Manfaat Air Bekas Cucian Beras Untuk Kecantikan dan Kesehatan



Inilah Manfaat Air Bekas Cucian Beras Untuk Kecantikan dan Kesehatan. Air bekas cucian beras yang biasanya di buang saja ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Air bekas cucian beras atau biasa juga di sebut dengan air tajin atau air leri mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Kulit beras atau kulit ari ini menyimpan nutrisi tertinggi dari beras itu sendiri yang biasanya hilang pada saat proses penggilingan dan saat proses mencuci beras.

Pernahkah Anda melakukan aktifitas mencuci beras? Jika diperhatikan pada saat pertama kali mencuci beras, air yang tadinya bening berubah menjadi berwarna putih keruh. Perubahan warna air yang digunakan untuk mencuci beras ini terjadi dikarenakan terkikisnya lapisan terluar dari beras tersebut. Baca juga Inilah cara diet sehat dan alami.

Dan jika proses pencucian beras ini dilakukan terus menerus hingga berulangkali, maka nutrisi-nutrisi penting kesehatan juga pastinya ikut larut dan hilang.

Manfaat Air Bekas Cucian Beras


Biasanya yang terjadi adalah langsung membuang air bekas cucian beras dan menggantinya dengan air bersih lagi. Begitu seterusnya hingga air tidak keruh lagi pertanda beras sudah bersih dan siap di masak.

Inilah yang biasanya salah kaprah, karena sebaiknya dalam hal mencuci beras tidak perlu harus sampai bersih sehingga beras masih mengandung nutrisi-nutrisi penting yang berguna bagi tubuh.

Kembali ke manfaat air bekas cucian beras, terlebih pada air yang pertama kali untuk mencuci beras sangat banyak nilai manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Selanjutnya akan kita bahas lebih jauh mengenai manfaat air bekas cucian beras.



Manfaat Air Bekas Cucian Beras Untuk Kecantikan


Mendambakan kulit yang putih, bersih, dan cerah tidak selalu harus menggunakan krim kecantikan yang saat ini marak seiring dengan hadirnya klinik kecantikan dimana-mana. Tidak jarang harga dari krim ini tergolong mahal.

Sebelum jauh melangkah dan merogoh kocek yang lebih dalam untuk menebus krim-krim kecantikan tersebut, sebaiknya mencoba satu hal alami yang lebih murah dan aman yaitu dengan memanfaatkan air bekas cucian beras.

Air bekas cucian beras ini sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit serta dapat memutihkan kulit secara alami. Dan berikut ini adalah manfaat air bekas cucian beras untuk kecantikan :

1. Dapat Mengencangkan Kulit 

Menua itu adalah sebuah kepastian. Seiring dengan bertambahnya usia maka produksi collagen dalam tubuh juga akan menurun. Hal ini lambat laun dapat menyebabkan mengendurnya kulit dikarenakan penurunan tingkat elastisitasnya.

Untuk memperoleh manfaat air bekas cucian beras, kita dapat menggunakannya sebagai masker yang dapat mengencangkan kulit secara alami. Karena secara alami pastinya tidak efek samping yang dapat membahayakan kesehatan.

2. Dapat Memperkecil Pori-Pori

Bagi siapa saja tentunya tidak menginginkan kulit wajahnya memiliki pori-pori yang besar karena akan memperngaruhi kemulusannya, terutama bagi kalangan wanita. Namun bagi pria masa kini hal ini juga akan jadi masalah dan dapat menurunkan rasa percaya diri.

Pori-pori yang besar pada kulit wajah membuka peluang untuk membuat wajah menjadi mudah berminyak sehingga jerawat bisa dengan mudah muncul.

Selain itu juga kulit wajah akan terlihat lebih kusan tidak cerah bersinar. Bagi wanita, kulit wajah yang terlalu berminyak juga bisa membuat make up mudah luntur dan tidak tahan lama.

Jika demikian bisa menggunakan air bekas cucian beras yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah sehingga kulit wajah akan terlihat halus dan cerah.

3. Dapat Mengatasi Jerawat

Ingin mempunyai wajah yang mulus dan terbebas dari jerawat? Manfaatkan saja air bekas cucian beras untuk cuci muka atau bisa juga untuk masker. Karena beras mengandung alantonin yang memiliki sifat anti inflamasi sehingga ketika beras di cuci kandungan ini turut larut bersama airnya.

4. Dapat Memutihkan Kulit 

Mempunyai kulit tubuh dan kulit wajah yang putih bersih adalah keinginan dan dambaan semua orang, terutama wanita. Salah satu manfaat air bekas cucian beras adalah bisa digunakan untuk masker yang dapat membantu kulit menjadi terlihat lebih putih, bersih, dan cerah bersinar.

