Inilah Manfaat Buah Naga Yang Jarang Diketahui



Siapa yang tidak suka dengan buah naga? Sepertinya banyak yang suka dengan buah yang satu ini, disamping rasanya enak dan nikmat juga mudah untuk mendapatkannya. Dengan bentuk buah yang seperti bersisik ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi penggemar buah naga.

Jangan pernah berpikir kalau untuk menikmati buah naga ini harus bersusah payah mengupasnya terlebih dahulu layaknya buah nanas. Karena untuk menikmati lezatnya daging buah naga ini hanya perlu membelah buahnya saja dan dagingnya sudah siap disantap. 

Sahabat Mommy Baiti, ternyata buah naga tidak hanya enak untuk di makan saja namun juga menyimpan banyak sekali khasiat dan manfaat untuk kesehatan kita. Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah naga juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Penasaran?

Sejarah Buah Naga 

Pada awalnya buah naga / pitaya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun dalam perkembangannya sampai saat ini telah dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan juga Indonesia. 

Penamaan buah naga sendiri tidak terlepas dari ketika buah ini pertama kali masuk ke Vietnam. Di Vietnam buah naga sendiri mulanya digunakan untuk tanaman hias yang biasa diletakkan di antara dua ekor patung naga yang berwarna hijau.

Dari kebiasaan inilah kemudian buah naga di kenal dengan sebutan thang loy (buah naga) yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai dragon fruit

Varietas Buah Naga 

Secara umum di pasaran buah naga biasanya berkulit merah dengan warna daging yang berwarna merah atau putih. Namun ternyata buah naga mempunyai setidaknya empat varietas atau jenis jika di bedakan berdasarkan warna kulit dan warna dagingnya, yaitu : 
  • Buah naga yang mempunyai kulit buah kuning dan daging buah berwarna putih (Selenicereus megalanthus) 
  • Buah naga yang kulitnya berwarna merah dengan daging buah berwarna putih (Hylocereus undatus) 
  • Buah naga dengan warna buah yang sangat merah (Hylocereus costaricensis) 
  • Buah naga yang kulitnya berwarna merah muda dengan daging buah merah (Hylocereus polyrhizus) 

Khasiat dan Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Buah naga yang mempunyai beragam varietas seperti tersebut di atas memiliki banyak kandungan vitamin yang berguna untuk kesehatan. Mulai dapat mencegah penyakit ringan hingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah kanker. Dan selengkapnya manfaat buah naga untuk kesehatan seperti berikut ini :

1. Menurunkan kadar kolesterol tinggi 

Bagi penderita kolesterol tinggi, buah naga sangatlah cocok untuk di konsumsi sebagai buah pendamping. Hal ini karena buah naga dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat atau LDL yang ada di dalam tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dapat mencegah timbulnya resiko penyakit yang sangat serius, seperti serangan jantung.

Oleh karena itu, buah naga yang mengandung vitamin B3 yang tinggi sangat bermanfaat bagi penderita kolesterol tinggi. Kandungan serat larut pada buah naga bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem pencernaan. Silahkan baca juga Inilah makanan dan buah untuk menurunkan kolesterol tinggi

Dengan demikian akan sangat berguna untuk mengurangi akumulasi kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh dari makanan-makanan ‘kurang sehat’ yang dikonsumsi. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi secara efektif, cobalah untuk menkonsumsi buah naga merah selama 5 minggu berturut-turut.

2. Mencegah Diabetes 

Melitus Salah satu penyebab timbulnya penyakit kencing manis atau diabetes melitus adalah karena pola hidup yang buruk. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau cenderung manis. Buah naga kaya akan kandungan betacyanin (antioksidan) yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya resiko diabetes.

