Inilah Cara Diet Alami dan Sehat Yang Wajib di Coba



Inilah Cara Diet Alami dan Sehat yang Wajib di Coba. Memiliki tubuh yang segar, ideal, dan proporsional adalah dambaan bagi setiap orang. Oleh karena itu bersyukurlah jika saat ini telah dianugerahi bentuk tubuh yang ideal dan proporsional.

Karena ada banyak orang diluaran sana yang saat ini memiliki kelebihan berat badan dan sedang berusaha untuk menurunkannya. Bermacam cara dilakukan untuk bisa membakar lemak di tubuh sehingga berat badan bisa turun sampai ke titik yang diinginkan. 

Sekarang ini terdapat banyak cara program diet yang ditawarkan yang di klaim mampu dan berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Janganlah mudah tergiur dengan janji-janji yang ditawarkan. Perlu diketahui pola diet seperti apa yang ditawarkan.

Jangan sampai terburu nafsu untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal dengan menjalankan program diet secara membabi buta yang akhirnya bisa berimbas pada menurunnya kondisi dan kesehatan tubuh. Baca juga : Inilah penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Namun apalah artinya mempunyai tubuh ideal dan proporsional jika tidak sehat? Harta yang tidak ternilai dalam kehidupan itu adalah kesehatan. Dengan tubuh yang sehat maka akan bisa beraktifitas apapun secara normal. Oleh karena itu pilihlah program diet yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh. 

Cara Diet Sehat dan Alami 

Apakah saat ini berencana untuk menjalani program diet? Atau merasa berat badan yang sekarang telah melebihi berat badan ideal? Atau malah tergolong obesitas? Diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan keseluruhan, namun ada juga diet yang dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi lemak atau mengecilkan bagian-bagian tubuh tertentu.

Misalnya diet untuk mengecilkan perut agar tidak menggelambir, siet untuk mengecilkan paha atau lengan tangan, atau ada juga diet yang bertujuan untuk mengecilkan pipi yang chubby agar wajah jadi lebih tirus. Sebelum mencoba cara diet yang “aneh-aneh”, ada baiknya untuk mencoba diet cara alami. 

Diet dengan cara yang alami ini bisa membantu untuk meraih berat badan yang diinginkan. Dan pastinya karena alami maka kondisi tubuh akan tetap sehat dan bugar. Pada kesempatan kali ini akan lebih menitik beratkan pada diet secara alami dan sehat.

Poin penting yang sangat dibutuhkan pada diet cara alami ini adalah sebuah komitmen yang kuat pada diri sendiri karena dengan cara ini berarti membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Mengapa memilih diet dengan cara yang alami? Karena bagaimanapun juga cara diet yang tidak sehat, lambat laun dalam jangka panjang akan menimbulkan dampak yang tidak baik pada kesehatan tubuh.
Baca Juga : Kenali Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya
Diet bukan berarti menghindari makan, atau bahkan tidak makan sama sekali. Mengingat penurunan berat badan secara cepat dan drastis juga tidak baik karena dapat menimbulkan resiko gangguan kesehatan.

Untuk penurunan berat badan yang dianjurkan cukup s/d satu kilogram saja dalam seminggu agar tubuh tetap sehat terjaga. Cara diet sehat dan alami yang bisa diterapkan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan adalah sebagai berikut : 

1. Minum air putih yang cukup 

Mengkonsumsi banyak air putih selalu dianjurkan oleh para praktisi kesehatan, setidaknya minum air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan memperbanyak minum air putih maka tubuh akan terhindar dari resiko dehidrasi apalagi di saat musim kemarau.

Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena lambung akan penuh sehingga akan terasa kenyang meskipun tidak makan. 

2. Aktif Berolahraga /Aktif Bergerak 

Diet alami yang menyehatkan adalah dengan cara rajin berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin dan berkesinambungan akan dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga berat badan tubuh otomatis akan turun.

Tidak perlu melakukan jenis olahraga yang berat atau olahraga ekstrim untuk menurunkan berat badan, cukup dengan melakukan jogging, jalan santai, senam, dan olehraga sejenisnya. 

3. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya akan Serat 

Diet alami dalam satu minggu sudah terlihat hasilnya? Bisa saja. Namun jangan turun drastis. Salah satu cara diet alami adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat.

Makanan yang kaya serat ini terdapat pada buah dan sayuran, seperti pada kentang, brokoli, bayam, sayuran hijau lainnya, jambu biji, pir, dan pisang. Makanan jenis ini bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. 

4. Mengganti Karbohidrat Biasa Dengan Karbohidrat Kompleks 

Bagi tubuh manusia, karbohidrat adalah merupakan sumber energi dan gula untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Untuk itu tubuh memerlukan asupan karbohidrat yang mencukupi guna beraktifitas sepanjang hari.

Karbohidrat ini bisa ditemukan pada nasi, mie, dan sejenisnya, namun ternyata makanan jenis ini sulit untuk diserap oleh tubuh sehingga menumpuk dan lama kelamaan menambah lemak tubuh. 

