Manfaat Beras Ketan Hitam Untuk Penderita Diabetes




Manfaat Beras Ketan Hitam Untuk Penderita Diabetes. Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya beras ketan hitam ini. Namun meskipun demikian belum banyak yang mengetahui kandungan yang ada didalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Jika di lihat secara sekilas memang beras ketan hitam ini sepintas mirip dengan beras hitam yang juga mempunyai nilai manfaat untuk kesehatan karena memiliki kadar gula yang rendah.

Beras Ketan hitam ini ada juga yang menggunakannya untuk makanan burung, namun sangat sayang sekali jika kita sebagai manusia malahan tidak mengkonsumsinya. Karena banyak sekali manfaat beras ketan hitam untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Beras Ketan Hitam


Manfaat yang terkandung di dalam beras ketan hitam ini sungguh di luar dugaan karena ternyata mempunya khasiat dan manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Jika ditelisik lebih jauh, ketan hitam ini sangat kaya akan antioksidan dan juga mempunyai sifat anti-inflasi, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes, Alzheimer, anemia, kerusakan sel hati, membersihkan kolesterol dalam darah, kanker, dan tumor.

Untuk urusan kecantikan, beras ketan hitam juga bagus untuk dikonsumsi karena dapat membuat awet muda dan memperlambat penuaan, menyuburkan rambut, sebagai nutri pembentuk otot agar menjadi lebih padat, serta dapat menjaga kelembaban dan kecantikan kulit.

Agar tidak semakin penasaran dengan manfaat beras ketan hitam ini, berikut adalah beberapa manfaat dari beras ketan hitam untuk kehidupan manusia, yaitu :

1. Dapat membantu menjaga kelembaban kulit

Beras ketan hitam ini dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk masker wajah atau juga untuk luluran. Fungsinya adalah membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kemudian menggantinya dengan sel-sel kulit yang baru. Dengan demikian kelelembaban kulit akan tetap terjaga sehingga kulit tampak lebih halus dan cerah.

2. Dapat membantu mencegah anemia

Anemia atau kurang darah dapat di cegah dengan rutin mengkonsumsi ketan hitam. Hal ini dikarenakan ketan hitam ini mengandung zat besi yang sangat berguna untuk membantu memproduksi hemoglobin dalam darah yang sangat dibutuhkan oleh penderita anemia.

Untuk mencegah anemia ini bisa dengan cara mengkonsumsi ketan hitam sebanyak 2 hingga 3 kali setiap minggunya.

3. Sebagai bahan makanan

Beras ketan hitam sebagai bahan olahan mungkin tidak begitu populer di sebagian masyarakat. Namun ternyata ketan hitam ini bisa disajikan sebagai makanan yang sangat enak dan lezat, misalnya saja , tape ketan hitam, bugis ketan hitam , bubur ketan hitam, martabak ketan hitam, dan bolu ketan hitam. Silahkan di coba untuk merasakan kelezatannya.

4. Dapat membantu menjaga kesehatan otak

Berdasarkan penelitian yang ada, jika pada tubuh mengalami kekurangan fosfor maka akan dapat menimbulkan resiko masalah kognitif dan masalah neurologis yang dapat memicu penyakit alzhemeir dan dimensia.

Untuk mencegahnya dapat memanfaatkan ketan hitam yang dapat membantu menjaga fungsi otak agar tetap berfungsi dengan baik sehingga berguna untuk pertumbuhan kognitif dan perkembangan otak dengan cara rutin mengkonsumsi ketan hitam.

5. Sebagai cadangan bahan makanan

Dan pastinya ketan hitam ini kaya akan kandungan energi dan karbohidrat yang tinggi sehingga jika mengkonsumsinya kan mendapatkan manfaat berupa merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu beras ketan hitam ini dapat dijadikan sebagai cadangan makanan yang berguna untuk tubuh.

6. Sebagai antioksidan

Beras ketan hitam mengandung zat antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh manusia untuk menjaga daya tahan tubuh. Di samping itu zat antioksidan ini juga berfungsi untuk mengobati dari beberapa macam penyakit dan dapat mencegah terjadinya proses penuaan dini juga lho.

Dan ternyata bukan hanya itu saja, karena kandungan antioksidan ini juga sangat berguna untuk menangkal radikal bebas dan juga membantu tubuh untuk mencegah tumbuhnya sel-sel dalam tubuh yang memicu penyakit kanker dan tumor.

7. Dapat membatu menjaga kesehatan tulang dan gigi

Beras ketan hitam juga kaya akan kandungan fosfor dan kalsium. Keduanya ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi karena fosfor dan kalsium memiliki peran penting dalam proses penguatan tulang serta gigi kita.

