Inilah Makanan dan Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi.



Inilah Makanan dan Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi. Bagi penderita kolesterol tinggi tentu saja tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan secara sembarangan. Karena terdapat banyak makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol sehingga jika di konsumsi maka tubuh akan memiliki jumlah kolesterol yang berlebihan.

Untuk itu, penderita kolesterol tinggi haruslah lebih selektif dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Makanan yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol adalah yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

Baiklah sahabat Mommy Baiti, pada kesempatan kali ini kita akan mengenali lebih jauh tentang makanan-makanan serta buah-buahan yang bermanfaat sebagai penurun kolesterol tinggi. Sehingga selain aman karena makanan-makanan ini alami juga dapat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Dengan demikian sangatlah bagus untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi, maupun untuk mencegah naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Apa Itu Kolesterol Tinggi? 

Kolesterol adalah senyawa lemak berliln yang sebagian besarnya diproduksi oleh hati dan sebagian lainnya berasal dari makanan. Sehingga kolesterol tinggi adalah suatu kondisi dimana kadar kolesterol yang terdapat dalam darah telah melebihi batas normal. Silahkan baca juga khasiat dan manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Kondisi kolesterol tinggi ini dapat meningkatkan risiko untuk terkena berbagai jenis penyakit yang sangat serius. Penderita kolesterol tinggi sangat rawan dan rentan terhadap penyakit lainnya karena adanya tumpukan kolesterol yang berlebihan pada pembuluh darah, seperti penyakit stroke dan serangan jantung.

Apa Akibat Dari Kolesterol Tinggi? 

Suatu kondisi di sebut sebagai kolesterol tinggi adalah jika sudah melebihi batas normal kolesterol dalam darah. Pada saat kondisi kolesterol tinggi yang terjadi adalah kolesterol akan membuat arteri makin menyempit, dan membuat aliran darah bisa terhambat.

Akibatnya adalah asupan darah ke seluruh tubuh akan berkurang atau terhambat. Silahkan baca juga Inilah penyebab kolesterol tinggi dan cara mengatasinya.

Yang jika kondisi ini terjadi secara terus menerus, maka akan dapat menimbulkan penyakit antara lain :
  • Darah Tinggi 
  • Penyakit Jantung 
  • Stroke 
  • Batu Empedu 
  • Diabetes Melitus Tipe 2 
  • Gangguan Sistem Pencernaan 
  • Disfungsi Ereksi 

Apa Saja Makanan Penurun Kolesterol Tinggi? 

Alam telah menyediakan segala sesuatunya termasuk juga bagi penderita kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan memanfaatkan apa yang telah disediakan oleh alam semesta ini, maka berikut ini adalah beberapa bahan makanan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol tinggi, yaitu :

1. Buncis 

Buncis adalah sayuran ini mempunyai kadar lemak yang sangat rendah sehingga sangat bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi. Mengkonsumsi buncis secara rutin berarti juga menjaga kondisi kolesterol pada darah sehingga tetap pada kondisi normal. Selain itu buncis juga bagus untuk sumber karbohidrat yang bagus bagi penderita diabetes.

2. Gandum 

Gandum biasa kita temukan pada roti yang ternyata merupakan sereal yang bergizi dan bermanfaat juga sebagai penurun kolesterol trigliserida darah, serta mengatur kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi gandum secara rutin setiap harinya maka akan cukup efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh.

3. Beras Merah 

Beras merah memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Mengkonsumsi beras merah secara rutin dapat menurunkan lemak darah. Selain itu juga dapat menurunkan kadar gula darah karena mengandung serat yang tinggi.

Hal tersebut bisa terjadi karena pada beras merah ini mengandung Vitamin B, Selium, Magnesium dan Fitonutrien. Sehingga akan lebih baik jika mengganti beras putih dengan beras merah sebagai konsumsi sehari-hari.

4. Bayam 

Tidak salah jika Popeye sangat menggemari bayam, karena ternyata di balik daun bayam ini ternyata menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Manfaat bayam bermanfaat dan berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dengan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah.

Bayam juga bagus sekali untuk kesehatan mata karena pada bayam mengandung zat lutein. Di samping itu, sayuran bayam juga merupakan sayuran yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga sangat cocok bagi penderita kolesterol tinggi ataupun untuk mencegah penyakit kolesterol tinggi.

Selain bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, bayam ternyata juga bagus sebagai makanan penurun darah tinggi yang ampuh. Oleh karena itu, biasakanlah mengkonsumsi bayam secara rutin untuk menjaga kondisi kolesterol dan juga tekanan darah kita, bisa dengan sayuran bayam atau dengan jus bayam.

5. Biji Bunga Matahari 

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan makanan kuaci. Kuaci ini berasal dari biji bunga matahari yang juga sangat berguna sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan biji bunga matahari mengandung sterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang tinggi.

