Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami dengan Cepat dan Mudah

Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami dengan Cepat dan Mudah. Memiliki bibir merah yang menawan adalah dambaan setiap orang, khususnya kaum perempuan. Mengapa setiap orang? Karena ada sebagian laki-laki yang juga menginginkan mempunyai bibir merah, dalam artian tidak merah merona. Mengapa demikian?

Karena dengan berbekal bibir yang berwarna merah dipercayai akan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Lalu bagaimana jika kondisi bibir saat ini berwarna hitam? Bagaimana caranya memerahkan bibir secara alami?

Perlu diketahui bahwa area bibir ini memiliki kulit yang lebih tipis jika dibanding dengan kulit di bagian tubuh lainnya, sehingga memungkinkan untuk terlihatnya pembuluh darah di bagian tersebut. Nah, dengan adanya pembuluh darah yang terlihat inilah yang kemudian membuat bibir bisa berwarna merah dan indah. Mungkin Anda menyukai Cara diet secara alami dan sehat.

Di samping itu, kulit bibir juga merupakan bagian kulit yang unik, karena kulit pada bibir ini tidak dilengkapi dengan kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembabannya. Kebiasaan Memerahkan Bibir Bagi perempuan dalam bersolek tentunya ada yang terasa kurang jika tanpa memerahkan bibirnya.

Salah satu cara instan yang dipakai untuk memerahkan bibir adalah dengan menggunakan pemerah bibir atau yang biasa di sebut lipstik.

Lipstik ini seakan menjadi barang wajib yang mendiami tas perempuan untuk keperluan make-up. Dengan menggunakan lipstik ini, maka dalam hitungan detik bisa merubah warna bibir menjadi lebih merah.

Namun sesuatu yang instan tentunya juga mempunyai efek samping, termasuk juga lipstik karena lipstik pada umumnya terbuat dari bahan kimia. Efek samping yang timbul dikarenakan penggunaan lipstik diantaranya adalah sebagai berikut :

Warna merah hasil dari pemakaian lipstik hanya bersifat sementara. Warna bibir akan kembali seperti sediakala atau bahkan terlihat kusam dan gelap ketika kita membersihkan bibir dari lipstik.
Terlalu sering menggunakan lipstik beresiko akan membuat bibir menjadi cepat kering dan mudah pecah.

Sebagian besar lipstik terbuat dari bahan kimia, meskipun ada yang mengklaim bahwa ada beberapa produk lipstik tertentu tidak menggunakan bahan kimia. Nah dengan penggunaan bahan kimia ini dikhawatirkan dapat memicu timbulnya kanker.

Penggunaan lipstik yang sembarangan dan tidak cocok dengan kondisi kulit bibir akan dapat menimbulkan alergi.



Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami


Berbahagialah Anda jika secara natural telah memiliki bibir berwarna merah. Namun jangan berkecil hati bagi Anda yang saat ini memiliki bibir berwarna gelap atau hitam.

Rawatlah kondisi bibir agar terhindar dari kondisi kering , kasar, dan pecah-pecah karena jika demikian maka akan membuat bibir menjadi lebih terlihat kusam dan gelap. Lalu, bagaimana cara memerahkan bibir bagi pemilik bibir berwarna gelap atau hitam?

Memerahkan bibir hitam secara alami lebih dianjurkan karena hampir tidak memiliki efek samping yang merugikan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memerahkan bibir secara alami dengan mudah dan cepat, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi yang selama ini kita ketahui berguna untuk membersihkan dan merawat gigi ternyata mempunyai manfaat yang lain juga lho yaitu untuk memerahkan bibir. Pasta gigi umumnya mengandung magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral alami lainnya sehingga cukup baik untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit baru pada bibir.

Sehingga dengan demikian pasta gigi ini cukup manjur untuk memerahkan bibir hitam. Cara menggunakannya pun juga mudah yaitu :
  • Oleskan pasta gigi merata ke seluruh kulit bibir setiap kali selesai mandi
  • Diamkan kondisi demikian selama kurang lebih 30-60 menit
  • Selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat
  • Untuk hasil yang lebih maksimal, penggunaan pasta gigi ini juga bisa dilakukan sebelum tidur hingga pagi harinya baru membilasnya.

2. Menggunakan madu dan gula

Selain pasta gigi, memerahkan bibir juga bisa dengan memanfaatkan madu dan gula. Warna gelap pada bibir bisa dikarenakan adanya tumpukan sel-sel kulit mati yang berada pada permukaan kulit bibir. Dengan membersihkan sel-sel kulit mati tersebut akan menghasilkan permukaan bibir yang merah merona.