Bahaya dari kekurangan fosfor dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit tulang keropos atau osteoporosis pada orang dewasa.


Manfaat Beras Ketan Hitam Untuk Penderita Diabetes


Dan manfaat lain dari beras ketan hitam yang sudah di percaya khasiatnya adalah sebagai obat diabetas atau kencing manis. Seperti yang kita ketahui, penyakit kencing manis adalah suatu kondisi dimana tubuh seseorang sudah tidak mampu lagi mengontrol dan mengendalikan kadar gula darah normal.

Dengan kata lain, kencing manis atau diabetes ini dapat terjadi karena ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi insulin, dan atau menggunakannya secara efektif. Sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan cenderung tingi.

Penyebab dari diabetes atau kencing manis ini dikarenakan pola gaya hidup yang buruk, misalnya kurangnya berolahraga, merokok dan mengkonsumsi alkohol secara rutin, kegemukan atau obesitas, dan juga bisa karena keturunan atau faktor genetik. Baca selengkapnya pada Inilah Penyebab Diabetes dan cara pencegahannya.

Perawatan medis untuk penyakit diabetes ini di kenal dengan biaya yang tinggi. Belum lagi di tambah dengan rutin konsumsi obat-obatan kimia yang pastinya mempunyai efek samping terhadap kesehatan tubuh.

Pada artikel kali ini adalah bagian dari informasi untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cara alami, yaitu dengan memanfaatkan beras ketan hitam. Beras ketan hitam adalah solusi alami bagi penderita diabetes yang mungkin sudah bosan dengan obat-obatan kimia.

Dan ketan hitam ini juga sudah di percaya sebagai obat diabetes secara tradisional dan telah terbukti khasiatnya untuk menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

Cara Menurunkan Gula Darah dengan Beras Ketan Hitam


Untuk memanfaatkan beras ketan hitam bagi penderita diabetes sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Karena beras ketan hitam ini sebagai obat diabetes alami sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Adapun bahan dan alat yang diperlukan untuk menurun gula darah dan mengobati penyakit diabetes ini adalah :
  • Beras ketan hitam murni tanpa campuran 
  • Gelas belimbing dan sendok makan 
  • Air panas secukupnya 

Cara membuat obat diabetes secara alami dari beras ketan hitam ini juga tergolong sederhana, caranya adalah sebagai berikut :


  • Cucilah beras ketan hitam ini secukupnya
  • Kemudian masukkan beras ketan hitam ke dalam gelas belimbing sebanyak 2 - 3 sendok makan
  • Masukkan air panas ke dalam gelas yang telah berisi beras ketan hitam hingga penuh
  • Tutuplah gelas dan diamkan selama kurang lebih satu jam hingga dingin
  • Setelah dingin, minumlah air seduhan ketan hitam tersebut.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengkonsumsi air seduhan beras ketan hitam ini 3x setiap hari yaitu pagi, siang, dan malam. Untuk waktu meminumnya dianjurkan sebelum makan.

Sisa ampas beras ketan hitam yang ada di dalam gelas janganlah langsung di buang seusai meminum air seduhannya, karena ampas beras ketan hitam ini bisa digunakan dua hingga tiga kali seduhan. Jadi dalam sehari cukup menggunakan takaran 2 hingga 3 sendok makan beras ketan hitam. Baca juga Manfaat kopi untuk kesehatan.

Jika kadar gula darah sudah dirasa kembali normal setelah mengkonsumsi air seduhan beras ketan hitam ini, sebaiknya jangan berhenti untuk mengkonsumsinya.

Setidaknya Anda tetap mengkonsumsi air seduhan beras ketan hitam ini sebanyak 2 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan kadar gula darah pada tubuh.

Kesimpulan

Ternyata beras ketan hitam ini banyak menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Selain sangat enak dan lezat sebagai penganan, beras ketan hitam ini juga berkhasiat untuk mencegah beragam penyakit dari penyakit yang ringan hingga yang berat seperti kanker dan juga diabetes.

Sekedar mengingatkan kembali bahwa beras ketan hitam ini berbeda dengan beras hitam atau beras hitam organik. Baca juga Makanan yang disarankan untuk penderita diabetes.

Khusus untuk penggunaan menurunkan kadar gula dalam tubuh, sebaiknya tetap rutin melakukan cek kadar gula darah sehingga bisa mengetahui efek dari konsumsi air seduhan beras ketan hitam ini.

Dan juga jangan melewatkan untuk menjalani pola hidup sehat agar kadar gula darah tetap stabil. Demikianlah manfaat beras ketan hitam untuk penderita diabetes, semoga bermanfaat.