Manfaat puasa untuk kesehatan Tubuh



Manfaat puasa untuk kesehatan ternyata banyak sekali dan hal ini layak untuk diketahui oleh sahabat Mommy Baiti. Mengapa? Karena kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dinilai dengan apapun termasuk dengan harta benda sekalipun. Untuk apa banyak harta jika tubuh tidak sehat? Untuk itu ada baiknya jika kita sepakat bahwa lebih baik banyak harta namun tubuh juga sehat. Betul?

Agar supaya tubuh tetap sehat, maka kita perlu memberikan kesempatan pada tubuh untuk untuk istirahat untuk sementara waktu. Misalnya saja rutinitas yang dilakukan sehari-hari adalah makan, minum, atau aktifitas rutin lainnya.


Nah, dengan berpuasa akan menahan lapar dan dahaga serta menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Salah satu manfaat puasa adalah dapat mencegah penyakit yang ditimbulkan karena pola makan yang berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik, termasuk juga makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan seseorang.

Hal ini karena Kelebihan gizi atau overnutrisi dapat mengakibatkan kegemukan atau obesitas. Obesitas ini dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes melitus), dan lain-lain. Silahkan baca juga Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Diabetes Melitus.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan


Puasa adalah suatu tindakan yang tidak melakukan kegiatan makan dan minum. Selain tidak makan dan minum juga tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan puasa. Puasa di mulai saat imsyak dan diakhiri saat terbenamnya matahari atau saat magrib. Dan manfaat puasa untuk kesehatan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Dapat menurunkan glukosa dan berat badan 


Manfaat puasa yang telah teruji secara ilmiah adalah dapat menurunan berat badan. Hal ini karena pada saat berpuasa, usus-usus yang ada di dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa makanan yang mengendap. Nah, makanan yang mengendap inilah yang biasanya jika berlebihan akan menimbulkan lemak pada perut. Silahkan baca juga Inilah Cara Diet Alami dan Sehat Yang Wajib di Coba.

Selain puasa mampu menurunkan berat badan, puasa juga dapat mempengaruhi terhadap tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh. Manfaat puasa lainnya adalah dapat mengurangi tekanan darah, mengatur trigliserida dan kolesterol jahat, dan mengatasi resistensi insulin. Dengan menjalankan puasa yang sehat membantu mengatur kadar gula dan kadar insulin di dalam tubuh.

2. Dapat Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 


Kadang kita mendengar anggapan bahwa saat berpuasa dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, tidak bertenaga, dan mudah menjadi sakit. Namun ternyata dengan berpuasa justru dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Sebuah Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kondisi ini berpengaruh besar terhadap sistem imunitas tubuh.

3. Baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah 


Fakta yang perlu diketahui adalah bahwa pada saat kita berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL dan penurunan LDL. Sehingga dengan penurunan LDL ini akan sangat membawa manfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah kita.

4. Meningkatkan kemampuan berpikir yang lebih tajam 


Saat berpuasa biasanya membuat pikiran menjadi lebih tenang, namun biasanya juga diikuti dengan pikiran yang juga melambat. Namun, pada sebuah penelitian pikiran yang melambat ini justru membuat kita mampu berpikir lebih tajam.

5. Mengurangi risiko penuaan dan penyakit berbahaya 


Jumlah radikal bebas menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan stres oksidatif sehingga bisa menyebabkan proses oksidasi sel-sel normal menjadi semakin tinggi dan akan menimbulkan kerusakan. Kondisi yang demikian akan dapat memicu penyakit kronis seperti kanker, diabetes, stroke, Alzheimer, dan Parkinson. Dengan berpuasa maka terjadi peningkatan produksi protein yang diproduksi otak. Protein ini membantu peremajaan dan regenerasi sel induk otak dan meningkatkan fungsi memori dan motor serta memproduksi senyawa anti-inflamasi, tanpa risiko kekurangan gizi. Sehingga dengan demikian dengan berpuasa dapat menunda timbulnya penyakit Parkinson maupun Alzheimer.

6. Dapat menyehatkan ginjal 


Fungsi ginjal kita adalah sebagai penyaring zat yang berbahaya, baik dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Namun, manfaat puasa kok justru dapat menyehatkan ginjal? Ternyata fungsi ginjal ini akan dapat semakin optimal jika kekuatan osmosis urin mencapai 1000 hingga 12.000 ml osmosis/kg air. Artinya adalah penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif dalam meningkatkan kinerja ginjal tersebut.

