Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan



Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan. Buah sirsak memang nikmat, bisa di makan secara langsung dan bisa juga di buat jus atau olahan lainnya. Tanaman sirsak tergolong mudah untuk di tanam, terutama di daerah yang berair dan buah sirsak juga mudah ditemukan dipasaran.

Sahabat Mommy Baiti, tahukah Anda bahwa di balik itu ternyata daun sirsak mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita? 

Khasiat dan manfaat daun sirsak untuk kesehatan sudah menjadi resep ramuan obat alami sejak dulu kala yang kemudian diperkuat oleh hasil riset pada sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun sirsak dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Daun sirsak tidak hanya bermanfaat untuk pengobatan kanker saja, namun masih banyak khasiat lainnya yang akan kita bahas pada artikel ini.
Silahkan baca juga Manfaat buah naga yang jarang diketahui 
Menurut Wikipedia, nama sirsak diambil dari bahasa Belanda yaitu Zuurzak yang artinya kantung yang asam. Sirsak juga biasa di sebut nangka belanda atau durian belanda. 

Di berbagai daerah Indonesia terdapat beberapa penyebutan terhadap bsirsak ini, seperti nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung), dan Nangko Belando (Palembang).
Buah sirsak atau dagingnya ini sangat kaya akan serat. Dalam setiap 100g daging sirsak terdapat 3.3 g serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 13 persen. Selain itu tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah ini juga mengandung banyak karbohidrat seperti fruktosa, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2).

Kandungan Daun Sirsak 

Daun sirsak menjadi populer semenjak diyakini dalam daun sirsak terdapat senyawa-senyawa yang bermanfaat untuk pengobatan kanker. Bahkan pada sebuah penelitian lain menyebutkan bahwa kandungan dan manfaat daun sirsak 10.000 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan kemoterapi dalam hal mengobati kanker.

Khasiat dan manfaat daun sirsak untuk kesehatan salah satunya karena pada daun sirsak mengandung senyawa Annonaceous acetogenins.

Senyawa ini merupakan senyawa aktif yang mempunyai aktifitas sitotoksik atau dapat membunuh racun dalam tubuh, dengan caranya yang menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan oleh sel kanker untuk berkembang.

Acetogenin ini menempel pada reseptor dinsing sel dan kemudian merusak ATP pada dinding mitokondira. Dan kandungan daun sirsak lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan adalah :
  • Lactones 
  • Annohexocina 
  • Annomuricina A, B, C dan E 
  • Annomutacina 
  • Annopentocinas A, B dan C 
  • Muricoreacina 
  • Gigantetronemina 
  • Murihexocina A dan C 
  • Javoricina 
  • Isoquinoline 
  • Anonaine 
  • Anoniine 
  • Atherospermine 
  • Coreximine 

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan 

Daun sirsak memang sangat banyak sekali khasiat dan manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh manusia yang mungkin belum diketahui. Untuk mengetahui guna dan manfaat dari daun sirsak adalh sebagai berikut :

1. Mengobati Kanker dan Tumor 

Sedikit telah disinggung di atas bahwa daun sirsak mengandung senyawa Annonaceous acetogenins yang merupakan senyawa fitokimia yang mempunyai aktifitas anti kanker. Senyawa Annonaceous acetogenins hanya dapat ditemukan pada keluarga tanaman annonaceae.

Senyawa Annonaceous acetogenins bekerja dalam tubuh dengan membunuh sel kanker dan memicu apoptosis atau yang dikenal dengan mekanisme bunuh diri sel. 

Dengan demikian, sel tubuh yang rusak dalam tubuh akan membunuh dirinya sendiri agar tidak mempengaruhi sel lainnya secara alami. Dan manfaatnya pada penyakit kanker yaitu membuat sel kehilangan kendali dan tidak dapat mengendalikan pembelahannya. 

Tidak hanya membunuh sel kanker saja, karena ekstrak daun sirsak juga mampu membunuh tumor secara efektif dengan cara menghambat pasokan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh sel tumor. 

2. Menstabilkan Gula Darah 

Pada penderita diabetes atau biasa di sebut juga dengan penyakit kencing manis dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah pola hidup yang tidak sehat dan juga karena faktor genetis. 

Diabetes bisa terjadi dikarenakan terjadinya insulin resistance atau kerusakan fungsi hormon insulin. Daun sirsak mengandung senyawa metanolik, streptozotocin yang dapat memicu sel-sel beta langerhans dalam pankreas untuk menghasilkan insulin serta meningkatkan sensitifias insulin terhadap kadar gula darah dalam tubuh. 
Silahkan baca juga gejala diabetes pada ibu hamil
Oleh karena itu, ekstrak daun sirsak ini dapat digunakan sebagai obat diabetes alami karena sudah teruji dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh khususnya bagi penderita diabetes. 