6. Kedelai 

Kita mengenal kedelai biasanya sebagai bahan baku untuk pembuatan tempe, tahu, atau susu kedelai. Manfaat lain dari kedelai ini adalah berguna sebagai makanan penurun kolesterol yang sangat mujarab. Hal ini dikarenakan kedelai mengandung zat isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat.

Dari beberapa sumber makanan di atas jika dikonsumsi secara rutin dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Sumber makanan di atas juga sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

Inilah Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi 

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, tidak hanya bisa memanfaatkan sumber makanan alami saja. Namun juga bisa untuk memanfaatkan buah-buahan yang ada di sekitar kita untuk menunjang penurunan kolesterol dalam darah atau kolesterol tinggi.

Mengkonsumsi buah-buahan yang terutama mengandung Vitamin C dan Beta-Karoten sangat bagus untuk diet kolesterol. Buah buahan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi antara lain :

1. Buah Anggur
Pada buah anggur mempunyai senyawa flavonoid yang sangat berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi. Selain itu itu juga bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah dan juga bagus untuk menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. 

Hal ini karena anggur mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. 

2. Buah Mangga 
Buah manga tidak hanya nikmat untuk di makan. Namun mangga juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah karena mengandung banyak serat prebiotic. Selain serat, pada manga juga terdapat zat pectin dan vitamin C yang mampu untuk mengikis kolesterol LDL. 

Vitamin C pada manga ini akan mencegah kolesterol jahat teroksidari, sehingga penumpukan plak dalam pembuluh darah bisa dihindari. 

3. Alpukat
Siapa yang suka dengan buah alpukat? Buah alpukat bisa di makan secara langsung atau juga bisa dengan di buat jus terlebih dahulu. Namun tahukah Anda bahwa alpukat adalah buah yang membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)? 

Buah alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang mengantung Beta-Sterol sejenis nabati yang bermanfaat untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. 

4. Tomat 
Banyak sekali yang bisa dilakukan terhadap buah tomat. Bisa langsung di makan, sebagai lalapan, di buat jus, sebagai pemanis tampilan masakan olahan, dan sebagainya. Selain itu tomat juga bagus untuk penurun kolesterol tinggi karena merupakan sumber likopen yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat. Tomat juga sangat bagus untuk di konsumsi bagi penderita maag kronis. 

5. Jeruk Nipis
Jeruk Nipis mengandung senyawa flavonoid yang sangat bermanfaat untuk menghambat produksi kolesterol jahat, sehingga sangat bagus untuk mengurangi risiko serangan jantung. Flavonoid selain bisa ditemukan pada jeruk nipis, juga terdapat pada teh, tomat, brokoli, keledai, delima, dan bawang bawangan seperti bawang merah dan bawang bombay. 

6. Jambu Merah 
Jambu merah mengandung banyak vitamin dan senyawa baik seperti flavonoid, vitamin C dan E, Karotenoid dan Selenium sehingga jambu merah ini merupakan buah penurun kolesterol tinggi yang bagus. Hal ini dikarenan zat antioksidan flavonoid dikenal baik mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Pada hasil sebuah penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi jus jambu merah secara rutin selama 2 bulan dengan dosis takaran yang teratur, akan mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 52.64%. Hal ini menunjukkan bahwa khasiat jambu merah tidak kalah dengan 3,6mg simvastatin per kg bobot tubuh. 

Kenali Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi Untuk menjaga kolesterol dalam darah tetap seimbang, maka perlu memperhatikan juga makanan-makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Silahkan baca juga Inilah makanan penyebab naiknya kolesterol.

Penderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh, atau lemak yang ada pada daging merah. Adapun makanan yang menjadi pemicu kolesterol tinggi antara lain : 
  • Daging Kambing 
  • Ikan Laut
  • Seafood, seperti cumi, kepiting, udang, kerang, siput
  • Makanan Bersantan 
  • Jeroan 
  • Keju 
  • Mentega 
  • Coklat Dan Susu 
  • Kuning Telur 
  • Telur Burung Puyuh 


Kesimpulan

Dengan mengetahui makanan-makanan serta buah-buahan yang mampu menurunkan kolesterol tinggi maka penderita kolesterol tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darahnya sehingga bisa kembali normal.

Selain itu juga berguna untuk menangkal timbulnya penyakit-penyakit baru yang dikarenakan oleh tingginya kadar kolesterol seseorang. 

Selain makanan dan buah-buahan penurun kolesterol tinggi, pederita kolesterol tinggi juga sebaiknya menghindari makanan yang bisa menjadi pemicu naiknya kadar kolesterol seperti tersebut di atas.

Dengan demikian, hidup sehat secara alami akan dapat di capai dan jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin ya.

Akhir kata, Mommy Baiti mengucapkan terimakasih telah membaca artikel Inilah Makanan dan Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi. Semoga bermanfaat.