambut dan kulit kepala.

Sehingga rambut terasa sangat ringan dan kepala terasa lega dan terhindar dari keluhan sakit kepala dan leher pun teras ringan. ini akibat dari rajinnya melakukan pemijatan perlahan pada kulit kepala dengan menggunakan air jeruk nipis.

20. Menjadikan rambut mudah di atur
Nutrisi yang ada pada jeruk nipis dapat membuat kondisi rambut semakin berkilau, lurus dan mudah untuk diatur. Rambut yang mudah ditata akan memberikan inspirasi pemiliknya untuk membuat gaya dan tatanan rambut yang lebih kreatif dan unik.

Sahabat Mommy Baiti, dengan menggunakan dan memanfaatkan khasiat dari jeruk nipis dapat untuk mengatasi masalah rambut sehingga dapat tampil lebih hitam dan indah. Semoga bermanfaat.