Cara Menghitamkan Rambut dengan Mudah dan Alami



Cara Menghitamkan Rambut dengan Mudah dan Alami. Memiliki rambut yang hitam, lebat, dan sehat adalah dambaan setiap orang, tidak hanya bagi perempuan saja namun juga laki-laki.

Ibarat kata rambut adalah mahkota yang sangat mempengaruhi gaya berpenampilan. Hal inilah yang menjadikan orang semakin percaya diri ketika memiliki rambut yang hitam dan lebat. 

Bagi orang Asia atau Indonesia umumnya memiliki rambut berwarna hitam karena adanya pigmentasi secara alami. Namun karena disebabkan oleh beberapa faktor, rambut hitam ini bisa berubah warna dengan sendirinya.

Faktor yang mempengaruhi berubahnya warna rambut ini bisa karena faktor usia, tingkat stress yang dialami, gizi buruk, salah perawatan, atau merupakan gejala suatu penyakit. 

Penyebab Rambut Rusak 

Banyak faktor yang dapat menyebabkan berubahnya warna rambut, misalnya saja berubah menjadi warna putih atau uban. Silahkan baca juga bolehkah mencabut rambut uban?

Sekarang ini rambut beruban tidak lagi menandakan bahwa usia telah tua, namun bisa jadi disebabkan karena kesalahan dalam perawatan rambut sebelumnya. Dan penyebab rusaknya rambut hitam diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Penggunaan shampo yang tidak cocok 

Beberapa shampo yang beredar dipasaran mengandung banyak bahan kimia, misalnya alcohol yang memiliki sifat panas dan dapat melunturkan pigmen warna hitam pada rambut. 

2. Sering terpapar sinar matahari 

Sinar matahari mengandung UVA dan UVB yang jika rambut sering terkena sinar matahari secara langsung bisa berakibat rambut menjadi merah, atau bahkan rusak. Hal tersebut bisa terjadi karena pada saat rambut sering terkena sinar matahari maka pigmen rambut akan terurai oleh panasnya. 

3. Penggunaan cat rambut 

Seringnya menggunakan cat rambut yang selain warna hitam juga bisa menjadikan rambut menjadi kusam dan rusak, apalagi dengan menggunakan cat rambut yang mengandung bahan berbahaya bagi rambut. 

4. Rebonding rambut 

Penggunaan hairdryer dan rebonding yang berlebihan pada rambut dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Hal tersebut dikarenakan susunan pigmen dan sel alami rambut akan terganggu yang dapat mengakibatkan masalah pada rambut seperti rambut rontok, rambut merah, mudah patah, uban, dan sebagainya. 

5. Penggunaan gel rambut 

Biasanya pegguna gel rambut adalah para laki-laki dengan tujuan untuk mempermudah penataan rambut agar terlihat lebih rapi. Namun pemilihan gel rambut yang tidak cocok dengan rambut bisa menyebabkan rusaknya rambut hitam.

Perawatan rambut Hitam 

Rambut yang hitam dan lebat memang menarik, oleh karena orang akan melakukan apapun juga untuk menjaga dan mendapatkan rambut tetap hitam berkilau.

Meskipun saat ini bisa dengan mudah menemukan gerai atau salon perawatan rambut, namun tahukah Anda bahwa kesalahan dalam perawatan rambut bisa mengakibatkan rambut menjadi rusak atau berubah warna?

Penggunan shampoo yang tidak tepat juga berbahaya bagi kesehatan rambut, apalagi shampo yang mengandung bahan-bahan kimia.

Oleh karena itu, menghitamkan rambut dengan cara alami adalah sebagai pilihan yang terbaik agar rambut tidak rusak dan tetap sehat berkilau. Bagaimana cara menghitamkan rambut secara alami?

Cara Menghitamkan Rambut 

Cara menghitamkan rambut secara alami sebenarnya sangatlah mudah. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah diketemukan di sekitar kita bisa untuk menghitamkan rambut berkilau. Kuncinya adalah telaten dan rutin mengunakannya, karena yang instan itu biasanya tidak bagus untuk kesehatan rambut.