7. Dapat membakar lemak jahat di dalam tubuh 


Saat berpuasa, kalori yang terbakar akan menjadi lebih banyak dari kalori yang dikonsumsi, apalagi jika saat berpuasa aktivitas tetap dilakukan seperti biasa. Setidaknya dalam delapan jam sehari, gula dan karbohidrat yang dikonsumsi pada hari itu akan terbakar habis. Seanjutnya tubuh akan memanfaatkan lemak untuk mendapatkan energi baru. Namun, penting untuk diingat bahwa makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka harus mengandung campuran protein, lemak dan karbohidrat secukupnya.

8. Dapat meningkatkan hormon pertumbuhan manusia 


Pada sebuah penelitian di New Orleans, menyatakan bahwa manfaat puasa dapat memicu kenaikan hormon pertumbuhan manusia (HGH). Saat berpuasa akan ada kenaikan HGH sebesar 1300 persen pada wanita, dan kenaikan 2000 persen pada pria. Pentingkah kenaikan HGH ini? Fungsi HGH adalah membantu menurunkan berat badan tanpa kehilangan otot. Hormon ini juga membuat panjang umur dan mengatur metabolisme.

9. Dapat Meremajakan sel dan meningkatkan fungsi organ tubuh 


Manfaat puasa lainnya adalah saat berpuasa organ tubuh berada pada posisi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbarui sel-selnya. Selain itu juga puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.

10. Dapat meningkatkan fungsi organ reproduksi 


Sesuai dengan uraian di atas bahwa dengan berpuasa menyebabkan adanya peremajaan pada sel-sel yang berpengaruh pada sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. Hormon yang berkaitan dengan masalah perilaku seksual tidak hanya dihasilkan oleh organ indung telur (estrogen) dan testis (testosteron), tetapi juga oleh kelenjar hipofisis.


Mengatasi rasa lemas dan tidak berstamina saat berpuasa 


Wajar saja ketika berpuasa menjadi lebih lesu, lemas, atau stamina menurun dibandingkan dengan saat tidak berpuasa. Namun agar puasa bisa berjalan dengan lancar, sahabat Mommy Baiti dapat memanfaatkan bahan alami seperti jahe, madu, temu lawak, kencur, dan lainnya. Apa saja sih manfaatnya? Yuuk kita simak :

1. Kurma 


Khasiatnya adalah dapat meningkatkan stamina dan energi serta mencegah dan mengatasi anemia (kurang darah). Selain itu juga dapat untuk melancarkan pembuangan, sebagai penenang (merileksasi sel otot tubuh yang tegang).

2. Jahe 

Khasiatnya adalah dapat meningkatkan stamina, mengatasi perut kembung, masuk angin, mual, muntah, sakit kepala, pusing, demam, dan lain-lainnya. 

3. Madu 

Khasiatnya adalah dapat meningkatkan stamina selama berpuasa agar kita dapat meraih manfaat puasa untuk kesehatan kita. Di samping itu madu juga dapat mempertahankan stabilitias tubuh agar tetap sehat dan bugar, melancarkan proses metabolisme, untuk kecantikan dan awet muda, mencegah gangguan pencernaan, dan lain-lain 

4. Temulawak 
Khasiatnya adalah meningkatkan stamina tubuh/tonikum, kurang darah, radang lambung/maag, perut kembung, dan lain-lain. 

5. Kunyit 
Khasiatnya adalah dapat memperlancar pengeluaran empedu sehingga akan mengurangi perut kembung dan mual. 


Sebaiknya sebelum berpuasa dianjuran untuk makan sahur terlebih dahulu agar selama berpuasa kondisi tubuh tetap fit dan prima. Jika kondisi tubuh tetap prima maka akan lancar juga dalam menjalankan rutinitas harian dan juga ibadah. Dengan kata lain makan sahur ini adalah untuk persiapan agar selama berpuasa produktivitas kerja dan aktivitas sehari-hari tidak terganggu. 

Makan yang seimbang berarti bahwa mengkonsumsi makanan yang tidak kekurangan namun juga tidak berlebihan. Oleh karena itu baik makan sahur maupun saat berbuka, janganlah makan yang berlebihan. Namun yang terpenting adalah makanan yang kita konsumsi cukup akan cakupan zat gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Silahkan baca juga Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Dan untuk memperoleh manfaat puasa yang maksimal, saat berpuasa tetap lakukanlah olahraga. Lakukanlah olahraga-olahraga yang ringan saja agar dapat membakar lemak tubuh. Selamat berpuasa.