Bolehkah mencabut rambut uban?



Bolehkah mencabut rambut uban? Sahabat Mommy Baiti, mungkin di antara kita sewaktu kecil pernah di minta orangtua atau kakek kita untuk mencabut rambut putih atau uban mereka. Atau menyemir rambut agar rambut yang putih atau biasa di sebut rambut uban menjadi hitam kembali.

Atau bahkan kita sendiri yang sekarang mengalami rambut beruban? Dengan munculnya rambut putih berarti pertanda sudah tua?

Sahabat Mommy Baiti, tua itu pasti. Menua itu pasti datang dengan sendirinya meskipun mungkin kita tak mau menjadi tua. Namun, kedewasaan dan kematangan adalah yang terpenting. Tua itu pasti, dewasa dan berjiwa muda itu adalah pilihan. Setuju?

Balik lagi ke persoalan bolehkah mencabut rambut uban yang sedang kita bahas ini. Mungkin kita akan merasa malu atau bahkan minder jika uban sudah menghiasi muncul satu per satu di rambut kepala kita.

Saat uban atau rambut putih muncul biasanya orang menjadi malu dan berusaha menghilangkannya dengan cara dicabut. Benarkah rambut putih ini tidak boleh dicabut karena bikin tambah banyak uban?

Mengapa Rambut Bisa Berubah Warna Menjadi Putih? 

Sekedar diketahui bahwa rambut kita pada dasarnya adalah berwarna putih. Dan warna yang dimiliki oleh rambut ini didapatkan karena adanya pigmen melanin. Melanin adalah merupakan suatu pigmen yang selain memberi warna pada rambut juga memberi warna pada kulit.

Sedangkan melanin ini sendiri terdiri dari dua jenis yaitu melanin gelap (eumelanin) dan melanin terang (phaeomelanin).

Pigmen melanin ini bertanggung jawab penuh atas warna rambut. Hal ini karena setiap rambut mempunyai akar yang berisi struktur kulit kepala yang dinamakan folikel rambut. Nah, folikel rambut ini mengandung melanosit yang tugasnya adalah menghasilkan pigmen melanin tersebut.

Pada satu kulit kepala manusia pada umumnya terdapat rata-rata 100.000 hingga 150.000 folikel. Jadi, melanin ini dibuat dalam sebuah sel pigmen yang bernama melanosites. Silahkan baca juga Cara Menghitamkan Rambut dengan Mudah dan Alami.

Nah, pada proses pembentukan rambut, melanosites tersebut berperan penting dalam menyuntikkan melanin pada sel yang mengandung keratin (protein yang berperan dalam pembentukan kuku, rambut dan kulit manusia).

Dengan demikian, faktor-faktor yang dapat menyebabkan perbedaan warna rambut atau gelap dan terangnya rambut seseorang diantaranya adalah faktor genetik, hormon, usia, iklim, polusi, serta paparan zat kimia.

Dan seiring waktu berlalu, sel-sel pigmen yang ada di dalam folikel rambut akan berkurang sehingga menyebabkan rambut tidak lagi memiliki melanin yang banyak. Pada kondisi inilah yang akan mengubah warna rambut dari warna hitam menjadi warna abu-abu atau putih.

Sehingga bisa di tarik kesimpulan bahwa rambut uban bisa muncul dikarenakan kurangnya zat melanin.

Lantas, Bolehkah mencabut rambut uban? 

Mencabut rambut uban berarti juga mengurangi jumlah rambut di kepala, sehingga akan memberi kesan rambut menjadi tipis. Disamping itu juga rambut uban akan lebih terlihat lagi. Sebagian besar cara yang dilakukan orang pada umumnya untuk menyembunyikan rambut uban adalah dengan cara mengecat rambut.

Jika cara menyembunyikan rambut dengan cara mengecatnya, usahakan agar pewarna rambut yang digunakan adalah aman untuk rambut dan tidak merusak struktur rambut maupun akar rambut.

Selain itu pilih dan gunakan shampo atau conditioner yang ramah pada rambut sehingga dapat menjaga kondisi rambut agar tetap terlihat sehat bercahaya serta untuk menghindari gangguan rambut lainnya. Silahkan baca juga Cara Alami Mengatasi Rambut Beruban di Usia Remaja.

Meskipun pada umumnya setiap orang akan mempunyai rambut uban, namun datangnya rambut uban pertama kali setiap orang berbeda-beda waktunya. Banyak pengaruh munculnya rambut uban lebih cepat antara lain yaitu pengaruh genetik, punya penyakit anemia, gangguan metabolisme, menopause dini dan juga merokok.

Dan jika kita bertanya bolehkah mencabut rambut uban, jawabannya adalah sebaiknya rambut uban tersebut jangan di cabut. Alasannya adalah karena rambut ini tumbuh di atas folikel yang jika rambut uban di cabut akan dapat merusak folikel tersebut. Selain itu, mencabut rambut uban juga dapat merusak saraf-saraf dan juga akar rambut.