Selain itu, biaya perawatan rambut dengan cara alami tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan jika kita melakukan perawatan rambut di salon-salon terkemuka. Dengan perawatan alami, rambut sehat hitam berkilau bisa di dapat tanpa membuat jebol dompet. Bagaimana cara menghitamkan rambut secara alami? Simak terus yang berikut ini ya.

Cara Menghitamkan Rambut dengan Mudah dan Alami 

Tidak peduli tua maupun muda sangatlah memperhatikan keindahan rambut. Untuk menjaga agar rambut tetap hitam dan sehat dilakukan berbagai cara perawatan. Perawatan rambut dengan produk yang mengandung bahan kimia sangat membahayakan bagi kondisi rambut kita.

Namun dengan perawatan rambut secara alami dipercayai akan dapat menjaga rambut tetap sehat, hitam dan berkilau. Bahan-bahan alami ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Jika Anda tertarik mencoba cara menghitamkan rambut secara alami bisa dengan cara berikut ini :

1. Lidah Buaya 

Lidah buaya atau biasa di sebut juga dengan nama aloe vera ini sudah menjadi rahasia umum dalam hal perawatan rambut karena dapat menyehatkan dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu lidah buaya juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut sehingga lebih berkilau dan bercahaya.

Caranya sangat mudah yaitu ambil gel atau lender lidah buaya untuk dibalurkan merata pada rambut kemudian diamkan kurang lebih 30 menit agar nutrisinya terserap secara sempurna. Setelah selesai bilaslah rambut menggunakan air bersih. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Teh Hitam 

Teh hitam selain nikmat untuk dikonsumsi ternyata juga sangat berguna untuk merawat rambut hitam dan mencegah rambut beruban dan rusak. Caranya adalah dengan menyeduh teh hitam dan tunggulah beberapa saat hingga seduhan teh tersebut telah dingin.

Kemudian celupkan atau rendam rambut pada air seduhan teh tadi dan diamkan sejenak. Setelah di rasa cukup barulah bilas rambut dengan menggunakan air bersih.

3. Minyak Kemiri 

Kemiri adalah salah satu bumbu dapur untuk memasak yang mudah ditemukan. Namun manfaat lain dari kemiri ini adalah bisa membuat rambut semakin hitam dan sehat dengan memanfaatkan minyaknya.

Selain bagus untuk menghitamkan rambut, minyak kemiri sangat cocok digunakan bagi yang mengalami masalah kerontokan rambut. Caranya adalah dengan mengoleskannya pada rambut keseluruhan dan dilakukan secara rutin.

4. Minyak Zaitun 

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun. Dan minyak zaitun ini sangat bagus untuk membuat hitam rambut secara alami.

Caranya sangat mudah dan praktis yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya hingga ke seluruh rambut kemudian mendiamkannya selama beberapa saat. Setelah itu bilaslah dengan menggunakan air bersih. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Air teh basi 

Mungkin kita akan membuang begitu saja jika ada sisa air teh yang sudah basi. Namun ternyata ada manfaat yang luar biasa di balik air teh basi ini. Air teh basi mengandung senyawa zinc, kalsium, vitamin, dan mineral sehingga sangat bermanfaat untuk menormalkan kembali pigmen rambut.

Selain itu air teh basi juga cocok untuk mencegah munculnya uban secara alami karena mengandung mineral essens. Adapun cara menghitamkan rambut dengan air teh basi adalah sebagai berikut :
  • Seduhlah secangkir teh tanpa gula 
  • Diamkan selama semalam 
  • Pagi harinya gunakan seduhan tersebut untuk membasahi rambut secara keseluruhan 
  • Lakukan pijatan lembut selama kurang lebih lima menit agar meresap, lalu diamkan selama 25 menit.
  • Setelah selesai bilaslah rambut dengan keramas dan menggunakan air bersih 


6. Kopi 

Suka dengan minuman kopi? Kopi memang sangat nikmat di segala situasi. Namun tahukah Anda bahwa selain nikmat kopi juga mempunyai nilai manfaat lainnya. Kandungan kafein pada kopi tergolong tinggi yang dipercayai dapat memperpanjang usia seseorang.

