Cara Alami Mengatasi Ketombe Yang Membandel Dengan Cepat



Cara Alami Mengatasi Ketombe Yang Membandel Dengan Cepat. Rambut yang indah yang tumbuh pada kulit kepala yang sehat adalah dambaan setiap orang. Tidak jarang melakukan perawatan intensif agar rambut tetap sehat dan terawat.

Namun pada masa sekarang ini, baik laki-laki maupun perempuan tidak jarang yang mengalami masalah terhadap rambut kesayangannya. Salah satu hal yang dapat membuat rambut kehilangan daya tarik adalah timbulnya ketombe. 

Sahabat Mommy Baiti, hadirnya ketombe pada rambut pastinya akan mengurangi tingkat kepercayaan diri atau dapat mengganggu kenyamanan pada saat bergaul. Apakah ketombe itu? Bagaimana ketombe tersebut bisa muncul? Dan bagaimana cara mengatasi ketombe itu sendiri? Baca juga Cara membersihkan karang gigi secara alami.

Munculnya ketombe ini disebabkan karena adanya masalah pada kesehatan rambut karena adanya pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Sel-sel kulit mati yang berwarna putih inilah yang di sebut dengan ketombe. Jika pengelupasannya sedikit dan dapat dikendalikan berarti masih dalam taraf yang wajar. 

Sebaliknya, jika munculnya berlebihan dan ketombe susah dikendalikan atau ketombe membandel, hal ini patut diperhatikan secara serius. Selanjutnya, Mommy Baiti akan mengulas penyebab ketombe membandel dan juga tentang cara alami mengatasi ketombe yang membandel. 

Penyebab Ketombe Membandel di Rambut 

Ada beberapa penyebab mengapa muncul ketombe pada rambut, namun biasanya ketombe ini muncul disebabkan oleh jamur. Jamur akan mudah bermunculan pada orang yang jarang membersihkan rambut misalnya dengan keramas menggunakan sampo.

Selain jamur, timbulnya ketombe juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut yang tidak sesuai atau tidak cocok. Jangan pernah mengabaikan atau menganggap enteng masalah ketombe, karena hadirnya ketombe dapat menghambat folikel rambut dan mencegah rambut baru tumbuh. Sehingga jika dibiarkan dalam jangka panjang, lama kelamaan bisa menyebabkan kebotakan.

Cara Alami Mengatasi Ketombe Yang Membandel Dengan Cepat 

Ketombe atau si putih ini secara langsung maupun tidak langsung dapat mengganggu penampilan. Misalnya saja saat mengenakan baju warna hitam. Memiliki ketombe di kulit kepala tentunya merupakan masalah yang cukup serius, apalagi jika ketombe tersebut membandel atau sulit hilang. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati ketombe, misalnya saja menggunakan sampo khusus. 

Pilihlah sampo yang mengandung zinc, selenium disulfide, sulfur, atau asam salisilat. Langkah kedua adalah keramas lebih sering. Paling tidak cuci rambut setiap hari dan biarkan sampo mengendap selama 5 menit sebelum dibilas. Jaga kesehatan kulit kepala dengan rutin menyisir rambut.

Mengatasi ketombe membandel juga bisa dengan menggunakan cara alami yang telah terbukti ampuh dan manjur. Bahan alami yang digunakan juga bisa dengan mudah ditemukan disekitar kita. Cara alami mengatasi ketombe yang membandel dengan cepat antara lain :

1. Kopi 

Kopi tidak hanya nikmat saat di seduh sebagai minuman. Di balik itu kita dapat memanfaatkan kopi untuk mengatasi ketombe yang membandel. Caranya cukup sederhana saja dengan membuat semacam adonan menggunakan kopi murni tanpa campuran gula atau madu dengan tambahan air secukupnya.

Adonan tersebut kita manfaatkan sebagai scrub untuk membersihkan kulit kepala dengan cara mengoleskannya pada kulit kepala secara merata. Saat mengoleskannya sembari melakukan pijatan lembut secara perlahan-lahan.