5. Dapat Menghaluskan Kulit  

Pada umumnya bagi wanita tidak hanya menginginkan kulit yang putih dan bersinar saja, namun juga ingin kulitnya halus. Sekarang ini banyak sekali kita jumpai klinik perawatan wajah yang mudah ditemukan dimana-mana.

Namun sebaiknya tetap menggunakan metode perawatan alami yaitu dengan memanfaatkan air bekas cucian beras karena sudah terbukti mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang berguna untuk kulit tubuh.

6. Dapat Menghilangkan Flek Hitam

Panas sinar matahari yang mengandung ultra violet bisa menimbulkan flek-flek hitam pada wajah. Karena itulah pentingnya menggunakan krim tabir surya saat siang hari untuk melindungi kulit wajah agar tetap mulus.

Area wajah yang rentan mengalami flek-flek hitam adalah hidung, pipi, dan sedikit kening. Baca juga Inilah penyebab dan gejala penyakit diabetes.

7. Dapat Mencegah Rambut Rontok

Air bekas cucian beras dapat dimanfaatkan juga untuk mencegah rambut rontok dan rambut bercabang. Caranya adalah dengan menggunakan air tersebut untuk keramas.

Ratakan air bekas cucian beras tersebut di kulit kepala sambil melakukan pijatan-pijatan ringan hingga kurang lebih 5 menit.

Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih dan keringkan rambut dengan menggunakan handuk bersih.

Bagaimana Cara Menggunakannya



Ternyata banyak juga manfaat air bekas cucian beras ini, namun selama ini yang terjadi adalah jarang orang memanfaatkannya dan cenderung membuang air tersebut. Padahal kalau saja tahu besar manfaatnya akan merasa sayang kalau harus di buang begitu saja.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan dan menggunakannya? Berikut adalah cara memanfaatkan air bekas cucian beras untuk mencuci wajah :
  • Siapkan sebuah wadah / mangkuk dan isilah dengan beras secukupnya
  • Cucilah beras tersebut dan buang air bilasan yang pertama untuk membuang bahan kimia dan kotoran yang menempel pada beras 
  • Kemudian isilah air bersih kembali dan rendam beras selama kurang lebih 30 menit 
  • Selanjutnya pisahkan antara air dengan beras 
  • Gunakan air tersebut untuk membasuh wajah secara merata dan gunakan jari untuk melakukan pijatan lembut pada area wajah selama kurang lebih 6 menit 
  • Setelah selesai, bilaslah wajah menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepukkan dengan lembut. 

Perawatan wajah dari beras tidak hanya menggunakan air bekas cuciannya saja karena bisa juga dengan menggunakan masker beras. Dan jika ingin melakukan perawatan kulit menggunakan masker beras, caranya adalah sebagai berikut :
  • Rendamlah beras dengan air secukupnya, dianjurkan melakukannya pada sore hari dan membiarkannya selama semalaman 
  • Jika beras sudah dalam keadaan lunak, selanjutnya adalah menumbuk dan menghaluskannya 
  • Kemudian jika sudah, jemurlah dengan sinar matahari langsung hingga mengering 

Jika sudah kering berarti siap untuk langka selanjutnya yaitu membuat masker beras, caranya adalah sebagai berikut :
  • Ambil 2 sendok tepung beras tadi dan campurkan 2 sendok makan madu asli 
  • Aduk hingga merata hingga menjadi pasta (bisa juga ditambah dengan minyak zaitun) 
  • Oleskan masker beras tadi pada seluruh wajah dan leher, namun hindari area mata dan bibir 
  • Diamkan masker beras ini selama 20 atau 30 menit 
  • Kemudian bilaslah menggunakan air hingga bersih 
  • Selanjutnya keringkan dengan menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk lembut.



Kesimpulan 
Meskipun saat ini banyak sekali yang menawarkan krim-krim untuk kecantikan yang instant, namun yang perlu diperhatikan adalah banyaknya krim yang mengandung zat-zat kimia yang bisa merugikan tubuh.

Kalau ada acara untuk merawat kecantikan dan kesehatan secara alami, mengapa tidak mencobanya? Baca juga Inilah manfaat kopi untuk kesehatan.

Salah satunya cara alami yang baik untuk di coba adalah mendapatkan manfaat air bekas cucian beras baik untuk keperluan kecantikan maupun untuk kesehatan.

Selain aman, metode ini juga tidak menimbulkan efek samping meskipun digunakan secara rutin dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.