Karena kandungan yang ada di dalam buah naga berfungsi untuk membunuh sel-sel jahat di dalam tubuh yang timbul akibat mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Silahkan baca juga Inilah makanan yang disarankan untuk penderita diabetes

Pada sebuah studi penelitian dilakukan pengamatan terhadap pasien-pasien penderita diabetes tipe 2 untuk tidak bergantung pada insulin. Sebagai gantinya, mereka diberikan 600 dosis harian buah naga jenis daging merah selama empat minggu. Hasilnya terjadi penurunan lebih dari 19 persen tingkat gula darah pada penderita diabetes tersebut.

Hal ini karena Kandungan antioksidan flavanoid di dalam buah naga berperan besar dalam turunnya tingkat gula darah pada pasien diabetes. Oleh karena itu, sangat bagus bagi penderita diabetes tipe 2 jika mengkonsumsi buah naga yang berdanging merah untuk membantu mengontrol kadar gula di dalam tubuh.

3. Mencegah Kanker 

Apa yang kita ada di pikiran kita ketika mendengar kata kanker? Kesehatan memburuk, menakutkan, susah mendapatkan obatnya, atau yang lainnya. Kanker bisa terjadi dikarenakan pola hidup yang buruk dan beberapa ahli kesehatan menyatakan bahwa kanker belum ada obatnya secara pasti.

Pada buah naga mengandung senyawa antioksidan phytoalbumin dan antioksidan flavanoid yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas ke dalam tubuh.

Dengan demikian buah naga secara efektif dapat dimanfaatkan untuk menghambat terjadinya perkembangan sel-sel kanker di tubuh. Selain itu kandungan yang ada pada buah naga juga bermanfaat untuk membantu dalam mengoptimalkan proses pembuangan racun-racun dari dalam tubuh, termasuk berbagai racun yang beresiko menyebabkan penyakit kanker juga akan dibuang.
Silahkan baca juga Manfaat puasa untuk kesehatan Tubuh
Pada Caloriebee.com juga menyebutkan bahwa buah naga bisa mengurangi risiko kanker. Hal ini berdasarkan atas warna pigmen merah di dalam buah naga kaya akan lycopene, antioksidan flavanoid, dan phytoalbumins, yang berfungsi untuk mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

Kandungan likopen fitokimia yang terdapat pada daging buah naga merah berkhasiat juga untuk mencegah terjadinya kanker prostat.

Maka tidak ada salahnya jika mengkonsumsi secara rutin buah naga untuk mencegah terjadinya kanker pada tubuh. Namun yang pasti juga harus didukung dengan menjalankan pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

4. Membantu pembentukan sel darah merah 

Seperti yang telah diketahui bahwa tubuh sangat memerlukan sel darah merah yang cukup. Sel darah merah dapat terbentuk atas bantuan nutrisi vitamin B12 atau riboflavin yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Buah naga menjadi salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan sel darah merah pada tubuh.

Karena pada buah naga mengandung nutrisi vitamin B12 yang banyak sehingga dengan mengkonsumsi buah naga dapat bermanfaat untuk proses pembentukan sel darah merah di tubuh. Dan dengan alasan inilah maka buah naga sangat bagus untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

5. Mencegah serangan jantung 

Kandungan serat pada buah naga bermanfaat untuk mencegah terjadinya inflamasi dan juga untuk mengatasi hipertensi (menurunkan tekanan darah tinggi). Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari serangan jantung, maka tidak ada salahnya untuk mulai mengsonsumsi buah naga secara rutin.

Selain itu biji buah naga juga mengandung minyak alami dan asam lemak dalam bentuk asam linoleat dan asam oleat (Omega-3 dan Omega-9). Kandungan minyak alami dan asam lemak tersebut memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan jantung.
6. Menjaga kesehatan organ usus 
Sahabat Mommy Baiti, tahukah Anda bahwa mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan fungsi organ usus menjadi bertambah berat? Karena semakin banyak makanan yang dikonsumsi, organ usus akan bekerja lebih ekstra lagi.

Nah, untuk menjaga agar organ usus tetap sehat, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga karena buah naga mengandung serat yang banyak. Kandungan serat tersebut dapat bermanfaat untuk meringankan kerja organ usus yang terlalu berat tadi.
7. Membantu menurunkan berat badan 
Apakah saat ini sahabat Mommy sedang menjalankan program diet? Atau menginginkan berat tubuh yang ideal karena merasa kegemukan atau bahkan mengalami obesitas?