Jika tidak ada sel kulit mati pada kulit bibir, maka jaringan epidermis akan lebih terangsang untuk membentuk kolagen baru sehingga juga bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan dini. Jika tertarik memerahkan bibir dengan menggunakan madu dan gula, caranya adalah sebagai berikut :
  • Campurkan gula pasir dan madu secukupnya
  • Gunakan campuran tersebut setelah mandi
  • Gosokkan merata secara perlahan di bagian permukaan bibir
  • Lakukan penggosokan selama kurang lebih 10-15 detik
  • Biarkan hingga mengering
  • Kemudian bilaslah secara lembut
  • Untuk hasil yang lebih optimal, bisa menggunakan lip balm pada bibir.

3. Menggunakan Minyak zaitun

Minyak zaitun mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap seperti antioksidan, mineral alami, vitamin E sehingga sangat bagus untuk keperluan kesehatan dan kecantikan kulit. Jika ingin memerahkan bibir secara alami Anda bisa menggunakan minyak zaitun ini, dan caranya adalah sebagai berikut :
  • Pilihlah minyak zaitun dengan kualitas terbaik
  • Ambil 2-3 sendok makan minyak zaitun
  • Kemudian oleskan secara merata keseluruh bagian bibir
  • Sambil meratakannya bisa dengan menggosok dengan lembut
  • Diamkan selama 15-20 menit sampai meresap sempurna
  • Jika sudah meresap, bilaslah sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

4. Menggunakan Alpukat

Suka jus alpukat? Atau suka memakan buah alpukat secara langsung dengan ditaburi gula? Sangat lezat tentunya. Namun selain enak dan lezat, tahukah Anda bahwa alpukat ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit.

Hal ini dikarenakan alpukat kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan alami sehingga sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Dan manfaat alpukat ada banyak sekali, misalnya untuk menghitamkan rambut, menghaluskan kulit, dan juga untuk memerahkan bibir dengan cepat dengan cara :
  • Ambillah sekitar 50 gram daging buah alpukat segar
  • Kemudian haluskan dan campur dengan minyak zaitun sampai sedikit encer
  • Oleskan secara merata keseluruh bagian bibir
  • Diamkan hingga bibir terasa kaku
  • Setelah itu bilas hingga bersih dengan menggunakan air dingin.

5. Menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis tidak hanya enak dinikmati ketika menggunakannya sebagai wedang hangat, namun juga bermanfaat untuk merawat kulit. Jeruk nipis ini kaya akan kandungan vitamin C dan bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Dengan menggunakan jeruk nipis secara rutin bisa menghasilkan bibir yang merah, caranya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan 2-3 sendok makan perasan nipis 
  • Campurkan dengan sedikit gula kemudian gosokan keseluruh bibir 
  • Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 15 detik 
  • Selanjutnya diamkan selama 30 menit agar lebih meresap 
  • Setelah itu bilaslah menggunakan air hangat 
  • Untuk hasil terbaik bisa menggunakannya sehari 2 kali. 

6. Menggunakan Mentega

Pada sebuah penelitian di Inggris menyatakan bahwa mengoleskan mentega secara rutin sebelum tidur dapat membantu memerahkan bibir 70% lebih cepat. Hal ini karena mentega diperkaya dengan kandungan minyak yang bermanfaat untuk melembabkan bibir.

Caranya cukup mudah yaitu bersihkan bibir terlebih dahulu kemudian oleskan mentega secara merata. Lakukan pijatan lembut di area bibir kemudian biarkan selama semalam. Lakukanlah hal tersebut secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Air mawar

Air mawar mengandung antioksidan alami yang berguna untuk melancarkan sirkulasi darah, mempercepat proses regenerasi sel kulit, serta dipercayai dapat menenangkan pikiran.

Pada jaman dahulu, air mawar ini dimanfaatkan oleh para putri kerajaan untuk mandi pada malam hari. Air mawar ini juga bisa digunakan untuk memerahkan bibir hitam dengan cepat dan alami, caanya adalah sebagai berikut :
  • Rendamlah selama semalam 2-3 bunga mawar yang baru di petik 
  • Kemudian pada pagi harinya oleskan air mawar tadi keseluruh permukaan bibir 
  • Diamkan sampai meresap dengan sempurna 
  • Lakukan setiap sebelum tidur dan setelah mandi untuk hasil yang maksimal. 