Setelah merata diamkan sebentar, kemudian bilas ampas kopi tersebut menggunakan air bersih dan sampo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan kulit kepala terbebas dari ketombe membandel bisa melakukan cara ini secara rutin selama tiga minggu. Silahkan baca juga Inilah Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui.

2. Lidah buaya 

Lidah buaya sudah menjadi resep turun temurun yang di percaya sangat efektif untuk merawat rambut secara alami. Penggunaan lidah buaya secara rutin dapat melembabkan rambut, membuat rambut lebih hitam, lebat, dan sehat secara alami.

Hal ini dikarenakan pada lidah buaya mengandung banyak mineral alami yang cukup bermanfaat untuk kebutuhan nutrisi rambut, seperti mineral kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan lainnya. Adapun cara alami mengatasi ketombe yang membandel dengan lidah buaya adalah sebagai berikut :
  • Ambilah beberapa batang lidah buaya yang masih segar 
  • Kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya saja 
  • Kemudian oleskan gel lidah buaya tersebut ke kulit kepala secara merata 
  • Agar lebih meresap, berilah pijatan-pijatan lembut 
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit 
  • Selanjutnya bersihkan dengan menggunakan air dingin hingga bersih. 


3. Cuka 

Selanjutnya cara alami mengatasi ketombe yang membandel bisa dengan memanfaatkan cuka. Cuka yang biasa digunakan pada masakan, meskipun memiliki bau yang cukup menyengat namun sangat ampuh untuk mengusir ketombe. Baca juga Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami dengan Cepat dan Mudah.

Hal ini dikarenakan cuka memiliki kandungan zat asam yang bersifat abrasif. Manfaat dari kandungan asam yaitu mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan cuka putih 
  • Bersihkan rambut terlebih dahulu, bisa dengan keramas 
  • Pada kondisi rambut sudah kering, oleskan cuka meratap pada kulit kepala 
  • Berilah pijatan lembut saat mengoleskannya selama kurang lebih 5 menit 
  • Diamkan kurang lebih 30 menit 
  • Setelah semua selesai, bilaslah rambut dengan keramas lagi hingga semua ketombe rontok tidak tersisa. 


4. Baking soda 

Baking soda biasa digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat roti. Dan ternyata baking soda mengandung senyawa abrasif yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe yang membandel di kulit kepala. Jika tertarik menggunakan baking soda untuk mengatasi ketombe yang membandel. Cara adalah sebagai berikut :
  • Siapkan baking soda dan air hangat secukupnya 
  • Kemudian campurkan kedua bahan tersebut menjadi seperti pasta 
  • Selanjutnya oleskan adonan baking soda tersebut ke kulit kepala secara merata 
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit 
  • Lalu bilas dan bersihkan rambut dengan menggunakan air hangat sampai bersih. 

Sebagai catatan, gunakan baking soda seperlunya saja. Jika ketombe sudah hilang, segera hentikan penggunaan baking soda ini. Hal tersebut karena penggunaan baking soda yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.


5. Kangkung 

Suka dengan tumis kangkung? Yap, kangkung memang nikmat saat di masak menjadi tumis dan dapat meningkatkan selera makan. Namun dengan kangkung juga dapat untuk menghilangkan ketombe membandel.

Hal ini karena sayuran kangkung mengandung senyawa mineral essens yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada area kulit kepala. Dengan penggunaan kangkung secara rutin maka dapat mencegah masalah pada rambut. Cara alami mengatasi ketombe yang membandel dengan menggunakan kangkung yaitu :
  • Siapkan satu ikat kangkung segar
  • Kemudian rebus kangkung tersebut dengan mencampurkan 2 gelas air 
  • Tunggu hingga mendidih dan saring untuk memisahkan ampas dan airnya
  • Selanjutnya bilaskan air rebusan daun kangkung tadi secara merata keseluruh area kulit kepala 
  • Diamkan selama 30 menit supaya meresap
  • Setelah selesai, bilas rambut hingga bersih bisa dengan berkeramas. 


