Inilah Alasan Mengapa Orang Melakukan Program Diet



Pastinya akan banyak jawaban yang di dapat ketika menanyakan apa alasan dan motivasi seseorang melakukan diet atau menurunkan berat badannya? Diet bukan hanya dilakukan atau dimonopoli kaum wanita saja, namun sekarang ini banyak juga pria yang melakukannya.

Alasan umum seseorang melakukan diet adalah untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Berat badan yang ideal bisa untuk menunjang penampilan, selain itu juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Banyak manfaat positif bagi tubuh ketika melakukan program diet dengan baik dan benar. Diet disini bukan berarti menyiksa tubuh atau diri sendiri, yang menggunakan cara yang berlebihan dan tidak benar / tepat yang akhirnya merugikan kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, perlu memilih pola cara diet yang tepat agar kondisi tubuh tetap sehat dan fit meskipun sedang melakukan program diet.

Alasan Orang Melakukan Program Diet

Diet yang dilakukan masing-masing orang pastinya memiliki alasan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan pribadi masing-masing. Jika dijabarkan, alasan melakukan program diet adalah sebagai berikut :

1. Ingin menurunkan berat badan 

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah masalah yang umum yang dihadapi oleh para pelaku diet. Orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas ini biasanya dianjurkan oleh dokter untuk menjalani program diet untuk menurunkan berat badannya hingga ke titik yang ideal.

Jika tubuh mempunyai berat badan yang berlebih juga dimungkinkan bisa mengidap berbagai penyakit.

2. Ingin tampil menarik dan percaya diri 

Kelebihan berat badan menjadikan tubuh menjadi tidak ideal atau proporsional. Dengan begitu biasanya orang-orang yang obesitas ini tampil tidak percaya diri.

Sebenarnya pada kondisi seperti ini tidak begitu masalah, setiap orang berhak untuk tampil percaya diri di lingkup umum bagaimanapun keadaan berat tubuhnya.

Namun yang terjadi adalah timbulnya rasa minder atau tidak percaya diri saat tampil dengan kondisi tubuh obesitas atau memiliki berat badan berlebih. Inilah salah satu pemicu orang-orang untuk menjalani diet.

Apalagi ibu-ibu sosialita yang biasa kita lihat tampil begitu cantik dengan tubuh yang ideal dan proporsional. Tidak jarang kaum wanita ini mati-matian melakukan program diet agar bisa tampil menarik dan penuh percaya diri. Baca juga Manfaat Kopi Untuk Kesehatan.

3. Ingin bisa leluasa dalam memilih pakaian 

Memiliki berat badan yang ideal memang mempunyai banyak keuntungan. Salah satunya adalah bisa bebas dan leluasa untuk memilah dan memilih baju atau pakaian sesuai mode masa kini.

Hal yang seperti ini tidak berlaku untuk pemilik berat badan berlebih karena kesempatan untuk memilihnya sangat terbatas. Misal saja saat memilih baju di mall, kesempatan untuk memilih ukuran baju sangatlah terbatas.

4. Ingin tubuh tetap sehat dan bebas dari penyakit 

Seperti poin yang pertama, orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dianggap rentan dengan segala penyakit.

Oleh sebab itu para penyandang obesitas biasanya bersikukuh untuk menjalankan program diet agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari segala penyakit yang mengintai. Misalnya saja kolesterol tinggi , gangguan jantung dan lain sebagainya.

5. Ingin menjadi pusat perhatian 

Pada dasarnya setiap orang ingin menjadi pusat perhatian (dalam artian yang positif), baik wanita maupun pria.

Apalagi terhadap lawan jenis, siapa yang tidak mau terlihat menarik dihadapan lawan jenis? Pastinya semua orang menginginkan hal itu. Silahkan baca juga Cara Alami Mengatasi Ketombe Yang Membandel Dengan Cepat.

Dan sesuatu yang yang berada di bawah alam sadar mengatakan bahwa untuk menjadi pusat perhatian haruslah memiliki tubuh yang ideal dan proporsional. Oleh karena itu menjalani diet adalah jawaban masalah obesitas ini.

6. Ingin mengecilkan bagian tubuh tertentu 

Tidak semua orang yang menjalani diet itu mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, namun ada juga menjalani diet karena merasa ada bagian-bagian tubuh yang tidak proporsional.

Misalnya saja bentuk dan ukuran lengan, paha, pipi, dan lainnya. Hal ini biasanya terjadi pada wanita.

Untuk mencapai tubuh yang proporsional, diet adalah salah satu jalanya. Namun untuk kasus seperti ini biasanya agar hasil lebih maksimal perlu diimbangi juga dengan olahraga untuk membuat bagian-bagian tersebut menjadi lebih proporsional atau seperti yang diinginkan.

7. Meringankan kinerja organ tubuh 

Tubuh manusia bukanlah sebuah mesin yang bisa di paksa untuk kerja terus menerus, atau melakukan tugas yang berlebihan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Begitu pula jika obesitas, maka tubuh akan bekerja ekstra untuk menyuplai kebutuhan tubuh.

Dengan melakukan diet dan olahraga akan bisa membantu untuk menurunkan berat badan sehingga kinerja organ tubuh bisa bekerja sesuai dengan kapasitasnya. Dengan begitu masing-masing organ tubuh akan tetap sehat dan terjaga untuk jangka waktu yang lama.

8. Penyeimbang kadar gizi dalam tubuh 

Setiap manusia memerlukan gizi maupun kalori yang kadarnya berbeda satu sama yang lain, tergantung pada proses kinerja tubuh sehari-hari.

