Cara Mudah Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cepat dan Alami




Mungkin di antara kita sudah tidak asing lagi dengan kata stretch mark ini, atau bahkan mempunyai pengalaman tersendiri tentang hal ini. Pada artike kali ini, Mommy Baiti akan berbagi pengalaman tentang cara mudah menghilangkan stretch mark agar sahabat bisa kembali tampil dengan rasa penuh percaya diri.

Stretch mark bisa terjadi pada siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, anak-anak maupun dewasa. Stretch mark bisa muncul karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori, penggunaan atau konsumsi obat-obatan yang mengandung streoid tinggi.

Bisa jadi karena kondisi dimana seseorang yang kekurangan nutrisi, atau seseorang yang mempunyai berat badan berlebih tiba -tiba berat badannya menyusut dalam waktu singkat.

Stretch mark juga biasa terjadi pada perempuan yang tengah hamil atau pasca persalinan. Lalu, apakah sebenarnya stretch mark tiu sendiri?

Apa Yang Di Maksud Dengan Stretch Mark Itu?


Apakah stretch mark itu sama saja dengan selulit? Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang masih beranggapan bahwa stretch mark adalah selulit itu sendiri, namun hal ini adalah salah. Stretch mark berbeda dengan selulit. Silahkan baca juga penyebab timbulnya selulit dan cara mengatasinya.



Stretch mark atau dalam bahasa Indonesia di sebut Guratan Peregangan adalah kondisi dimana terdapat munculnya guratan-guratan merah seperti nadi yang diakibatkan oleh adanya peregangan kulit secara berlebihan.

Panjang dari stretch mark itu sendiri bisa dari millimeter hingga puluhan sentimeter. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan stretch mark muncul pada beberapa bagian tubuh yaitu sebagai berikut :
  • Kekurangan vitamin yang dibutuhkan kulit, terutama vitamin A, C dan E
  • Konsumsi obat-obatan yang mempunyai efek samping pada kulit
  • Banyak mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki lemak berlebih
  • Perubahan berat badan yang terjadi secara cepat, misalnya dari kegemukan menjadi sangat kurus dalam kurun waktu yang relatif singkat
  • Mengalami peregangan kulit yang berlebihan, misalnya yang terjadi pada ibu hamil atau seseorang yang mengalami kenaikan berat badan

Sedangkan selulit adalah adanya penumpukan lemak atau lemak yang berlebih sehingga terlihat lebih menonjol pada bagian kulit. Sampai di sini sahabat Mommy Baiti sudah bisa mendapatkan gambaran mengenai perbedaan antara stretch mark dan selulit.

Cara Mudah Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cepat dan Alami


Pastinya setiap prang mendambakan kulit yang halus dan kencang untuk menunjang penampilan dan kepercayaan diri. Namun apa daya ketika stretch mark ini melanda kulit yang disayangi? Apa yang harus dilakukan? Berikut ini adalah cara menghilangkan stretch mark dengan cepat dan alami, yaitu :

1. Kopi

Suka menikmati aroma dan hangatnya minuman kopi? Kopi memang sudah biasa menjadi teman saat bersantai Bersama teman atau keluarga tercinta. Namun, tahukah Anda bahwa kopi juga bisa untuk menghilangkan stretch mark secara alami?

Benar, kopi sangat bermanfaat untuk mengatasi stretch mark pada kulit, terutama yang muncul pada area paha dan perut. Silahkan baca juga manfaat kopi untuk kesehatan.

Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan biji kopi yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Jadi disini adalah menggunakan kopi yang belum di seduh atau yang telah bercampur dengan bahan lain ya.

Yang perlu disiapkan adalah mencampurkan kopi murni tadi dengan sedikit air hangat, kemudian mengaduknya secara merata sehingga membentuk pasta.

Selanjutnya oleskan adonan pasta kopi tersebut pada area stretch mark dan diamkan dalam beberapa saat hingga mengering. Yang terakhir adalah membersihkannya menggunakan air bersih.

2. Lemon

Lemon sangat bagus untuk anti oksidan karena banyak emngandung vitamin C. Di samping vitamin C, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit.

Selain itu kandungan asam alami pada lemon dapat mengobati beragam persoalan kulit, mulai dari stretch mark, luka bakar bahkan masalah jerawat. Perasan lemon juga dapat memicu proses regenerasi kulit.