Oleh karena itu sebaiknya mengganti karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks yang bisa ditemukan pada gandum, beras merah, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya. Karbohidrat kompleks ini lebih mudah diserap oleh tubuh menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

5. Kurangi mengkonsumsi 

Makanan Instan dan Kemasan Makan instan, makanan dalam kemasan, makanan siap saji, gorengan memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, di tambah lagi dengan adanya bahan pengawet serta garam.

Jadi, agar diet alami berhasil dengan maksimal sebaiknya menghindari atau mengurangi makanan-makanan seperti tersebut di atas. 

6. Menjaga Pola dan Menu Makan Malam 

Diet bukan berarti tidak dibolehkan untuk makan makanan di waktu malam hari. Meskipun sedang menjalankan program diet alami, makan malam bisa tetap jalan terus. Namun yang perlu diperhatikan adalah pola dan menu makan malamnya.

Hal ini karena pada malam hari tidak banyak aktifitas yang dilakukan sehingga tidak membutuhkan asupan energi dan gula secara berlebihan. 

Jadi rubahlah pola dan menu makan malam dengan memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan serta menghindari semua jenis gorengan. 

7. Mengatur Menu Makanan Sehari-hari 

Tidak hanya menu makan malam saja yang harus di atur, namun juga menu makanan sehari-sehari. Yup, amati, seleksi, dan atur menu makanan yang terhidang di hadapan.

Sebaiknya penuhi sepertiga piring dengan makanan rendah lemak seperti yang terdapat pada ikan, daging unggas, atau daging tanpa lemak.
Baca juga : Inilah manfaat air beras
Selain itu juga sebaiknya memperbanyak konsumsi buah dan sayuran serta kacang-kacangan. Makanan sumber karbohidrat yang dianjurkan adalah kentang dan beras merah.

Untuk buah-buahan yang bagus untuk mendukung diet alami adalah buah yang tidak terlalu manis seperti pada buah alpokat, tomat, dan apel. 

8. Cobalah Mengkonsumsi makanan ini 

Banyak kalangan yang manganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang di olah secara di kukus atau di rebus daripada mengkonsumsi makanan yang di gorang.

Makanan yang di kukus atau di rebus mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang digoreng dalam minyak panas. Selain itu makanan yang di sajikan dengan cara digoreng biasanya mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi. 

9. Konsumsi Makanan yang Bisa Membakar Lemak Dalam Tubuh 

Cara diet alami dan sehat berikutnya adalah dengan cara banyak mengkonsumsi makanan yang bisa membakar lemak dalam tubuh. Berikut ini adalah contoh jenis makanan yang sangat efektif untuk membakar lemak dalam tubuh yang bisa diterapkan dalam cara diet alami dan sehat yaitu : 

- Teh hijau

Teh adalah minuman yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia, Namun untuk keperluan diet alami teh yang di konsumsi bukan teh sembarangan. Jenis teh yang di percaya efektif untuk menurunkan berat badan adalah teh hijau atau biasa disebut dengan teh olong. Mengapa harus the hijau? 

Karena teh hijau ini mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh akan bisa lebih cepat. Jadi, dengan rutin meminum teh adalah carai diet alami dan sehat yang bisa diterapkan dalam sehari-hari untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal. 

Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang mudah ditemukan di sekeliling kita. Namun tahukan bahwa telur ini mengandung banyak protein dan rendah kalori sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan tanpa beresiko. 

- Buah Berry

Beberapa jenis buah berry yaitu strawberry, bluberry, dan raspberry yang di percaya sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena buah berry ini mengandung rendah kalori dan juga mengandung flavonoid sehingga cocok dikonsumsi untuk program diet alami.

Bukan hanya itu saja, karena buah ini juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. 

- Yogurt

Yogurt adalah merupakan makanan sehat yang kaya akan vitamin dan rendah lemak. Yogurt juga bagus untuk program diet alami karena jika rutin mengkonsumsi yogurt maka akan dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%. 

10. Hindari Cemilan yang Mengandung Kadar Gula Tinggi 

Cemilan adalah sahabat yang sejati saat menemani waktu-waktu senggang. Namun untuk tujuan diet alami dan sehat sebaiknya tidak mengkonsumsi cemilan atau makanan ringan lainnya yang mempunyai kadar gula tinggi.

Selain itu juga karena mengkonsumsi makanan atau cemilan yang mengandung gula secara berlebihan akan lebih berpeluang beresiko terhadap penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan manis,obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya.
Baca Juga : Inilah Gejala Obesitas dan Cara Mengatasinya

Kesimpulan 

Untuk menjalani diet dengan tujuan menurunkan berat badan yang berlebih sebaiknya juga memperhatikan juga faktor kesehatan.

Jangan sampai karena terlalu fokus untuk menurunkan berat badan hingga mengabaikan kesehatan, sehingga menjadi jatuh sakit. Diet secara sehat dan alami sangat dianjurkan agar tubuh tetap bugar selama menjalani masa-masa diet.
Mungkin Anda suka : Makanan yang disarankan untuk penderita diabetes
Diet alami dan sehat adalah pilihan bijak yang jika dilakukan secara rutin akan bisa didapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diinginkan. Semoga bermanfaat.