Tidak hanya itu, kopi juga bisa di buat masker untuk merawat wajah secara alami dana man meskipun digunakan secara rutin. Dan juga keberadaan kafein dan senyawa lain pada kopi terbukti cukup mujarab untuk menghitamkan rambut. Tertarik memanfaatkan kopi untuk menghitamkan rambut secara alami? Caranya adalah sebagai berikut :
  • Seduhlah kopi seperti biasanya 
  • Kemudian biarkan seduhan kopi tersebut hingga dingin 
  • Jika sudah dingin, saring kopi tersebut agar air kopi dan ampasnya terpisah 
  • Lalu gunakanlah air kopi tersebut untuk mencuci rambut secara merata 
  • Setelah itu bilaslah rambut memakai shampo dan air bersih. 



7. Cokelat 


Coklat identik dengan rasa manis dan simbol kasih sayang. Coba perhatikan saja saat hari valentine tiba, maka akan banyak varina coklat yang “berseliweran”. Menjadi penikmat coklat boleh-boleh saja, asal tidak berlebihan karena dikhawatirkan akan mengakibatkan obesitas.

Nah, bukan itu saja karena ternyata coklat ini juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut secara alami lho. Caranya mudah saja yaitu :
  • Ambilah cokelat bubuk dengan air secukupnya kemudian campurkan keduanya 
  • Aduk merata hingga membentuk seperti pasta 
  • Kemudian oleskan secara merata ke seluruh rambut 
  • Dan diamkan selamat 30 menit dengan ditutup menggunakan handuk basah yang hangat 
  • Jika sudah 30 menitan, kemudian bilaslah masker cokelat pada rambut tadi hingga bersih menggunakan air dingin 
  • Agar rambut dapat lebih berdih bisa menggunakan shampoo dan juga kondisioner 
  • Untuk hasil yang maksimal, ulangi cara ini dengan rutin. 

8. Biji pepaya 

Pada umumnya biji pepaya akan di buang begitu saja setelah mengupas buahnya. Nah agar tidak terbuang sia-sia, kita dapat memanfaatkan biji pepaya untuk menghitamkan rambut secara alami lho. Baca juga : Cara memerahkan bibir secara alami.

Selain berguna untuk menghitamkan rambut, biji pepaya juga terbukti bagus untuk melembabkan rambut dan mencegah rambut beruban. Penasaran? Begini caranya menghitamkan rambut dengan mudah dan alami menggunakan biji pepaya :
  • Siapkan biji pepaya kurang lebihnya 30 butir
  • Kemudian sangrai biji pepaya tersebut tanpa menggunakan minyak hingga mengering
  • Selanjutnya tumbuk biji-biji tadi sampai halus
  • Setelah itu campurkan minyak kelapa hingga membentuk adonan mirip shampo
  • Oleskan adona tadi pada rambut secara merata 
  • Lakukan pijatan ringan selama kurang lebih 5 menitan dan diamkan selama 30 menit
  • Jika sudah, rambut dapat dibersihkan menggunakan air bersih


9. Buah alpukat 

Pastinya kita sudah tidak asing dengan buah alpukat. Selain rasanya yang enak juga mudah ditemukan di sekitar kita. Nah manfaat lain dari alpukat ini adalah dapat dimanfaatkan untuk menjaga dan merawat rambut hitam, seperti yang telah dilakukan oleh para ratu kerajaan jaman dahulu. Baca juga Cara memerahkan bibir secara alami.

