Bersama Kita Lawan Virus Corona

Corona Virus Diseases 2019


Saat ini dalam setiap pembicaraan dimana-mana tidak terlepas dari soal virus yang satu ini dan perasaan cemas dan was-was selalu mewarnai hari-hari seiring dengan merebaknya virus ini. Tentu para mommys sudah tahu wabah yang satu ini ya.

Yup virus corona atau COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) yang sekarang ini "mengguncang dunia" menjadi topik pembicaraan dimana-mana baik dilingkungan, televisi, media online maupun di media sosial.

COVID-19 biasa disebut juga virus corona ini dengan cepatnya menyebar hingga hampir ke seluruh dunia. Bahkan sudah banyak yang meninggal akibat merebaknya virus corona ini, termasuk di Indonesia. Namun meski begitu kita tetap harus optimis bahwa kita bisa menang dalam mengatasi wabah virus corona ini.

Untuk mengatasi menyebarnya virus ini ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti di lingkungan sekitar Mommy Baiti meminimalisir pergerakan aktifitas orang-orang yang keluar masuk gang dengan cara menutup portal jalan. Ada juga yang menjalankan karantina wilayah yang juga bertujuan untuk meredam penyebaran virus corona ini dari satu orang ke orang banyak lainnya.

Dalam pandangan awam, virus corona ini memang sangat menakutkan mengingat mudahnya penularan, penyebaran, dan proses infeksinya yang terbilang cepat. Untuk itu kita harus memahami apa sebenarnya COVID-19, bagaimana cara penularannya, bagaimana gejala-gejalanya dan juga bagaimana langkah-langkah pencegahan agar bisa terhindar dari virus ini.

Jadi COVID-19 atau Corona Virus Disease 2019 adalah penyakit yang bisa menular dari manusia ke manusia dan disebabkan oleh SARS-CoV-2. SARS-CoV-2 ini merupakan salah satu jenis korona virus yang kita mengenalnya berasal dari Wuhan, China.


Bagaimana Cara Penyebaran Virus Corona?


Ini poin penting yang harus kita ketahui bersama karena dengan mengetahuinya maka kita akan lebih mengerti bagaimana cara yang tepat untuk menghentikan penyebarannya.

Penyebaran dan penularan virus corona ini tidak memandang dari segi usia, jenis kelamin dan status sosial jadi setiap orang akan berpotensi untuk saling tertular maupun menulari karena. Oleh karena itu hendaknya kita saling menjaga diri dan menjaga kesehatan agar tidak saling tertular ataupun menulari.

Dampak dari mencuatnya virus ini sangatlah signifikan ya mom seperti siswa sekolah dari SD hingga tingkat SMA diliburkan dan menjalani pembelajaran sistem daring dan UN yang ditiadakan. Sementara di sektor perkantoran ada yang memangkas jam kerja karyawan, memberlakukan work from home, restoran fast food meniadakan fasilitas makan di tempat dan hanya melayani pembelian take away dan drive thru saja. Serta banyak pusat perbelanjaan yang menutup aktifitasnya untuk sementara waktu yang juga para karyawan ada yang dirumahkan.

Nah inilah saatnya kita untuk bersatu memerangi virus corona ini agar segera hilang hingga ke akar-akarnya agar kita bisa kembali menjalani kehidupan dengan normal seperti sebelumnya. Untuk itu kita harus bahu membahu memutus mata rantai penyebarannya.

Penyebaran virus corona ini bisa melalui berinteraksi langsung dengan orang yang telah positif terinfeksi virus corona seperti bersentuhan dan bersalaman. Selain itu penularan dan penyebaran juga bisa melalui percikan atau droplet batuk/bersin, air liur dan cairan dari hidung.

Droplet ini tidak harus langsung ya moms, karena virus ini bisa bertahan hidup di udara meskipun dalam jangka waktu yang cepat. Namun jika dropler tersebut mengenai barang-barang seperti baju, kayu, besi, kertas bisa bertahan hingga berjam-jam. Oleh karena itu bagi orang yang telah terinfeksi virus ini sangat diwajibkan untuk memakai masker guna meminimalisir penyebaran droplet.

Ini penting untuk kita waspadai. Musuh kita yang satu ini adalah tak kasat mata karena berukuran sangat kecil, dan senjata pamungkas kita adalah dengan menjaga kebersihan diri dan sekitar kita.

Bagaimana Gejala-Gejala Terinfeksi Virus Corona?


Selain penyebaran dan penularannya yang begitu mudah, timbulnya gejala klinis akibat terinfeksi virus corona ini juga terbilang sangat cepat yaitu antara satu hingga empat belas hari, namun jika diambil rata-rata adalah lima hari.

Kita tidak pernah tahu benda apa saja disekitar kita yang mengandung droplet virus corona sehingga kita harus hati-hati dan waspada jika diharuskan beraktifitas di tempat umum. Jika tidak penting sekali sebaiknya hindari beraktifitas di luar rumah ya moms seperti anjuran pemerintah yaitu #dirumahaja.

Disebutkan bahwa gejala awal terinfeksi virus corona ini adalah seperti ketika sakit flu. Oleh karena itu jika menderita flu dan batuk sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Adapun gejala-gejala lain saat terinfeksi virus corona adalah sebagai berikut :

  • Batuk kering tidak berdahak
  • Demam
  • Pneumonia berat
  • Terasa sangat lelah
  • suhu badan meningkat atau 38 derajat keatas
  • Susah bernafas
  • Tenggorokan terasa sakit

Jika mengalami hal-hal yang demikian sebaiknya langsung menghubungi rumah sakit khusus penanganan COVID-19 yang sudah ada di masing-masing daerah agar segera mendapatkan penanganan medis.

Upaya Pencegahan Agar Terhindar dari Virus Corona

Positif atau tidaknya terinfeksi virus corona ini memang harus melalui tes rapid test atau MRT. Jadi bisa saja secara fisik terlihat sehat namun sesungguhnya telah membawa virus yang satu ini. Oleh karena itu kita harus ekstra berhati-hati untuk kesehatan diri sendiri dan orang-orang tercinta. Kepedulian kesehatan terhadap diri sendiri dan orang lain sangat penting dilakukan untuk menyambut fase new normal.

Keramaian, kerumunan, ataupun tempat nongkrong dinilai sangat mudah menyebarkan virus corona ini, oleh karena itu sebaiknya hindari tempat tersebut. Untuk mencegah virus ini menghampiri kita maka kita harus banyak beristirahat dan mengkonsumsi makanan yang sehat serta jangan ketinggalan konsumsi vitamin karena dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu untuk mencegah terpapar virus corona adalah sebagai berikut :


  • Menjaga jarak dengan orang lain
  • Cuci tangan sesering mungkin baik dengan sabun maupun hand sanitizer
  • Jangan cemas
  • Menggunakan masker dan menggantinya secara berkala
  • Tidak mengusap wajah (mata, hidung, mulut) sebelum mencuci tangan hingga bersih
  • Menjaga kebersihan barang-barang yang sering kita pegang seperti smartphone
  • Berolahraga

Kita yakin bahwa virus corona ini akan segera berlalu. Bersama kita bersatu melawan virus corona dan menumpasnya hinga sampai ke akar-akarnya sehingga tidak ada lagi korban-korban baru yang berjatuhan. Kita yakin akan menang menumpas virus corona. Tetap jaga kesehatan ya moms.
Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar