Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat dan Alami



Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat dan aman adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar kita. Menggunakan bahan alami tidak menyebabkan efek samping negatif terhadap kesehatan kita.

Sahaat Mommy Baiti, sariawan adalah suatu keluhan dalam bibir, lidah atau rongga mulut berupa pembengkakan atau peradangan. Bisa terjadi pada area mulut dan juga lidah. Munculnya sariawan biasanya disertai dengan bibir yang kering dan pecah-pecah.

Munculnya sariawan di area mulut sedikit banyak sangat mengganggu karena rasa perih dan sakit. Efeknya adalah makan seenak apapun akan terasa hambar ketika sariawan muncul. Akibatnya nafsu makan dapat menurun akibat dari sariawan ini.

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat dan Alami

Mungkin kita dengan mudah mendapatkan obat sariawan di apotek, namun lebih disarankan menggunakan bahan alami untuk mengatasi sariawan. Di samping aman, mengobati sariawan dengan menggunakan bahan-bahan alami juga mudah dan tidak ribet.

Bahan alami yang digunakan juga mudah didapatkan di sekitar kita sehingga tidak merepotkan. Apa saja bahan alami tersebut? Yuk kita simak :

1. Air kelapa muda 

Manfaat dari air kelapa muda yaitu dapat mendinginkan dan menenangkan saluran pencernaan. Selain itu, dengan mengkonsumsi air kelapa muda secara teratur akan dapat menghilangkan sariawan secara cepat. Langkah ini sangat tepat jika sariawan yang timbul adalah akibat dari panas dalam.

2. Daun jambu biji

Memanfaatkan daun jambu biji untuk mengobati sariawan adalah dengan cara mengunyah daun tersebut. Tentunya daun telah dibersihkan terlebih dahulu ya. Cukup dengan mengunyahnya saja ya, dan tidak menelannya.

Pastikan saat mengunyah, daun jambu biji tersebut mengenai titik sariawan. Jika dirasa sudah cukup segera saja berkumur hingga mulut bersih dari sisa daun jambu biji.

3. Berkumur dengan garam 

Garam yang biasanya digunakan untuk memasak mempunyai sifat anti bakteri dan mempercepat proses penyembuhan. Menggunakan garam untuk mengobati sariawan adalah dengan cara mengoleskan sedikit garam di atas sariawan untuk penyembuhan yang lebih cepat. 

Namun jika ini terasa sangat perih, bisa menggunakan cara yang kedua yaitu dengan membuat larutan garam dengan air hangat kemudian gunakan untuk berkumur-kumur. Ulangi selama 2-3 x sehari hingga sariawan sembuh. 

4. Memperbanyak konsumsi buah 

Mengkonsumsi buah-buahan sangat bagus untuk menjaga kesehatan. Dengan mengkonsumsi buah secara rutin maka dapat membantu dalam menjaga kulit menjadi lebih sehat dan regenerasi sel kulit berjalan lebih cepat. Termasuk juga sel-sel dalam dinding mulut, yang berarti sariawan dapat dihindari dan disembuhkan. 

5. Kopi bubuk 

Caranya adalah dengan menggunakan sedikit bubuk kopi dan oleskan pada bagian yang terkena sariawan. Kemudian biarkanlah dalam  beberapa menit. Setelah itu berkumurlah dengan menggunakan air bersih. Sariawan dapat pulih kurang lebih dalam 2-3 hari. Silahkan baca juga manfaat kopi untuk kesehatan.


6. Madu 

Madu terkenal dengan rasa manis dan segudang manfaatnya. Salah satunya adalah dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Madu memiliki banyak zat yang dibutuhkan tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan sariawan. 

Caranya adalah dengan mengoleskan madu pada titik sariawan dan biarkan dalam beberapa menit. Jika sudah selesai, bersihkan dengan cara berkumur-kumur.

7. Es batu. 

Wow dingin sekali. Nah, karena dingin tersebut es batu dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan mengurangi peradangan akibat dari  sariawan. Letakkan es batu tersebut pada area yang mengalami sariawan selama beberapa menit.

8. Tawas (butiran atau serbuk) 

Mengobati sariawan dengan menggunakan tawas (baik serbuk maupun butiran) adalah dengan cara mengoleskannya pada titik sariawan. Dalam mengoleskannya bisa dengan menggunakan kapas. Lakukan hal ini pagi dan malam hari hingga sariawan hilang. 

9. Yogurt 

Yogurt berguna untuk membantu menjaga keseimbangan bakteri di mulut. Hal ini dapat mempercepat pengobatan serta pencegahan sariawan. 

10. Soda kue

Soda kue tidak hanya berguna untuk membuat kue saja, dan ternyata dapat dimanfaatkan juga untuk mengobati sariawan. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh soda kue dengan segelas air hangat.

Kemudian gunakan untuk berkumur-kumr, jika sudah bisa langsung di buang. Bisa juga dengan mengoleskannya pada titik sariawan. Oiya, air garam dan soda kue dapat membantu penyembuhan mulut dengan mengurangi keasaman dan bakteri pada mulut. 

Cara Mencegah Sariawan 

Sahabat Mommy Baiti, sariawan dapat disebabkan oleh banyak faktor. Hal yang dapat kita lakukan adalah mencegah agar tidak terkena sariawan. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Bersihkan mulut ketika selesai makan
  • Menggunakan sikat gigi yang lembut
  • Menyikat gigi dengan halus dan perlahan
  • Pilihlah pasta gigi atau obat kumur yang tidak mengandung sodium lauryl sulfat karena dapat memicu dan memperparah sariawan.
  • Menmabah konsumsi vitamin B12, mineral, seng, besi, dan asam folat
  • Kunyah makanan secara perlahan, tidak tergesa-gesa

Penyebab Terjadinya Sariawan

Kadang kita tidak sadar tiba-tiba sariawan sudah menghiasi mulut atau lidah kita. Sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya sariawan. Nah agar kita tidak terkena sariawan, berikut ini penyebab sariawan yaitu :
  • Kekurangan nutrisi, seperti zat besi, Vitamin B 12 serta Vitamin C 
  • Bibir yang tergigit secara tidak sengaja, bisa saat makan sambil mengobrol atau makan terlalu cepat
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu pedas atau asam. 
  • Pasta gigi dan sikat gigi yang tidak sesuai dengan kondisi dalam mulut
  • Akibat virus dan bakteri 
  • Gesekan akibat penggunaan kawat gigi
  • Gesekan akibat dari pemakaian gigi palsu 
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Apa yang biasanya terjadi saat sariawan melanda? Makan tidak enak, tersenyum susah dan sakit, dan masih banyak lagi yang lainnya. dan untuk mengobati sariawan yang timbul sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan alami agar aman dan tidak berbahaya.

Silahkan baca juga artikel :


Nah dari beberapa cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan alami di atas, bisa dilakukan sendiri di rumah. Dan jika sariawan tidak kunjung menghilang juga, segera saja menghubungi dokter untuk berkonsultasi. Namun biasanya dengan menggunakan cara alami di atas, sariawan akan segera hilang. Semoga bermanfaat.