8. Menggunakan Kunyit 

Kunyit mempunyai kandungan curcuminoid yang tinggi sehingga dipercayai mampu meningkatkan jumlah kolagen yang ada pada permukaan bibir.

Selain dapat digunakan untuk memerahkan bibir hitam secara alami, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah. Untuk memperoleh hasil yang maksimal sebaiknya dengan memadukan kunyit ini dengan madu, caranya adalah sebagai berikut :
  • Campurlah bubuk kunyit dan madu secukupnya 
  • Aduklah hingga membentuk adonan yang mirip pasta 
  • Kemudian oleskan adonan tadi di permukaan bibir secara merata 
  • Sebaiknya melakukannya setelah mandi dan sebelum bangun tidur.

Hal- hal Yang Perlu di Perhatikaan Saat Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami


Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas maka akan bisa mendapatkan bibir yang merah secara alami, mudah, aman, dan cepat. Kuncinya adalah melakukannya secara rutin. Untuk mempercepat proses memerahkan bibir hitam, ada hal yang harus dilakukan (DO’s) dan jangan dilakukan (DON’T’s), yaitu :

1. Perbanyak minum air putih

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh kita tersusun lebih dari 70% dari cairan. Untuk menunjang proses metabolisme tubuh agar dapat berjalan optimal dan kulit terlihat segar, maka sebaiknya konsumsi air putih sesuai takaran anjuran. Baca juga Manfaat minum air putih untuk kesehatan.

Para ahli telah menyarankan untuk konsumsi air putih minimal 2,5 liter sampai 3 liter per harinya, lebih dari itu akan lebih baik. Jika konsumsi air putih setiap harinya tercukupi, maka bibir akan terlihat lebih segar dan merah merona.

2. Stop merokok

Bagi sebagian orang terutama laki-laki, meroko adalah sebuah aktifitas keseharian yang tidak terlewatkan dan sudah menjadi kebiasaan. Namun dengan merokok ini dapat menjadikan bibir menjadi hitam karena efek dari nikotin yang terkandung didalamnya.

Bahkan nikotin ini bisa menimbulkan warna gelap yang permanen pada bibir. Untuk itu, jika mendambakan bibir merah sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dari mulai sekarang ya.

3. Jangan menjilat bibir

Salah satu hal yang terjadi spontan dan jarang disadari adalah menjilat bibir sendiri dengan tujuan membasahi atau melembabkannya agar tidak kering. Hal tersebut memang bisa langsung membuat bibir menjadi segar dalam seketika.

Namun jika hal ini dilakukan secara terus menerus akan membuat bibir menjadi kusam dan menghitam.

4. Hindari minum soda, kopi, dan alkohol

Secangkir kopi memang sangat mantap untuk dinikmati. Namun efek dari kafein kopi tersebut secara tidak langsung menyebabkan bibir menjadi hitam. Demikian juga dengan soda dan alcohol. Maka dari itu jika mendambakan bibir merah dan tidak gelap atau hitam, hindarilah minum soda, kopi, dan alkohol.

Untuk mengganti minuman-minuman tersebut saat bersantai dengan keluarga atau teman, Anda bisa m mengkonsumsi jus buah segar, seperti buah stroberi atau delima. Buah stroberi maupun delima ini memiliki pigmen alami yang dapat memerahkan bibir hitam.

5. Hindari terkena sinar matahari langsung 

Untuk memerahkan bibir hitam secara alami dapat terganjal jika permukaan bibir sering terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Jika muncul bintik-bintik pada bibir menandakan itu adalah salah satu efek yang ditimbulkandari seringnya terkena paparan sinar matahari (UVA/B).

Untuk melindungi bibir dari sinar matahari ini Anda dapat menggunakan lip blam. Sebaiknya pilihlah lip balm yang berfungsi sebagai tabir surya dengan kandungan minimal SPF 15. Baca juga Cara mengatasi jerawat di wajah.

Memiliki bibir merah secara alami, cepat, mudah, dan murah bukanlah sebuah isapang jempol belaka. Karena ternyata sangat mudah sekali untuk mendapatkan bibir merah secara alami. Beragam tips di atas bisa di coba untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya sesuai dengan anjuran yang telah diterapkan. Silahkan baca juga artikel Cara Menyembuhkan Sariawan.

Dan satu lagi, yaitu jangan mengelupaskan sel kulit mati yang ada di bibir atau saat bibir kering. Karena hal tersebut dapat menimbulkan iritasi, sariawan, dan juga menghitamkan kulit bibir. Sudah siap untuk memerahkan bibir hitam secara cepat dan alami? Semoga bermanfaat ya.