Jika sampai akar rambut ini rusak, maka berpeluang akan dapat menimbulkan terjadinya infeksi. Untuk sementara, tampaknya kehadiran dari rambut uban tidak bisa kita hindari. Anggap saja bahwa kehadiran rambut putih atau rambut uban ini sebagai pengingat bahwa kedewasaan kita juga harus ditingkatkan.

Solusinya adalah dengan melakukan pengecatan pada rambut dengan cat rambut yang aman, yang tidak merusak rambut dan tidak menimbulkan iritasi.

Beragam Fakta dan Mitos yang Perlu Diketahui Seputar Rambut Uban 

Mungkin banyak hal yang pernah kita dengar seputar rambut uban ini. Namun yang perlu kita ketahui adalah benar atau salahnya atas informasi tersebut. Fakta dan mitos yang biasa berkembang di masyarakat antara lain :

Perokok aktif lebih berpeluang lebih cepat beruban 
Hal ini benar adanya. Dan menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa perokok aktif berpeluang akan beruban lebih cepat jika dibandingkan dengan perokok pasif.

Kemunculan rambut uban karena kekurangan vitamin B5 
Hal ini juga benar. Pada umumnya rambut uban yang muncul ketika usia dikisaran 35 tahun disebabkan karena kekurangan asupan vitamin B5. Makanan yang mengandung vitamin B5 antara lain jamur, telur, daging ayam, daging sapi, dan lain-lain.

Apakah rambut uban dapat berubah menjadi hitam kembali? 

Sampai saat ini belum ada ahli atau penelitian yang mendukung asumsi ini. Dengan demikian berarti jika rambut uban sudah muncul maka rambut tersebut akan tetap seperti itu.

Dengan mencabut rambut uban akan membuat uban muncul lebih banyak Anggapan yang seperti ini salah karena rambut kita tumbuh pada satu folikel. Silahkan baca juga Cara Alami Mengatasi Ketombe Yang Membandel Dengan Cepat.

Dengan demikian tidak ada pengaruhnya bagi rambut yang lainnya karena satu rambut dengan rambut lainnya berbeda folikel. Dan rambut uban ini muncul karena pigmen dalam folikelnya tersebut telah mati.

Meskipun kita mencabut rambut uban tadi, maka nantinya rambut yang tumbuh baru akan berwarna putih juga karena memang pigmen untuk warna hitam sudah tidak dihasilkan lagi. Namun bukan berarti jika dengan mencabutnya, kemudian akan muncul rambut uban lainnya.

Sekali lagi perlu diperhatikan dalam mencabut rambut uban, karena dengan mencabut uban berpotensi untuk menimbulkan infeksi, luka, atau bahkan kebotakan rambut. Tentunya sahabat mommy Baiti tidak mau mengalami hal seperti ini ya.

Rambut uban hanya dimiliki oleh orang yang sudah tua saja 

Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar karena rambut uban bisa muncul pada siapa saja tanpa batasan usia seseorang. Karena rambut uban ini terbentuk disebabkan karena pada rambut kekurangan pigmen melanin yang memberikan warna rambut hitam.

Rambut uban lebih kuat daripada rambut hitam 

Pernyataan ini juga tidak sepenuhnya benar. Karena ketebalan atau diameter rambut adalah sama saja antara ketika waktu masih berwarna hitam dengan yang sudah berwarna putih atau uban. Mungkinanggapan seperti ini dikarenakan efek dari pantulan cahaya yang memberikan efek rambut uban terlihat lebih lebat dan tebal.

Tips mencegah rambut uban muncul di usia muda 

Seperti uraian di atas bahwa rambut uban bisa mendatangi siapa saja tanpa harus menunggu di usia tua. Sahabat Mommy Baiti yang masih muda atau remaja berikut sedikit tips agar rambut uban tidak muncul di usia dini, antara lain :

1. Memperhatikan pola makan
Menjaga kesehatan adalah hal penting bagi siapa saja, termasuk juga dengan memperhatikan pola makan. Karena asupan makanan inilah yang akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Asupan makanan yang kaya vitamin dan mineral seperti zat besi, natrium dan vitamin B jangan sampai terlewatkan dalam menu harian kita.

Juga tidak ketinggalan mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran yang kaya akan zat antioksidan, agar dapat membantu memerangi radikal bebas yang bisa menyebabkan uban prematur.

2. Berikan pijat lembut pada rambut
Mempunyai rambut yang hitam, tebal, dan sehat adalah impian semua orang. Untuk itu rawatlah rambut kita dengan sebaik mungkin agar rambut tetap sehat dan bercahaya.

Caranya adalah dengan memberikan pijatan yang lembut pada rambut dengan memberikan minyak kelapa untuk merawatnya. Silahkan baca juga Inilah Alasan Mengapa Orang Melakukan Program Diet.

Sahabat Mommy Baiti, jika ada pertanyaan mengenai bolehkah mencabut rambut uban maka jawabannya adalah tidak boleh atau tidak dianjurkan.

Hal tersebut karena dapat menimbulkan infeksi, luka, dan kerusakan folikel rambut. Untuk itu sebaiknya rawatlah rambut sejak dini agar tetap hitam dan sehat. Semoga bermanfaat.