Cara Agar Rambut Bayi Lebat Dengan Cepat



Cara Agar Rambut Bayi Lebat Dengan Cepat. Tentunya bayi yang segar, sehat, dan ceria akan membuat kita menjadi gemas dibuatnya. Termasuk juga Mommy Baiti yang senang melihat tingkah lucu dari para bayi. Apalagi dengan bayi yang mempunyai rambut hitam dan lebat, tambah menggemaskan saja ya.

Namun tahukah Anda bahwa bayi secara umum akan mengalami ketontokan rambut pada usia enam bulan pertamanya? Sebagai orangtua tidak perlu risau dengan kejadian tersebut, karena itu merupakan hal yang wajar terjadi pada bayi usia enam bulan. Setelah itu, rambut bayi akan tumbuh kembali sebagai ganti rambut yang telah rontok tadi.

Cara Agar Rambut Bayi Lebat Dengan Cepat

Mungkin sebagai orangtua ada perasaan khawatir dengan keadaan rambut bayi yang rontok, takut kalau rambutnya semakin menipis. Meskipun secara alami akan tumbuh rambut baru yang berwarna sama dengan sebelumnya.

Nah, agar rambut bayi tumbuh kembali dengan cepat dan lebat, sahabat Mommy Baiti dapat menerapkan cara-cara di bawah ini ya :

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau biasa di sebut juga aloe vera adalah merupakan bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Lidah buaya juga aman jika digunakan pada bayi. Baca juga artikel Cara Mudah Mengatasi Kebiasaan Mengompol Pada Anak.

Lidah buaya mempunyai kandungan nutrisi yang dapat membuat rambut bayi agar tumbuh subur, lebih kuat dan juga lembut. Nah cara agar rambut bayi lebat dengan cepat menggunakan lidah buaya adalah sebagai berikut :
  • Ambillah tanaman lidah buaya secukupnya, kemudian kupas dan ambil dagingnya 
  • Blender daging lidah buaya yang berlendir tersebut hingga halus 
  • Selanjutnya oleskan secara merata pada rambut bayi diiringi dengan pijatan lembut agar nutrisi lidah buaya dapat terserap ke dalam akar rambut bayi 
  • Jika sudah merata, diamkan selama 10 menit dan terakhir bilas hingga bersih.

2. Madu dan Minyak Zaitun

Jika kondisi rambut bayi kering dan bergelombang keriting baik karena alami ataupun karena pengaruh cuaca, maka sebaiknya diberikan kondisioner.

Pilihlah kondisioner yang berbahan alami untuk memberikan perawatan ekstra agar rambut bayi bisa tumbuh lebih subur. Nah, caranya adalah sebagai berikut :
  • Campurkan setengah cangkir madu murni dengan setengah cangkir minyak zaitun hingga merata 
  • Kemudian oleskan campuran tersebut pada rambut bayi sambil diiringi pijatan lembut menggunakan ujung jari 
  • Jika sudah merata, diamkan selama 15 menit Jika sudah bilaslah hingga bersih.

3. Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah di kenal sejak dahulu bermanfaat untuk menghitamkan dan melembutkan rambut. Tidak hanya untuk orang dewasa saja, namun minyak kemiri juga dapat digunakan pada bayi juga.

Cara agar rambut bayi lebat dengan cepat menggunakan minyak kemiri, ini yang bunda dapat lakukan pada buah hati yaitu :
  • Ambil beberapa butir kemiri lalu sangrai hingga mengeluarkan minyak 
  • Oleskan minyak kemiri tadi pada kulit kepala bayi hingga merata 
  • Dan diamkan beberapa waktu 
  • Selanjutnya bilas dengan menggunakan air sampai bersih.

4. Daun Seledri

Ternyata daun seledri mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk melebatkan rambut bayi yaitu vitamin E, vitamin K, vitamin A, vitamin B kompleks, flavonoid dan juga tanin. Silahkan baca juga tips pemulihan pasca persalinan secara caesar.