Dalam menjalani program diet, hal yang sebaiknya diperhatikan adalah makanan yang di konsumsi tubuh harus sesuai dengan kebutuhan gizi dan kalori masing-masing orang sehingga proses metabolism dan pembakaran lemak dalam tubuh bisa berjalan optimal. Dengan demikian program diet yang dilakukan bisa lebih lancer dan maksimal.

9. Diet untuk menghemat pengeluaran 

Diet dengan alasan ini sangatlah tidak disarankan karena akan menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh. Alih-alih akan mendapatkan tubuh yang ideal dan proporsional, dengan alasan ini tubuh akan mudah mudah untuk sakit.

Hemat memang sangat bagus agar pengeluaran tidak boros, namun bukan berarti diet untuk tujuan berhemat apalagi jika sampai melewati batas kewajaran. Umumnya alasan ini bisa kita temukan pada mahasiswa yang kos (meski tidak semuanya). Baca Juga Artikel Inilah Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah.

Dari semua penjabaran alasan melakukan program diet di atas mungkin sudah ada yang mewakili alasan Anda yang saat ini sedang berdiet ketat.

Namun pastinya ada alasan lain yang tidak tercakup pada penjabaran di atas. Yang pasti, dalam melakukan program diet (apapun alasannya) harus tetap memperhatikan kondisi kesehatan.

Manfaat melakukan Program Diet 

Banyak orang yang rutin menjalani program diet, bahkan ada yang melakukan diet ketat dan mati-matian untuk bisa mencapai berat tubuh yang ideal dan proporsional.

Bukannya kurang bersyukur atas nikmat Yang Maha Kuasa, namun karena dalam menjalankan program diet ini banyak sekali manfaatnya dan salah satunya adalah karena alasan kesehatan. Untuk selengkapnya, mari kita simak apa saja manfaat dari menjalankan program diet seperti di bawah ini :

1. Mengontrol berat badan dan menjaga kondisi lambung 

Menjalankan program diet ternyata mampu memberikan dampak positif bagi tubuh , yang salah satunya adalah berat badan jadi lebih bisa terkontrol . Mengapa demikian?

Karena pada saat melakukan program diet berarti juga membatasi jumlah asupan makanan ke dalam tubuh sehingga berat badan tubuh tidak mengalami kelebihan berat badan dan terdapat timbunan lemak yang signifikan. Baca juga Manfaat air beras untuk kecantikan dan kesehatan.

Selain itu juga saat melakukan program diet bisa mencegah asam lambung naik. Hal ini dikarenakan pada saat diet pastinya sangat selektif dalam memilih makanan apa saja yang dikonsumsi, sehingga juga berpengaruh pada kesehatan lambung.

Bandingkan dengan orang yang tidak sedang menjalani program diet yang mengkonsumsi makanan secara sembarangan, yang bisa mengakibatkan timbulnya masalah pada lambung. Oleh karena itu, program diet ini sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki masalah pada lambungnya.

2. Mencegah penyakit kanker dan Alzheimer 

Dengan melakukan program diet, maka organ pencernaan bisa bekerja secara lancar dan maksimal sehingga dapat mencegah terjadinya endapan sel kanker pada usus besar.

Dan jika menjalankan program diet dengan benar dan teratur, maka makanan yang di konsumsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga terhindar dari penyakit.

Diet memang sangat dianjurkan agar diimbangi dengan olahraga yang teratur. Tujuannya adalah agar program diet bisa sukses dan tubuh tetap sehat dan bugar.

Dengan olahraga yang teratur tersebut diyakini mampu meningkatkan daya ingat sehingga tidaklah salah jika diet dengan benar bisa mencegah penyakit Alzheimer atau penyakit otak tua.

3. Dapat menyehatkan Jantung 

Menjalani program diet dengan benar sangat identik dengan kesehatan dan kebugaran tubuh, termasuk juga bagus untuk kesehatan jantung.

Fungsi dan kerja jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancer dan ringan karena tidak adanya timbunan lemak yang bisa mengganggu kinerja jantung manusia.

4. Dapat menjaga daya tahan tubuh 

Dengan melakukan olahraga teratur dan diet dengan benar maka tubuh akan semakin sehat dan bugar. Hal ini tentu saja mempunyai pengaruh positif terhadap daya tahan tubuh dan tubuh akan semakin kebal terhadap suatu penyakit.

5. Dapat menjaga kualitas tidur 

Susah tidur salah satunya bisa disebabkan karena kurangnya minum air putih atau tubuh kekurangan asupan karbohidrat. Agar dapat mencapai kualitas tidur yang baik sebaiknya mengkonsumsi air putih yang cukup dan menjalani diet ringan.

Mengapa demikian Karena pada saat menjalani diet ringan inilah konsumsi air putih akan terpenuhi dan juga karbohidrat, lemak, protein akan terpenuhi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan demikian sangat dimungkinkan untuk mudah mencapai kualitas tidur yang baik. Silahkan baca juga Rahasia menjalani program diet yang aman dan cepat.

Sahabat Mommy Baiti, terdapat banyak ragam alasan mengapa orang melakukan diet. Apapun alasan yang melatarbelakangi untuk melakukan diet, apapun cara atau metode diet yang dijalankan, namun yang penting harus tetap memperhatikan faktor kesehatan.
Untuk apa melakukan diet jika akhirnya tubuh menjadi tidak sehat?
Program diet yang utama adalah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Banyak manfaat positif yang bisa di dapat ketika menjalani program diet dengan baik dan benar. Demikian artikel mengenai alasan melakukan program diet, semoga bermanfaat.