Menghilangkan Mata Ikan Dengan Cara Alami



Menghilangkan Mata Ikan Dengan Cara Alami. Mata ikan atau sering disebut juga dengan clavus, corn atau boil. Mata ikan adalah sebuah proses menebalnya kulit yang dapat terjadi karena tekanan dan gesekan yang terjadi secara terus menerus. Dan mata ikan ini berbeda dengan kapalan.

Sahabay Mommy Baiti, mata ikan pada umumnya mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kapalan. Pada mata ikan bagian tengahnya membentuk keratin dan keras disertai peradangan kulit disekitar mata ikan.

Terjadinya pembiaran atas penebalan kulit yang terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan berubah menjadi mata ikan. Efek dari mata ikan ini akan terasa nyeri dan umumnya mata ikan ini terjadi pada telapak kaki.

Gejala Terjadinya Mata Ikan 

Wanita sering mengalami mata ikan, yang salah satu penyebabnya adalah karena penggunaan sepatu yang tertutup dan tidak sesuai dengan ukuran yang semestinya.

Karena terjadi di telapak kaki, maka tentunya mata ikan ini akan mempengaruhi aktifitas kita sehari-hari seperti berjalan, menggunakan alas kaki, dan lain sebagainya. Secara umum, mata ikan ini digolongkan menjadi dua bagian yaitu :

1. mata ikan yang keras 

Mata ikan yang keras yang disertai dengan pembengkakan dan nyeri. Mempunyai ukuran sebesar kacang dengan bentuk tojolan keras dan kecil di bagian tengahnya .

2. Mata ikan yang lunak

Sedangkan yang kedua yaitu mata ikan yang teksturnya lunak serta warnanya keputihan. Mata ikan lunak ini sering timbul diantara jari kaki saat basah oleh keringat.  yang juga disertai dengan rasa sakit dan infeksi akibat jamur. Adapun gejala terjadinya mata ikan baik keras maupun lunak adalah :
  • Timbulnya rasa nyeri di permukaan kulit 
  • Muncul tonjolan yang keras dan besar 
  • Kulit bersisik dan kering 
  • Radang yang berisi nanah atau cairan warna bening 


Menghilangkan Mata Ikan Dengan Cara Alami

Tentunya dengan timbulnya mata ikan ini akan menjadikan terganggunya aktifitas. Di tambah lagi rasa sakit dan nyeri akibat timbulnya mata ikan tersebut.

Untuk menghindari munculnya mata ikan, gunakan pelindung misalnya kaus kaki agar telapak kaki tidak mengalami gesekan secara terus menerus.
Baca juga artikel :

Nah, jika saat ini sahabat Mommy Baiti sedang mengalami mata ikan, bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami seperti di bawah ini :

1. Campuran Bawang, Lemon dan Garam 

Bawang yang kita kenal sebagai salah satu bumbu masak, ternyata dapat dimanfaatkan juga untuk menyembuhkan mata ikan. Karena bawang memiliki sifat anti inflamasi, anti mikroba dan juga tingkat keasaman atau pH yang serupa dengan kulit. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Iris bawang yang tebal 
  • Taburkan sedikit garam dan beberapa tetes air sari lemon
  • Kemudian oleskan potongan bawang tersebut pada mata ikan secara merata 
  • Selanjutnya bungkus dengan perban dan diamkan selama semalam
  • Lakukan cara ini sebelum tidur setiap hari hingga mata ikan sembuh total. 


2. Jus Lemon dan Aspirin 

Sahabat Mommy Baiti juga dapat menggunakan campuran jus lemon dan aspirin untuk menghilangkan mata ikan. Caranya adalah:
  • Haluskan 6 tablet aspirin 
  • Kemudian campurkan 1 sendok makan jus lemon
  • Selanjutnya oleskan pasta tersebut pada mata ikan dan bungkus/tutup dengan plastik
  • Biarkan area mata ikan tetap terbungkus selama 10 menit agar mata ikan dapat melunak
  • Setelah itu kemudian gosoklah mata ikan dengan menggunakan batu apung. 

3. Soda Kue 

Menggunakan baking sda atau soda kue untuk mengatasi mata ikan adalah dengan cara merendam kulit yang terkena mata ikan dengan air hangat. Pada air hangat tersebut telah dicampurkan tiga sendok makan soda kue.

Atau dengan cara lain yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada mata ikan secara merata.

4. Tepung Maizena 

Selanjutanya mengatasi mata ikan dapat dengan menggunakan tepung maizena. Karena tepung maizena dapat mengurangi keringat yang berlebih di area kaki dan juga tangan.