Dan cara memanfaatkan lemon untuk menghilangkan stretch mark secara alami adalah dengan cara membelah lemon menjadi 2 bagian. Kemudian mengoleskannya secara melingkar di bagian kulit yang terkena stretch mark. Selanjutnya diamkan selama 10 menit dan sesudahnya bisa dibilas dengan menggunakan air hangat.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang berguna untuk menjaga kadar air pada kulit. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang basa disebut dengan polifenol. Polifenol ini berguna untuk membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu
  • Aduklah hingga merata
  • Kemudian oleskan pada stretch mark
  • Diamkan beberapa saat dan kemudian bilaslah hingga bersih.

Menghilangkan stretch mark secara alami dapat juga memanfaatkan minyak jarak. Minyak jarak yang berasal dari pohon jarak ini sudah sangat terkenal dan dipercaya sejak jaman dahulu dalam hal mengusir stretch mark dari kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kolagen dan nutrisi mineral pada minyak jarak.

Di samping itu minyak jarak juga kaya akan vitamin E yang berguna untuk meregenerasi kulit. Untuk menghilangkan stretch mark, cukup mengusapkan minyak jarak ke bagian yang terdapat stretch mark secara merata. Setelah itu diamkan selama 30 menit kemudian bisa dibersihkan dengan menggunakan air bersih.

5. Cokelat

Coklat tidak hanya nikmat sebagai minuman hangat saja. Namun coklat juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan stretch mark pada kulit. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, yaitu :
  • Siapkan bubuk cokelat tawar tanpa pemanis
  • Buatlah seperti pasta atau krim tetapi tidak terlalu cair
  • Selanjutnya oleskan adonan pasta coklat tadi ke area stretch mark secara merata
  • Kemudian diamkan antara 15-30 menit
  • Jika sudah bisa dibilas dengan menggunakan air hingga bersih
  • Lakukan hal ini secara teratur setelah mandi minimal dua kali sehari selama dua bulan.

6. Cocoa butter

Cocoa butter adalah merupakan sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao. Sekarang ini penggunaan cocoa butter telah merambah pada produk kecantikan kulit, misalnya adalah lotion dan sun block.

Memanfaatkan cocoa butter untuk mengusir stretch mark adalah dengan cara mengoleskannya pada area stretch mark ( paha dan perut) sebelum dan setelah bangun tidur. Hal ini bisa dilakukan minimal 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Kentang

Kentang mengandung mineral yang dapat menjadi antibiotik alami dan juga dapat membantu proses regenerasi kulit. Anti oksidan alami ini sangat berperan penting pada proses menghilangkan stretch mark.

Cara memanfaatkan kentang untuk menghilangkan strect mark secara alami adalah dengan menumbuk halus kentang yang sebelumnya telah direbus. Kemudian campurkan dengan 2 sdm susu dan aduk merata hingga berbentuk pasta.

Selanjutnya adalah dengan mengoleskan pada area stretch mark. Yang terakhir adalah mendiamkannya selama kurang lebih setengah jam kemudian bilas hingga bersih.

8. Gula

Cara mudah menghilangkan stretch mark dengan cepat dan alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan gula pasir. Adapun gula ini bia dimanfaatkan sebagai scrub alami untuk mengatasi kulit yang kasar. Pada berbagai jenis produk kecantikan, gula biasa di sebut dengan proses exfoliasi.

Caranya cukup mudah saja yaitu dengan mencampurkan gula dengan madu terlebih dahulu kemudian menggosokkannya pada area stretch mark setelah mandi. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Banyak Minum Air Putih

Air putih dikenal sebagai minuman yang paling baik untuk tubuh. Dan untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, dianjurkan minum air putih setidaknya dua liter setiap harinya. Karena jika tubuh kekurangan cairan maka dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Dengan banyak minum air putih maka dapat menangkal dehidrasi, lemak dan racun pada tubuh juga larut dan terbuang. Silahkan baca juga beragam manfaat air putih untuk kesehatan.

Di samping itu, manfaat lain dari air putih ini adalah untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan meminum air putih yang cukup setiap harinya maka elastisitas, kekenyalan, dan kelembutan kulit akan tetap terjaga serta dapat terhindar dari stretch mark.



10. Rutin Berolahraga

Berolahraga tidak hanya bisa membuat tubuh semakin bugar dan sehat, namun juga merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan stretch mark pada kulit.

Dengan berolahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur, maka kulit dengan sendirinya akan mengencang secara alami. Untuk itu, lakukanlah olahraga secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh.

Jadi...


Untuk menghilangkan stretch mark dengan cepat dan alami sahabat Mommy Baiti bisa menggunakan cara-cara diatas. Karena menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan berkelanjutan maka mendapatkan hasil yang maksimal. Silahkan baca juga cara menghitamkan rambut dengan mudah dan alami. Selamat mencoba.