Tahap Perkembangan Bayi Pada Usia 7 Bulan



Tahap perkembangan bayi adalah saat-saat yang diperhatikan oleh para orangtua. Karena dengan kemajuan yang ditunjukkan oleh si kecil maka perkembangan bayi bisa lebih terkontrol. Untuk perkembangan bayi yang baru lahir hingga berusia enam bulan, Anda bisa melihat detil perkembangannya di artikel sebelumnya.

Memasuki usia tujuh bulan, bayi sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Pada usia ini, si kecil sudah mulai membalikkan tubuh dan belajar merangkak. Si kecil juga sudah merasa takut ketika di tinggal ibu. Dan menariknya adalah si kecil senang bermain sembunyi-sembunyian seperti cilukba.

Apa saja perkembangan bayi usia 7 bulan?


Ketika memasuki usia tujuh bulan, memori bayi sudah berkembang dengan baik. Hal ini diperlihatkan dia sudah dapat mengenali suara orang-orang terdekatnya, dan juga sudah bisa mengucapkan sepatah kata, misal ma-ma, pa-pa, a-yah (yang terakhir ini mungkin terdengar tidak jelas).

Si kecil akan lebih sering mengoceh meskipun tidak jelas apa yang di ceritakannya. Di samping itu si kecil juga sudah dapat memahami kata "jangan" atau sebuah larangan dari Anda.

Usia tujuh bulan juga menjadikan si kecil menjadi lebih ekspresif. Hal ini terlihat saat dia mengikuti orang-orang sekelilingnya ketika bertepuk tangan, maka dia juga akan mengikuti gerakan tepuk tangan. Atau saat melihat orang menangis, dia juga akan ikut bersedih atau bahkan ikut menangis. Oleh karena itu inilah saat penting untuk mengajarkan kebaikan pada si kecil.

Selain cilukba, Anda juga bisa mengajaknya bermain-main menyembunyikan barang dan kemudian memunculkannya lagi. Si kecil sudah mulai tertarik dengan permainan seperti ini. Anda juga bisa mengajaknya untuk "cium jauh" atau "kiss bye".

Oiya, pada usia ini sebaiknya dikurangi penggunaan botol bayi dan dianjurkan untuk menggunkan cangkir atau cup untuk minum. Anda bisa menggunakan sippy cup yang berbentuk moncong pada atasnya dan terdapat pegangan di kedua sisinya. Hal ini akan mempermudah si kecil untuk tidak ketergantungan kepada botol bayi.

Tumbuh gigi masih berlanjut

Pada bayi, tumbuhnya gigi umumnya di mulai pada usia empat bulan dan bulan seterusnya hingga lengkap. Nah di usia tujuh bulan ini si kecil juga masih dalam tahap pertumbuhan giginya, sehingga biasanya gusi akan terasa gatal dan keinginan untuk memasukkan sesuatu ke dalam mulut untuk mengusir rasa gatal dengan cara menggigitnya.
Baca juga :
Masa-masa seperti ini si kecil akan lebih sering mengeluarkan air liur. Dan untuk meredakan rasa gatal pada gusinya sebaiknya si kecil diberikan mainan teether. Mainan ini diperuntukkan untuk di gigit. Namun yang perlu di perhatikan adalah kebersihan teether sebelum di gigit si kecil. 

Selain memberikan teether, untuk mengurangi rasa gatal pada gusi dan giginya Anda dapat juga memberikan buah-buahan dingin yang sudah dihaluskan.