Kantung Mata Mengganggu? Atasi Dengan Cara Ini




Kantung Mata

Salah satu hal yang dianggap bisa menurunkan kepercayan diri karena dapat mempengaruhi penampian adalah kantung mata. Kantung mata merupakan salah satu masalah kulit yang bisa menimpa siapa saja. Nah bagaimana cara mengatasi kantung mata ini ya moms? Sebentar lagi kita akan menemukan solusinya, lanjut hingga akhir artikel ya.

Kantung mata yang timbul bisa menjadikan seseorang terlihat lebih tua, lelah, tidak segar, dan sebagainya. Banyak yang beranggapan bahwa kantung mata bisa muncul akibat kurang tidur, namun ternyata penyebab kantung mata tidak hanya itu saja moms.

Penyebab timbulnya kantung mata


Kantong mata dapat muncul karena adanya kandungan air berlebihan yang tersimpan di jaringan kulit bawah mata. Penumpukan cairan tersebut bisa diakibatkan karena melemahnya jaringan di sekitar mata, termasuk juga otot penopang kelopak mata. Untuk lebih jelasnya, apa saja sih yang bisa menyebabkan timbulnya kantung mata ini?


1. Faktor usia

Dengan bertambahnya usia maka dapat berpotensi untuk munculnya kantung mata karena otot dan jaringan di sekitar mata cenderung melemah. Dengan demikian kulit akan mulai mengendur dan menyebabkan cairan berkumpul di bagian bawah mata.

Selain itu terjadi juga pengumpulan lemak di area bawah mata sehingga terlihat seperti bengkak dan mebentuk kantung mata.

2. Merokok

Dengan merokok maka akan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit karena kandungan yang ada pada rokok dapat memecah produksi kolagen dan dapat juga membunuh sel-sel sehat. Sehingga dengan demikian akan dapat mempercepat proses penuaan dengan ditandai muncul kerutan-kerutan pada kulit.

Disamping itu asap rokok yang terkena dengan mata akan membuat kulit sekitar mata mengalami kekurangan cairan sehingga berdampak kantung mata akan semakin besar.

3. Alergi

Moms, apakah mempunyai riwayat alergi atau alergi terhadap sesuatu seperti debu dan sebagainya? Ketika kita sedang dilanda alergi ini ah tubuh akan melepas zat kimia yang berupa histamin yang dapat mengakibatkan maa menjadi bengkak.

Alergi juga dapat mempercepat berkumpulnya cairan pada area bawah mata sehingga dapat menimbulkan kantung mata.

4. Konsumsi garam berlebih

Konsumsi garam dalam jumlah yang berlebih juga bisa mengakibatkan timbulnya kantung mata lho moms. Oleh karena itu sebaiknya mengurangi konsumsi garam terlebih sesaat sebelum tidur. Hal tersebut karena garam berperan dalam menyimpan kadar air termasuk juga di daerah sekitar mata kita.

5. Stres

Beban pikiran yang berlebih bisa juga memacu terjadinya kantung mata. Disaat kita mengalami stres maka kulit dan jaringan tubuh bisa menjadi lemah, termasuk juga kulit di sekitar mata yang menyebabkan adanya penumpukan cairan di area mata sehingga timbul kantung mata.

Cara Mengatasi Kantung Mata


Menjalani pola hidup sehat adalah kuncinya, kecukupan minum air putih setiap harinya dan juga tidur selama minimal 8 jam setiap hari. Ditambah lagi dengan melakukan olahraga rutin, tidak perlu olahraga berat kok moms, jalan kaki dipagi hari atau bersepeda saja sudah cukup.

Cara lain untuk mengatasi kantung mata adalah menjauhkan diri dari konsumsi alkohol dan tidak merokok.  Konsumsi kafein juga sebaiknya dikurangi ya moms.

Pola makan sehat dan asupan gizi yang mencukupi selain menyehatkan juga dapat untuk mengatasi munculnya kantung mata. Kurangi konsumsi garam agar meminimalkan penumpukan cairan pada area sekitar mata.

Mengompres mata degan menggunakan air dingin juga bisa menurunkan kadar penumpukan cairan di bawah mata. Bisa juga kompres mata dengan menggunakan mentimun, wortel, kentang, teh celup yang telah didinginkan sebelumnya dipercaya dapat menyegarkan mata dan mengusir kantung mata.

Nah moms agar penampilan tetap menarik tanpa kantung mata, pastikan untuk membersihkan sisa make up sebersih-sebersihnya jangan sampai ada yang tertinggal. Hindari stres dan senangkan pikiran dengan refreshing atau bersendau gurau dengan keluarga tercinta. Kini, saatnya ambil cermin dan periksa sekitar mata kita moms.