Inilah Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui



Inilah Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui - Sebagai masyarakat Indonesia tentunya kita tidak asing lagi dengan minuman kopi ini. Kopi banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat dan cocok untuk di semua waktu.

Kopi di pagi hari diyakini untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih fresh untuk bekal beraktifitas seharian.

Kopi di siang hari biasanya untuk menemai acara rehat sekalian makan siang. Bisa juga untuk menemani saat-saat santai Bersama rekan kerja. Atau kopi juga bisa sebagai teman saat melakukan diskusi ringan mengenai pekerjaan atau yang lainnya. 

Kopi di sore hari cocok untuk dinikmati Bersama keluarga tercinta. Sambil menikmati udara sore hari, bercengkerama dengan keluarga bercerita aktifitas seharian dengan ditemani secangkir kopi. Aahh nikmatnya. Baca Juga : Inilah diet sehat dan alami yang bisa di coba.

Dan secangkir kopi di malam hari, cocok untuk menemani mengerjakan tugas kantor atau tugas sekolah. Dengan kopi diyakini bisa mengusir rasa kantuk yang bisa saja tiba-tiba datang melanda.

Jadi minuman kopi sangat cocok untuk menemani aktifitas di sepanjang waktu. Jadi, dalam sehari bisa menghabiskan berapa cangkir kopi, jika setiap saat ditemani oleh minuman kopi?
Kopi sebagai minuman yang cocok untuk menemani di segala suasana tidak dikategorikan sebagai minuman atau suplemen kesehatan. Namun minum kopi secara rutin bisa mendatangkan manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja manfaat kopi untuk kesehatan? 

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan 

Ada banyak sekali macam dan jenis kopi yang bisa dengan mudah ditemukan saat ini. Dan tidak jarang penikmat kopi yang fanatic terhadap jenis kopi tertentu. Hal ini tidak jadi masalah karena semua jenis kopi mempunyai manfaat yang sama.

Meskipun tidak ada batasan berapa cangkir kopi yang bisa di minum setiap harinya, namun sebaiknya minumlah kopi sesuai dengan batasan wajar tubuh masing-masing. 

Anjuran yang masih dalam batasan normal adalah 2 hingga 4 cangkir kopi setiap harinya. Dan agar manfaat kopi ini bisa dirasakan oleh tubuh, yang perlu diperhatikan adalah penggunaan gula, susu, atau krim dalam meramu kopi menjadi sebuah minuman yang nikmat.

Penggunaan gula, susu, dan krim yang berlebihan bisa menurunkan manfaat kopi bagi kesehatan tubuh dan juga bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh lainnya. Nah berikut ini adalah manfaat kopi bagi kesehatan antara lain adalah sebagai berikut : 

1. Kopi untuk mencegah depresi 

Depresi adalah keadaan di mana pikiran mengalami tekanan dan dapat mengurangi kualitas hidup secara signifikan. Nah dengan rutin meminum kopi dua sampai tiga cangkir setiap hari (terutama bagi wanita) bisa meminimalisasikan kemungkinan mengalami depresi hingga 15 persen.

Jika sehari rutin meminum kopi hingga empat cangkir sehari mempunyai resiko 20 persen lebih rendah. 

2. Kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2

Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi secara rutin memiliki resiko yang lebih rendah terhadap penyakit diabetes tipe 2.

Hal tersebut dikarenakan adanya efek senyawa yang terdapat pada kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang bisa menghasilkan serat protein abnormal yang biasanya ditemukan pada orang penderita diabetes tipe 2. 

Perlu diketahui bahwa diabetes tipe 2 adalah sebuah penyakit yang harus serius ditangai dan pada saat ini terdapat setidaknya 300 juta penderita diabetes tipe 2 di seluruh dunia. 

3. Kopi dapat menurunkan resiko kanker 

Mengkonsumsi kopi secara rutin diyakini dapat menurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin.

Dengan meminum kopi setiap hari sebanyak dua atau tiga cangkir, wanita bisa mendapatkan kesempatan untuk tidak terkea penyakit tersebut di atas. 

Namun bukan hanya wanita saja, karena pria yang mengkonsumsi kopi rutin setiap hari juga bisa terhindar dari timbulnya resiko kanker prostat. 

4. Kopi dapat mencegah penyakit batu empedu 

Kopi memang memilik banyak manfaat untuk kesehatan. Baik pria maupun wanita yang meminum kopi sedikitnya empat cangkir setiap harinya memiliki resiko 25 persen lebih rendah untuk terkena penyakit batu empedu. Baca juga : Inilah gejala obesitas dan bahayanya.

