Tekanan Darah Tinggi, Atasi Dengan Buah-Buahan Ini



Tekanan Darah Tinggi merupakan salah satu penyakit yang dapat berakibat fatal bagi para penderitanya. Selain itu juga bisa menyebabkan penyakit komplikasi lainnya. Stroke adalah salah satu kelanjutan penyakit akibat dari tekanan darah tinggi ini.

Oleh karena itu sebaiknya waspada dan peduli dengan keadaan serta kondisi diri sendiri ketika mendapati gejala-gejala awal penyakit tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini dapat terjadi karena meningkatnya asam darah akibat dari tubuh yang terlalu banyak mengkonsumsi kolestrol.

Jika sudah demikian, akibatnya bisa merusak pembuluh darah hingga organ dalam lainnya. Silahkan baca juga Cara Mudah Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cepat.

Inilah Buah-buahan untuk mengatasi tekanan darah tinggi 

Menjalani pola hidup sehat dan seimbang adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Sahabat Mommy Baiti, sebaiknya hindari mengkonsumsi obat-obatan yang dijual secara bebas tanpa adanya resep dari dokter. Karena selain mengandung bahan kimia, juga dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping.

Solusi untuk mengatasi tekanan darah tinggi dengan cara alami lebih dianjurkan karena aman dan tidak memiliki efek samping. Nah, untuk menurunkan tekanan darah tinggi ini dapat memanfaatkan buah-buahan yang ada di sekitar kita. Apa saja buah-buahan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi itu?

Sahabat Mommy Baiti, menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dengan mengkonsumsi buah-buahan adalah langkah bijak. Buah-buahan sudah jelas berasal dari alam dan mengandung banyak nutrisi. Namun tidak semua buah mempunyai khasiat untuk menurunkan teanan darah tinggi. Buah-buahan yang mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi antara lain yaitu :

1. Alpukat
Alpukat merupakan buah yang bisa dengan mudah ditemukan disekitar lingkungan kita. Selain rasanya enak dan lezat, buah alpukat juga mempunyai segudang manfaat, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi. Serat yang terdapat pada buah alpukat sangat baik untuk pencernaan, yang juga dapat menurunkan resiko terkena kanker, diabetes, dan hipertensi.

Buah alpukat benyak mengandung folate yang berguna untuk mencegah seseorang terkena penyakit stroke. Selain itu, pada buah alpukat juga terdapat kandungan lemak baik, potasium, linoleic dan oleic acid yang dapat menurunkan tingkat LDL kolestrol serta meningkatkan tingkat kolesterol baik.

2. Pisang 

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, yess buah pisang. Dan kabar baiknya adalah buah pisang ini sangat baik untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan pada buah pisang terdapat kandungan potassium yang tinggi yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Dan dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang secara rutin. Buah pisang juga mempunyai manfaat lain yaitu dapat membuat tubuh lebih berenergi, kulit lebih halus, dan pencernaan akan lebih lancar. Oiya, kandungan Potasium juga bermanfaat untuk mencegah seseorang terkena serangan jantung. Silahkan baca juga Inilah Makanan dan Buah-Buahan Penurun Kolesterol

3. Semangka 
Buah yang segar ini pastinya menjadi favorit bagi banyak orang. Buah semangka mempunyai banyak kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. Dengan demikian buah semangka bermanfaat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, ternyata buah semangka mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan potassium yang terdapat pada buah semangka dapat mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan, dengan asumsi dikonsumsi secara rutin. Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat dan prima.

4. Blewah
Buah blewah atau disebut juga cantaloupe adalah sejenis buah melon berwarna putih dan hijau yang juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu buah ini sangat dianjurkan dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi dan diabetes.

Hal tersebut karena blewah sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Blewah mempunyai kandungan potassium, magnesium, dan beta-carotene yang bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi datang.

Manfaat lain ketika mengkonsumsi blewah secara rutin adalah hormon dalam tubuh akan menjadi seimbang karena banyaknya kandungan vitamin A dan C di dalamnya.

5. Jambu

Buah jambu mengandung banyak nutrisi, vitamin, protein, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin C buah jambu ini lebih tinggi 4 kali lipat dari jeruk, yang dapat membuat sistem imun bekerja semakin optimal.

Selain itu, buah jambu juga mengandung potassium, zat besi, vitamin A dan B nya dapat menjaga tekanan darah pada level yang normal. Oleh karena itu, buah jambu juga sangat dianjurkan dikonsumsi secara rutin bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

6. Pear 
Siapa sih yang tidak suka dengan buah pear? Selain buahnya yang segar ternyata buah pear ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh juga lho. Mengkonsumsi buah pear dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh karena banyak mengandung vitamin C.

Bukan itu saja, karena buah pear juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga dianjurkan dikonsumsi para penderitanya. Oiya, buah pear juga dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh, memlihara kesehatan jantung dan pembuluh darah kita.

7. Blueberi 
Buah Blueberi merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan bio-aktif pada buah bluberi yang dapat mengurangi tekanan dalam darah dan mencegah tubuh untuk terkena hipertensi.

Selain itu, manfaat lain dari buah blueberi adalah rasa manisnya yang dapat menjadi buah yang aman bagi penderita diabetes tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah.

8. Mangga 
Nah ini buah favorit yaitu buah mangga. Buah mangga memiliki kandungan potassium dan magnesium yang sangat banyak yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Buah mangga juga kaya kan kandungan selenium, kalsium, zat besi dah phosphorus yang dapat membuat agar tubuh tetap sehat. Selain itu kandungan vitamin B6 yang ada pada buah mangga ini juga dapat membantu otak untuk bekerja lebih optimal. Wah banyak sekali ya manfaat dari buah mangga ini.

9. Stroberi 
Pastinya sudah pada tahu dengan buah stroberi ya. Nah ternyata buah stroberi ini memiliki manfaat yang sangat banyak, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi. Hal tersebut karena buah stroberi memiliki kadar potassium yang tinggi, yang bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

Selain itu juga mengandung antioksidan yang sangat kuat. Kandungan serat pada buah stroberi juga dapat menyerang dan menghancurkan kolesterol jahat, sehingga dapat menjaga tubuh dari lemak jahat. Dan bagi penderita asam urat, sakit liver dan penyakit berat lainnya juga dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah ini. Jangan lewatkan artikel berikut ini ya Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut.

Kesimpulan

Nah, tersebut di atas adalah buah-buahan penurun tekanan darah tinggi. Hampir semuanya mudah didapatkan di sekitar kita dengan harga yang terjangkau. Mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang diderita.

Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah-buahan juga dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsinya meskipun tidak sedang menderita tekanan darah tinggi. Salam sehat, semoga bermanfaat.