Jika begitu ada kabar gembira yang datang dari manfaat buah naga untuk kesehatan yang salah satunya bisa untuk menurunkan berat badan. Silahkan baca juga Alasan umum mengapa orang melakukan diet

Hal tersebut karena buah naga kaya akan protein dan karbohidrat serta rendah lemak sehingga sangat cocok untuk melancarkan program diet secara alami. Selain itu kandunga serat pada buah naga juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi 

Mineral alami berupa kalsium, zat besi dan fosfor yang terdapat pada buah naga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain sebagai sumber zat besi yang baik, buah naga juga merupakan asupan kalsium yang bagus yang berguna untuk menjaga fungsi otot tubuh dan menjaga transmisi saraf.

Peran vitamin C buah naga yang juga juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi agar lebih optimal.

9. Meningkatkan Sistem Imun kekebalan tubuh 

Kandungan vitamin C pada buah naga ternyata lebih tinggi daripada wortel. Selain itu buah naga ini juga mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi seperti vitamin B1, B2, B3, fosfor dan kalsium, protein, zat besi, serta serat yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

10. Meredakan batuk dan asma 

Manfaat lain dari buah naga adalah dapat membantu meredakan batuk dan asma. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B3 buah naga yang tinggi.

11. Mengurangi tanda penuaan 

Rutin mengkonsumsi buah naga dapat menjaga kulit tetap kencang karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Buah naga juga dapat di jadikan sebagai masker wajah dengan memberi campuran madu yang bertujuan untuk anti penuaan.
12. Obat jerawat 
Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami wajahnya jerawatan, apalagi saat memasuki usia pubertas. Karena jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang muncul saat memasuki usia pubertas.

Jika masa-masa pubertas sudah terlewati namun jerawat juga tidak kunjung pergi, sahabat Mommy Baiti bisa memanfaatkan kehadiran dari buah naga ini yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Cara untuk mengatasi jerawat menggunakan buah naga adalah sebagai berikut :
Silahkan baca juga Cara ampuh mengatasi jerawat
  • Siapkan ¼ daging buah naga segar 
  • Ambil daging buah naga dengan cara mengaduknya menggunakan garpu hingga membentuk seperti pasta 
  • Ambil sedikit pasta menggunakan kapas dan oleskan pada wajah yang terdapat jerawat 
  • Tunggulah sekitar 20 menit atau pasta telah mengering 
  • Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih 
  • Lakukanlah hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


Budidaya Buah Naga 

Meskipun belum banyak dibudidayakan secara luas di Indonesia, namun sudah terdapat beberapa daerah yang membudidayakan buah naga, diantaranya : 
  • Bandung 
  • Ponorogo 
  • Malang 
  • Mojokerto 
  • Jember 
  • Pasuruan 
  • Banyuwangi 
  • Wonogiri 
  • Kalibawang 
  • Kulon Progo 
  • Batam

Buah naga dikembangkan atau dibudidayakan dengan cara penyemaian biji atau stek. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tanah yang kaya akan unsur hara untuk perkembangannya.

Dengan suhu di kisaran 38-40 °C akan sangat membantu perkembangan tanaman buah naga ini sehingga dapat berbuah pada umur 11-17 bulan. 
Silahkan baca juga Manfaat daun sirsak untuk kesehatan
Biasanya dalam waktu 1 tahun ketinggian pohon buah naga dapat mencapai 3 meter dan bahkan lebih. Tertarik untuk turut membudidayakan tanaman buah naga?
Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa ternyata banyak sekali manfaat buah naga untuk kesehatan.

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, karena buah naga juga bermanfaat untuk kecantikan misalnya saja untuk mengatasi jerawat dan juga merawat kulit. Sudahkah Anda mengkonsumsi buah naga hari ini?