5. Kopi dapat meningkatan memori 

Sebuah fakta menarik muncul pada sebuah penelitian pada tahun 207, yaitu menyebutkan bahwa wanita yang sudah berusia atau lebih dan rutin meminum kopi tiga cangkir sehari, memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan wanita yang tidak minum kopi.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa rutin meminum kopi setiap hari dapat membantu untuk meningkatkan memori, baik itu memori jangka panjang maupun pendek. Dan mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. 

6. Kopi dapat Mengurangi terhadap resiko Parkinson 

Masih Ingat dengan Muhammad Ali? Yup petinju kelas berat dunia ini adalah salah satu orang yang mengidap penyakit sindrom Parkinson. Penyakit apakah itu? Sindrom Parkinson adalah penyakit yang hampir mirip dengan Alzheimer yaitu penyakit penurunan kemampuan syaraf. 

Hadirnya penyakit Parkinson ini disebabkan oleh matinya saraf penghasil dopamin pada otak, yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Pada sebuah penelitian menunjukan bahwa peminum kopi yang mengandung kafein memiliki peluang yang lebih rendah dikisaran 32 persen hingga 60 persen. 

7. Kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh 

Kafein yang terdapat pada kopi dapat merangsang metabolisme tubuh yang bisa membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan. Metabolisme tubuh ini hanya berlaku bagi orang yang memiliki berat tubuh normal, karena bagi penderita obesitas akan mengalami oksidasi lemak yang lebih besar. 

8. Kopi mengandung antioksidan tinggi 

Sebuah studi yang diadakan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa kopi berada pada urutan teratas sebagai sumber untuk antioksidan. Hal ini ditegaskan lagi pada penelitian Edward Giovannucci yang menyebutkan bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan. 

Meskipun demikian, untuk kondisi tertentu sebaiknya dihindari minum kopi secara berlebihan. Misalnya saja untuk ibu hamil atau untuk orang yang sangat sensitive terhadap kafein. Jika menginginkan minum kopi sebaiknya minum kopi yang tidak mengandung kafein. 

9. Kopi dapat meningkatkan kinerja dan performa 

Kopi yang mengandung kafein didalamnya berdasarkan studi penelitian terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga kinerja jangka pendek. Hal tersebut karena manfaat dari kafein yang menyertai kopi. Kopi baik juga dikonsumsi oleh para atlet dan dianjurkan minum kopi setu jam sebelum latihan. 

10. Kopi dapat mencegah gigi berlubang 

Sakit gigi karena gigi berlubang adalah salah satu hal yang tidak mengenakkan. Makan seenak apapun bisa menjadi tidak nikmat dikarenakan sakit gigi ini.

Nah untuk mencegah sakit gigi karena gigi berlubang bisa memanfaatkan kopi hitam yang dapat membunuh bakteri pada gigi yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Manfaat kopi hitam untuk mencegah gigi berlubang ini dengan catatan bahwa saat menyeduh kopi tidak dengan menambahkan gula atau susu kedalamnya. 

11. Kopi dapat mencegah penyakit liver 

Manfaat kopi yang selanjutnya adalah dapat mencegah seseorang menderita penyakit liver atau hati. Penikmat kopi yang meminum kopi secara rutin mempunyai peluang lebih rendah untuk terkena penyakit liver dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Bahkan jika dalam sehari mengkonsumsi kopi sedikitnya empat cangkir dapat meminimalisasikan resiko penyakit liver hingga 80 persen. 

12. Kopi dapat mencegah penyakit Alzheimer 

Dan salah satu manfaat kopi yang berguna untuk kesehatan adalah dapat mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah merupakan penyakit penurunan kemampuan saraf yang sangat umum dan penyebab utama dimensia di seluruh dunia.

Pada umumnya penderitanya adalah orang tua yang berusia lebih dari 65 tahun dan hingga kini belum ada obatnya. Mengkonsumsi kopi adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit Alzheimer ini dan meminimalisasikan hingga 65 persen.
Silahkan Baca juga :


Kesimpulan 

Tidak selamanya anggapan bahwa mengkonsumsi kopi secara rutin setiap hari dapat merugikan kesehatan itu benar. Karena ternyata minum kopi yang mengandung kafein mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Berbagai macam penyakit bisa diminimalisir oleh khasiat dan manfaat kopi. Oleh karena itu, sudah ngopikah Anda hari ini?