6. Minyak zaitun 

Minyak zaitun telah banyak di kenal kaya akan manfaatnya seperti berguna untuk menurunkan resiko jantung, diabetes, stroke, dan berbagai penyakit-penyakit lainnya. Selain bermanfaat dalam kesehatan, minyak zaitun juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan secara alami dan salah satunya mampu mengatasi ketombe yang membandel secara alami. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Persiapkan rambut dalam keadaan bersih 
  • Ambil minyak zaitun secukupnya 
  • Kemudian oleskan minyak zaitun keseluruh area kulit kepala secara merata 
  • Pijatlah dengan lembut selama kurang lebih 5 menit 
  • Diamkan selama 30 menit 
  • Jika sudah, bilasla rambut dengan menggunakan air dingin sampai bersih. 


7. Lemon 

Zat asam yang tinggi bermanfaat untuk mengatasi ketombe membandel pada kulit kepala. Dan lemon merupakan salah satu buah yang mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi sehingga lemon sangat dianjurkan sebagai bahan alami untuk mengatasi ketombe membandel.

Tidak hanya itu, lemon juga juga dapat membantu melenyapkan kutu rambut. Cara alami mengatasi ketombe membandel dengan menggunakan lemon adalah sebagai berikut :
  • Ambil 1 buah lemon yang masih segar 
  • Kemudian belah buah lemon tadi menjadi 2 bagian dan peraslah dalam sebuah wadah 
  • Selanjutnya oleskan perasan lemon secara merata keseluruh bagian kulit kepala 
  • Berikan pijatan lembut selama kurang lebih 5 menit 
  • Dan diamkan selama 30 menit 
  • Setelah selesai , bilaslah rambut dari air perasan lemon tadi dengan menggunakan air dingin sampai bersih. 


8. Daun pandan 

Daun pandan biasa digunakan untuk membuat aroma masakan menjadi sedap berselera. Namun selain itu ternyata daun pandan ini cukup efektif untuk mengatasi ketombe membandel di rambut karena daun pandan memiliki kandungan mineral alami yang berkhasiat untuk menutrisi rambut hingga ke akar-akarnya. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan 5-8 lembar daun pandan segar dan cuci sampai bersih 
  • Remaslah daun pandan tadi hingga hancur 
  • Kemudian seduh dengan menggunakan air hangat 
  • Selanjutnya oleskan air seduhan tadi keseluruh area kulit kepala sambil di pijat lembut 
  • Setelah selesai bilaslah rambut dengan menggunakan air dingin sampai bersih. 


9. Penuhi asupan nutrisi 

Penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala yang jarang diketahui salah satunya adalah karena kekurangan asupan nutrisi rambut. Jika seseorang yang mengalami kekurangan nutrisi rambut akan sangat mudah sekali terserang yang namanya masalah ketombe.

Kandungan nutrisi yang cukup baik untuk mengatasi ketombe adalah vitamin C, B1, kalsium, asam folat, dan zat besi. Untuk memenuhi asupan nutrisi tersebut di atas, bisa didapatkan pada bahan makanan antara lain buah-buahan, sayuran, susu, daging, dan kacang-kacangan. Silahkan baca juga Bolehkah Mencabut Rambut Uban?

Oleh karena itu, pada setiap menu makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung makanan 4 sehat 5 sempurna agar tubuh tidak kekurangan nutrisi.


10. Gunakan pelembab rambut 

Untuk perawatan kulit kepala dan rambut dan mencegah ketombe muncul kembali, sebaiknya menggunakan produk pelembab rambut yang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala. 

Cara alami mengatasi ketombe membandel dengan cepat dan dari bahan alami meminimalisasi resiko timbulnya efek samping dari perawaran rambut tersebut dibandingkan dengan penggunaan bahan kimia.

Dengan menggunakan bahan alami tentunya akan lebih aman dan hasilnya maksimal untuk mengatasi ketombe membandel. Selamat mencoba.