Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh




Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh. Memang sepertinya sederhana jika kita mendengar nasehat atau anjuran untuk minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun ternyata manfaatnya akan sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia.

Perlu diketahui bahwa tubuh kita yang terdiri dari organ, sel, dan jaringan ini terdapat kurang lebih 70% cairan sehingga kebutuhan akan cairan itu begitu tinggi.

Oleh karena itu pemenuhan terhadap kebutuhan akan cairan ini akan menunjang kinerja fungsi tubuh kita, selain juga akan lebih menyehatkan tentunya. Manfaat minum air putih ini tidak sekedar untuk menghilangkan rasa haus dan dahaga saja.

Manfaat air putih untuk kesehatan sangatlah banyak, dan mungkin akan Panjang sekali jika dijabarkan satu per satu. Karena fungsi cairan dalam tubuh tidak dapat tergantikan oleh apapun dan air putih ini dapat mencegah datangnya penyakit yang tidak diinginkan. Banyak informasi yang ada di internet yang mengulas akan manfaat minum air putih ini.

Untuk mencukupi cairan di dalam tubuh dianjurkan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya. Tidak perlu khawatir karena air putih sampai saat ini adalah minuman yang aman, menyehatkan, dan tidak berbahaya.

Manfaat Minum Air Putih


Kecukupan cairan dalam tubuh akan berdampak positif terhadap kebugaran dan kesehatan tubuh. Anjuran pemenuhan air putih harian bagi pria adalah 3 liter atau sekitar 13 gelas, sedangkan untuk wanita adalah 2,2 liter atau sekitar 9 gelas. Jadi, sudah cukupkah air putih yang kita minum hari ini? 

Anjuran tersebut di atas adalah untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh akibat banyaknya cairan yang keluar dari tubuh melalui urin, feses, dan keringat.

Untuk mengimbangi banyaknya cairan tubuh yang keluar adalah dengan minum air putih sesuai anjuran. Kecukupan konsumsi minum air putih ini bisa di lihat dari warna urine.

Jika urine yang dikeluarkan berwarna bening maka itu pertanda aman. Namun sebaliknya jika urine berwarna kuning atau keruh bisa jadi itu pertanda kita kekurangan cairan yang bila terjadi berlarut-larut akan mengakibatkan terjadinya dehidrasi.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan berikut ini adalah beberapa manfaat minum air putih bagi tubuh manusia yaitu :



1. Penawar haus dan mencegah dehidrasi

Sudah menjadi kebiasaan bahwa ketika kita merasa haus akan segera mencari penawarnya yaitu dengan minum. Air putih bisa sebagai penawar rasa haus dan dahaga yang aman dan sehat. Lalu apa jadinya jika kita secara sadar ataupun tidak menunda-nunda untuk segera minum?

2. Dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Keringat dan urine adalah cairan dalam tubuh yang harus dikeluarkan karena itu adalah sampah dari hasil proses mekanismen dalam tubuh. Keluarnya keringat dan urine ini juga membawa racun-racun yang tidak diperlukan oleh tubuh sehingga tubuh akan tetap sehat dan bugar. Baca juga cara mengatasi kolesterol tinggi.

Untuk memperlancar proses tersebut tubuh haruslah memiliki cairan yang cukup sehingga dapat mengurangi resiko penyakitbatu ginjal dan infeksi saluran kemih.

3. Dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Kurang lebih sekitar 70% dari tubuh kita adalah terdiri dari air. Oleh karena itu untuk mempertahakan keseimbangan cairan tubuh haruslah minum air putih yang cukup. Dengan demikian metabolism dalam tubuh akan dapat berjalan dengan lancar.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat minum air putih secara cukup dan teratur adalah dapat menghindarkan kita dari penuaan dini. Mengapa demikian? Karena dengan minum air putih yang cukup dapat mengeluarkan racun-racun yang bersarang di dalam tubuh sehingga dapat mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori kulit.

5. Dapat menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara kecukupan konsumsi minum air putih dengan penurunan berat badan seseorang. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Ini bisa menjadi salah satu cara diet alami dan sehat. Caranya adalah dengan minum air putih yang cukup sebelum makan. Baca juga cara diet sehat dan alami.

6. Dapat memperlancar sistem peredaran darah

Di dalam tubuh manusia terdapat aliran peredaran darah yang terjadi secara terus menerus. Dan air serta cairan ini dapat membantu untuk meningkatkan dan memperlancar system peredaran darah manusia.

Oleh karena itu cukupkanlah minum air putih setiap harinya agar proses tersebut dapat lancar sehingga kesehatan akan tetap terjaga.


7. Dapat meningkatkan energi tubuh


Kekurangan cairan pada tubuh akan menyebabkan tubuh terasa lelah. Contoh kecilnya adalah ketika kita beraktifitas yang mengeluarkan banyak tenaga dan keringat, misalnya saja saat berolahraga dan lupa membawa bekal air minum. Baca juga manfaat kopi untuk kesehatan.

8. Dapat menjaga fungsi ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang memiliki tugas vital yaitu diantaranya adalah memproses darah, menyaring limbah yang tidak diperlukan tubuh, dan mengangkut urine ke kandung kemih. Untuk memperlancar tugasnya, ginjal membutuhkan asupan cairan yang cukup.

Sebaliknya jika tubuh kekurangan cairan maka tugas ginjal akan terhambat dan dampak yang ditimbulkan adalah penyakit batu ginjal atau terjadi gagal ginjal tersebut.

9. Dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit

Manfaat minum air putih dapat membantu kelembaban kulit sehingga kulit akan menjadi lembut, halus, dan bercahaya. Racun dalam tubuh dapat memiliki efek negative yaitu menyebabkan kulit meradang, menyebabkan pori pori tersumbat dan akhirnya akan menyebabkan timbulnya jerawat.

10. Dapat meningkatkan fungsi otak

Cairan yang bisa berasal dari air putih yang di minum dapat membantu meningkatkan konsentrasi fungsi otak sehingga akan melancarkan sistem saraf-saraf di otak.

11. Dapat meningkatkan produktifitas

Tahukah Anda bahwa minum segelas air putih saja dapat mengembalikan konsentrasi dan fokus? Dengan minum air putih tubuh akan terasa segar sehingga akan kembali bertenaga untuk melanjutkan aktifitas sehari-hari karena konsentrasi, fokus, dan mood sudah didapatkan kembali.



12. Dapat menangkal beragam penyakit

Ternyata manfaat minum air putih dapat menangkal sederet penyakit lho. Diantaranya adalah seperti sakit migraine / sakit kepala, sakit tenggorokan, panas dalam, sairawan, dan juga sakit demam. Migrain atau sakit kepala disebabkan karena dahidrasi / kekurangan cairan dalam tubuh sehingga jika sakit kepala melanda pengobatan alami pertama yang bisa dilakukan adalah dengan minum air putih.

Kesimpulan

Ternyata banyak sekali manfaat minum air putih ini, baik yang telah kita ketahui maupun yang belum kita ketahui sebelumnya. Membiasakan diri minum air putih setidaknya 3 liter setiap hari sangat amat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi, sudah cukupkah konsumsi air putih Anda hari ini?