Adapun cara memanfaatkan daun sirsak untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh adlaah sebagai berikut : 
  • Ambillah 2-5 daun sirsak yang segar 
  • Kemudian bersihkan dengan air bersih untuk menghilangkan kuman dan bakteri 
  • Selanjutnya rebus daun sirsak tadi dengan menambahkan ar sebanyak 3 gelas 
  • Sisakan air rebusan tersebut kira-kira tinggal 1 gelas saja
  • Minumlah air rebusan daun sirsak ini secara rutin pagi hari dan malam hari 
  • Lakukan hal ini secara rutin 3-4 hari, kemudian lakukan pengecekan kadar gula darah. 

3. Mengatasi Diare 

Diare adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan pencernaan yang ditandai dengan adanya peningkatan frekuensi buang air besar dan tinja yang cair. Diare dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah karena infeksi parasit seperti bakteri Escherischia coli. Silahkan baca juga cara mengatasi diare pada anak.

Dan ekstrak methanol yang terkandung pada daun sirsak ini mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan parasit termasuk bakteri Escheriscia coli sehingga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit diare. 

4. Menurunkan Kolesterol 

Bagi penderita kolesterol tinggi dapat memanfaatkan khasiat dari daun sirsak untuk mengobatinya. Karena daun sirsak mengandung senyawa anti-hiperlipidemia yang mampu menurunkan kadar lemak jahat atau kolesterol atau Low Density Lipoprotein (LDL) serta dapat meningkatkan kadar lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL) di dalam tubuh. 

Kolesterol jahat ini menyebabakan adanya timbunan plak pada pembuluh darah atau yang dikenal dengan sebutan atherosclerosis.

Sehingga mengakibatkan penebalan dinding arteri yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner. Khasiat dan manfaat daun sirsak untuk mengobati kolesterol tinggi adalah dengan cara berikut ini : 
  • Ambil 10 daun sirsak yang agak tua kemudian rebus dengan menambahkan 3 gelas air 
  • Sisakan rebusan air tersebut hinggal tinggal 1 gelas saja 
  • Jika sudah, air rebusan tadi dapat di minum dalam keadaan hangat maupun dingin 
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah air rebusan daun sirsak setiap pagi. 


5. Mengatasi Sakit Maag 

Sakit maag sering terjadi karena pola makan yang tidak teratur atau juga bisa terjadi karena adanya infeksi pada saluran cerna. Penyakit maag jika tidak segera ditangani secara tepat dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius. 

Daun sirsak bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit maag karena daun sirsak mengandung senyawa anti-ulceritis atau anti peradangan yang dapat menghambat produksi asam lambung. Selain itu juga daun sirsak dapat melindungi dinding lambung serta membunuh bakteri penyebab infeksi dalam saluran cerna. 

Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak dapat mengurangi infeksi pada lambung dan juga dapat meredakan sakit akibat infeksi tersebut. 

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Penyakit tekanan darah yang tinggi dalam tubuh pada umumnya disebabkan oleh pembuluh darah atau arteri yang menebal dan menyumbat aliran darah. Dan tekanan darah tinggi atau hipertensi ini beresiko untuk terjadinya penyakit jantung. 

Daun sirsak sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung senyawa antihypertensive yang dapat menurunkan tekanan darah tanpa mempengaruhi kerja organ jantung.

Untuk itu rutinlah mengkonsumsi rebusan daun sirsak untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol tekanan darah pada tubuh. 

7. Mengatasi Asam Urat 

Daun sirsak mempunyai manfaat yang sangat efektif untuk digunakan sebagai obat asam urat, dan sudah banyak obat-obatan untuk mengobati asam urat yang menggunakan bahan dasar dari daun sirsak. 

Jika Sahabat Mommy Baiti menderita asam urat, sebaiknya segera mengonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin, caranya adalah sebagai berikut : 
  • Ambil 10 daun sirsak yang sudah tua 
  • Rebuslah dengan menambahkan 2 gelas air 
  • Sisakan rebusan tadi hingga 1 gelas saja 
  • Rebusan daun sirsak siap dikonsumsi 
  • Untuk hasil yang maksimal bisa diminum pagi dan sore hari secara rutin.

8. Memperkuat Sistem Imun 

Daun sirsak mengandung senyawa antioksidan yang mampu meningkatkan kemampuan sel imun atau sel kekebalan tubuh untuk menangkal mikroorganisme dan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.
Baca juga cara mengatasi demam pada anak dan bayi
Selain itu, kandungan zinc pada daun sirsak juga dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Jika tubuh merasakan gejala-gejala misalnya demam bisa segera untuk mengkonsumsi rebusan daun sirsak ini. 

9. Dapat Meningkatkan kesuburan 

Memiliki keturunan adalah dambaan setiap orang yang sudah berumahtangga. Namun ada beberapa pasangan yang mempunyai kendala terhadap hadirnya sang buah hati.

Untuk usaha meningkatkan kesuburan baik untuk laki-laki maupun perempuan bisa dengan rutin mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Manfaat daun sirsak untuk perempuan diyakini dapat memperkuat rahim. Silahkan baca juga Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan.

Tanaman sirsak tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan dan mempunyai nilai gizi yang baik. Mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dapat membantu tubuh dalam memuhi kebutuhan akan serat.

Namun tidak hanya itu, karena juga terdapat banyak khasiat dan manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.