Jika bunda tertarik menggunakan daun seledri untuk melebatkan rambut bayi caranya dalah sebagai berikut :
  • Ambil dan remas-remaslah beberapa lembar daun seledri hingga halus
  • Kemudian oleskan secara merata pada rambut bayi
  • Diamkan beberapa saat agar nutrisinya meresap
  • Setelah selesai bilas rambut bayi hingga bersih.

5. Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau selain rasanya segar ketika di minum juga dapat  Kandungan di dalam air kelapa sangat baik dan aman untuk digunakan melebatkan rambut bayi sekaligus tidak menimbulkan efek samping.

Hal tersebut karena air kelapa mengandung hormon nabati sitokinin yang berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu terdapat juga vitamin C dan anti bakteri yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut bayi.

Caranya sangat sederhana yaitu laburkan air kelapa hijau pada rambut bayi sesudah mandi secara merata. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Dan terakhir bilas rambut bayi hingga bersih. Sebaiknya lakukan hal ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

6. Campuran Pisang dan Yogurt

Pada sebuah buah pisang mengandung vitamin A, protein, vitamin B, vitamin B3, vitamin B6, vitamin E dan vitamin C yang bermanfaat untuk menguatkan akar rambut bayi. Kandungan vitamin buah pisang juga dapat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut bayi.

Sedangkan pada yogurt mengandung kalsium, protein, vitamin D dan kalium yang akan membuat rambut bayi tidak mudah rontok. Dengan demikian yogurt dapat dimanfaatkan untuk memelihara rambut sekaligus menghaluskan rambut bayi.

Jika kedua bahan alami ini dikombinasikan, maka dapat digunakan untuk membuat rambut bayi lebat. Dan caranya adalah dengan menghaluskan satu buah pisang dan mencempurnya dengan satu sendok yogurt.

Bunda juga dapat menambahkan satu sendok madu dan dua sendok makan minyak zaitun. Aduklah campuran tersebut hingga menyerupai pasta, dan oleskan pada rambut bayi secara merata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

7. Daun Mangkokan

Namanya unik ya bunda. Ternyata daun mangkokan ini kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, besi, fosfor, kalsium oksalat, lemak dan juga protein. Semua kandungan ini bermanfaat bagi pertumbuhan rambut bayi bisa lebih lebat.

Caranya adalah siapkan 15 lembar daun mangkokan dan cucilah hingga bersih. Kemudian haluskan daun tersebut dengan menambahkan sedikit air.

Selanjutnya adalah mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala bayi secara merata. Ketika mengolskannya jangan lupa berikan pijatan lembut ya bunda agar nutrisinya meresap. Tunggulah kurang lebih 10 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

8. Gelatin dan Cuka Apel

Gelatin mengandung dua asam amino esensial yaitu glisin dan prolin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Sedangkan cuka apel berguna untuk menyuburkan rambut serta menguatkannya. Caranya adalah sebagi berikut :
  • Ambil gelatin ke dalam mangkuk
  • Tambahkan dengan air dingin dan air panas dengan perbandingan yang sama
  • Tambahkan juga dengan satu sendok teh cuka sari apel dan satu sendok teh madu
  • Campur hingga rata dan oleskan pada rambut bayi sambil dipijat lembut
  • Diamkan beberapa saat hingga mengering
  • Bilas rambut bayi hingga bersih

9. Keramas Secara Rutin dan Berkala

Meskipun dapat dikatakan bahwa area kepala bayi jarang kotor, namun tidak ada salahnya jika tetap memperhatikan perawatan rambut si buah hati. Membersihkannya secara rutin dan berkala dapat menjaga agar kepala bayi tetap dalam keadaan bersih.


Dengan kondisi kulit kepala yang bersih maka pertumbuhan rambut juga tidak terhalangi. Gunakan shampo bayi yang terbuat dari bahan organik dan tidak pedih di mata misalnya lavender atau chamomile. Beberapa bahan alami ini tidak akan menghasilkan busa terlalu banyak untuk menghindari bayi memegang busa yang ada di dahi atau kepala mereka.

Nah, bunda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di atas agar rambut bayi tumbuh lebat dengan cepat. Dan pastinya tetap aman dan tanpa efek negatifnya karena menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar kita. Selamat mencoba.