Dengan demikian maka dapat mencegah infeksi bakteri serta infeksi jamur penyebab dari mata ikan. Menggunakan tepung maizena untuk mengatasi mata ikan adalah dengan cara menaburkan tepung maizena pada area kulit yang terkena mata ikan secara merata agar dapat terserap dengan baik.

5. Lidah Buaya 

Lidah buaya mempunyai sifat pelembab sehingga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kulit agar tetap dalam kondisi halus. Oleh karena itu, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi mata ikan pada kulit kita.

Lidah buaya juga mengandung anti bakteri yang akan menghambat perkembangan pertumbuhan bakteri di sekitar mata ikan. Caranya adalah dengan mengambil lendir lidah buaya menggunakan kapas dan mengoleskannya pada area mata ikan.

Kemudian tempatkan kapas tersebut tepat di mata ikan dan bungkuslah menggunakan perban selama semalaman. Keesokan harinya bersihkan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari sampai mata ikan bisa sembuh total.

6. Pisang 

Pisang merupakan buah yang mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi, dan salah satu manfaat dari buah pisang adalah dapat digunakan untuk menyembuhkan mata ikan.

Karena pisang dapat melembutkan permukaan mata ikan yang mengeras. Caranya adalah dengan melembutkan buah pisang yang telah matang hingga membentuk seperti pasta.
Kemudian oleskan pada area sekitar mata ikan dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini hingga mata ikan hilan.

7. Nanas 

Siapa yang tidak suka dengan segarnya buah nanas? Ternyata selain buahnya enak, nanas juga dapat digunakan untuk menyembuhkan mata ikan lho.

Sahabat Mommy Baiti, nanas mengandung enzim yang efektif dapat menghilangkan mata ikan dan kapalan. Caranya adalah dengan mengiris buah nanas dan tempelkan pada area mata ikan selanjutnya balut dengan perban. Ganti setiap beberapa jam sekali dan lakukan setiap hari selama seminggu.

8. Teh Chamomile 

Teh Chamomile dapat mengubah pH kulit agar tidak menghasilkan keringat secara berlebih. Karena akibat dari keringat berlebih ini dapat mengakibatkan munculnya mata ikan.

Dengan merendam kaki dalam air teh chamomile dapat memberi kesejukan pada kulit. Dan untuk menghilangkan mata ikan menggunakan teh chanomile adalah dengan cukup merendam area mata ikan selama beberapa saat.

9. Garam Epsom 

Garam epsom dapat melembutkan area kulit yang terkena mata ikan sehingga akan lebih mudah untuk dihilangkan sekaligus untuk mencegah infeksi.Dengan demikian garam epson dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan mata ikan pada kulit.

Caranya adalah dengan menyediakan air panas dan mencampurkan dengan garam epson. Kemudian gunakan untuk merendam area mata ikan selama 10 menit, sambil menggosok mata ikan dengan batu apung.

Setelah itu, bilas sampai bersih untuk menghilangkan sel kulit mati lalu keringkan dan gunakan juga lotion untuk melembabkan area mata ikan pada kulit.

10. Cuka Apel 

Cuka apel biasanya digunakan untuk keperluan diet dan menyembuhkan berbagai penyakit dalam, namun ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata ikan. Cuka apel akan melembutkan area keras pada mata ikan sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Caranya adalah rendamlah kapas dalam cuka apel asli secukupnya lalu oleskan pada kulit yang terkena mata ikan. Kemudian biarkan selama 1 malam, dan lanjutkan dengan menggosok area mata ikan secara lembut memakai batu apung.

Untuk perawatan lanjutannya, sesudah dibersihkan oleskan area mata ikan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa dan lakukan sebanyak 1 kali dalam sehari.

11. Santan dan Jus Nanas 

Perpaduan dari santan dan jus nanas juga akan sangat efektif untuk menghilangkan mata ikan secara alami, tanpa efek samping dan dalam waktu yang cukup cepat.

Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sampai 3 gelas jus nanas dengan 1 gelas santan. Kemudian rendamlah area kulit yang terkena mata ikan selama 20 sampai 25 menit. Gosok juga area mata ikan yang telah melunak.

Jika sudah selesai bilah dan berikan pelembab di area mata ikan. Ulangi langkah ini mata ikan sembuh. Silahkan baca juga Cara mudah menghilangkan bau mulut.

Demikian langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mata ikan dengan cara alami. Cara alami ini menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita. Selain itu juga aman dan tidak mempunyai efek samping. Selamat mencoba.