Alpukat mempunyai kandungan yang cukup efektif untuk menghitamkan rambut dengan mudah dan alami sehingga menjadi lebih sehat, lembab, dan hitam. Cara menghitamkan rambut secara alami menggunakan alpukat adalah sebagai berikut :
  • Ambillah satu buah alpukat segar kemudian kerok dagingnya dengan menggunakan sendok
  • Kemudian campurkan daging buah alpukat tersebut dengan air perasan jeruk nipis/lemon
  • Aduklah hingga merata hingga membentuk pasta
  • Pastikan rambut sudah dalam keadaan bersih, dan olehkan adonan tadi secara merata pada rambut
  • Jika sudah rata, tutuplah rambut menggunakan handuk basah selama 30 menit
  • Kemudian bilas rambut dengan menggunakan air bersih
  • Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

10. Kelapa hijau 
Pada umumnya kita mengenal kelapa hijau adalah airnya yang sangat segar dan nikmatnya daging kelapa mudanya.

Namun dibalik itu ternyata air kelapa hijau ini juga bisa untuk menghitamkan rambut dengan mudah dan alami, caranya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan satu buah kelapa hijau yang masih tergolong cukup segar dan garam dapur secukupnya
  • Parut kelapa tanpa kulit dengan menggunakan alat, apabila tidak ada kamu bisa pergi ke pasar.
  • Setelah itu campur halusan kelapa tadi dengan garam dapur sampai merata
  • Kemudian peras hingga menghasilkan sari kelapa (mirip santan)
  • Oleskan air perasan tersebut keseluruh bagian rambut 20 menit
  • lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Untuk hasil maksimal, lakukanlah selama 7 hari berturut-turut.


11. Daun kembang sepatu

Kembang sepatu tidak hanya cantik untuk menghias taman, namun juga berkhasiat untuk menghitamkan rambut secara alami. Hal ini dikarenakan pada kembang sepatu mempunyai kandungan mineral alami yang cukup lengkap, seperti zat besi, kalsium, kalium, dan masih banyak lagi.

Kandungan-kandungan mineral inilah yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan pigmen alami rambut. Dengan penggunaan dan perawatan secara rutin bisa membuat rambut lebih sehat dan hhitam. Cara menghitamkan rambut dengan mudah dan alami dengan menggunakan daun kembang sepatu adalah sebagai berikut :
  • Ambillah sebanyak 15 lembar daun kembang sepatu segar
  • Cuci sampai bersih daun kembang sepatu sambil diremas-remas hingga gelnya keluar 
  • Sebelumnya bersihkan rambut bisa juga dengan keramas 
  • Kemudian oleskan remasan daun tadi secara merata keseluruh rambut dan diamkan selama 30 menit
  • Setelah itu rambut bisa di bilas dengan menggunakan air bersih.

12. Buah mangga 

Musim buah mangga adalah salah satu musim buah yang paling dinantikan. Buah mangga selain nikmat juga banyak vitamin. Selain itu, ternyata buah mangga yang masih mentah sangat berkhasiat untuk menghitamkan rambut secara alami.

Dan agar hasilnya bisa lebih maksimal, manfaatkan juga daun mangga yang masih segar. Cara menghitamkan rambut secara alami menggunakan buah mangga adalah sebagai berikut :
  • Ambillah buah mangga yang masih mentah dan daunnya secukupnya
  • Kemudian haluskan keduanya dengan cara menumbuknya atau bisa juga menggunakan blender
  • Tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta
  • Lalu oleskan secara merata keseluruh bagian rambut
  • Tutuplah rambut dengan menggunakan handuk hangat selama 30 menitan
  • Setelah selesai bilas rambut dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Ternyata banyak cara menghitamkan rambut dengan mudah dan alami. Hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan dan bisa dilakukan sendiri sehingga akan lebih hemat biaya.

Karena bersifat alami tentunya akan lebih aman daripada harus melakukan perawatan rambut pada salon yang menggunakan bahan-bahan kimia. ilahkan baca juga Cara alami mengatasi rambut beruban di usia remaja.

Dari sekian banyak cara menghitamkan rambut dengan mudah dan alami, Anda bisa memilih salah satunya. Satu hal yang terpenting adalah melakukannya secara rutin untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba.