Cara Tepat Untuk Membersihkan Lantai Marmer

Cara Tepat Membersihkan Lantai Marmer - Marmer merupakan jenis batuan alam yang sering digunakan untuk lantai atau dinding baik di gedung perkantoran maupun di rumah tinggal. Menggunakan marmer dapat membuat ruangan terlihat sederhana namun terkesan mewah.

Selain marmer, granit juga dipergunakan untuk memperindah lantai dan dinding. Namun yang perlu diketahui adalah bahwa marmer dan granit ini merupakan batuan alam yang berpori sehingga dalam merawat dan membershkannya tidak bisa sembarangan.

Membersihkan marmer membutuhkan teknik perawatan yang tepat agar marmer tidak berubah menjadi kusam dan bahkan bisa berubah warna. merusaknya. Mau tahu bagaimana cara membersihkan lantai marmer yang benar? Simak terus ya Moms.

pic: Pixabay

Cara Membersihkan lantai marmer yang tepat


Jika lantai keramik tidak ada masalah dengan penggunaan pembersih lantai yang beredar di pasaran, namun berbeda dengan lantai marmer dan granit.

Namun jangan berpikir bahwa merawat dan membersihkan lantai marmer ini akan susah dan repot karena ternyata kita bisa memanfaatkan bahan-bahan pembersih yang ada di sekitar kita dan mudah ditemukan. Apa saja bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan lantai marmer ya?

1. Deterjen Cair


Ternyata kegunaan deterjen cair bukan hanya untuk mencuci pakaian saja, namun bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan noda dan kotoran pada peralatan rumah tangga dan perangkat dapur. Selain itu deterjen cair bisa juga digunakan untuk membersihkan marmer, caranya adalah sebagai berikut :

  • Campurkan deterjen cair dengan air dalam sebuah ember
  • Kemudian aduk-aduklah hingga merata dan berbusa
  • Selanjutnya siap digunakan untuk membersihkan marmer menggunakan lap kain yang lembut.

Namun perlu diperhatikan bahwa deterjen cair yang digunakan sebaiknya adalah deterjen cair dengan mutu dan kualitas yang bagus serta tidak mengandung asam dan juga pemutih

2. Baking soda


Selain itu, baking soda ternyata juga bisa digunakan untuk merawat dan membersihkan lantai marmer lho. Bahan ini mudah didapatkan di sekitar kita karena memang banyak kegunaannya dan salah satunya adalah untuk membersihkan marmer, dan caranya adalah sebagai berikut :

  • Tuang 1 sdm baking soda ke dalam ember
  • Campurkan air secukupnya
  • Kemudian aduk hingga merata dan menyerupai pasta
  • Ambil lap yang halus dan lumuri dengan campuran tersebut
  • Gunakan untuk membersihkan marmer dari kotoran dan noda dengan cara menggosokkannya dengan lembut.

3. Sabun cuci piring


Sabun cuci piring ternyata mempunyai manfaat lain selain untuk membersihkan noda membandel di peralatan makan. Hal tersebut karena sabun cuci piring ini bisa juga digunakan untuk membersihkan lantai atau dinding marmer.

Selain dapat digunakan untuk menghilangkan noda, sabun ini bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan goresan pada permukaan marmer. Jika tertarik menggunakannya, langkah-langkahnya adalah seperti berikut :

pic: Pixabay

  • Isilah gayung dengan ½ air hangat
  • Kemudian campurkan sabun cuci piring secukupnya
  • Celupkan kain lap yang lembut ke dalam campuran tersebut
  • Selanjutnya gosokkan kain tersebut pada marmer dengan gerakan memutar secara perlahan dan bisa juga dengan memberi sedikit tekanan
  • Jika dirasa cukup, biarkan cairan tersebut mengering atau kurang lebih 5–10 menit
  • Setelah marmer kering, bersihkan marmer dengan menggunakan lap kering.

4. Hidrogen peroksida


Hidrogen peroksida adalah merupakan cairan senyawa kimia yang bersifat asam. Cairan ini mempunyai fungsi untuk mengangkat kotoran dan noda serta dapat menghilangkan goresan pada lantai marmer.

Untuk menggunakannya pada lantai marmer atau granit, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini :

  • Basahi kain lap yang lembut dengan cairan hidrogen peroksida
  • Gosokkan secara perlahan pada permukaan lantai marmer yang kusam (bisa juga pada granit)
  • Jika diperlukan, beri sedikit tekanan pada noda saat membersihkannya.

Mudah kan merawat dan membersihkan lantai marmer


Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti diatas sudah bisa menjaga agar marmer tetap kinclong sehingga rumah tetap terlihat indah.

Namun selain itu, membersihkan lantai marmer juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk marmer. Cairan ini bisa untuk menghilangkan kotoran dan noda membandel yang menempel pada marmer.

Adapun cara untuk membersihkan marmer menggunakan cairan pembersih khusus marmer ini adalah dengan membasahi lap dengan cairan ini dan menggosokkan pada marmer. Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar