Mengatasi Diare Dengan Cara Alami



Mengatasi Diare Dengan Cara Alami. Pernahkah Anda menderita diare? Berkali-kali harus bolak-balik ke kamar mandi untuk menuntaskan hajat? Memang capek jika diharuskan sering ke kamar mandi yang seakan tiada habisnya, dan inilah yang dinamakan diare itu.

Jadi, diare adalah sebuah kondisi di mana penderita ini mengalami rangsangan BAB (buang air besar) yang terjadi secara terus-menerus dan tinja atau feses yang masih memiliki kandungan air berlebih. Secara medis, suatu kondisi tersebut digolongkan dengan diare jika BAB atau defekasi yang terjadi melebihi 200 gram per hari.

Diare ini memang bukanlah sebuah penyakit yang mematikan, namun penderita diare pastinya sangat tidak nyaman. Karena dalam jangka waktu yang relative sebentar saja sudah terasa ingin kembali BAB lagi, dan itu terjadi berulangkali.

Bayangkan jika kondisi ini terjadi saat sedang beraktifitas misalnya saat di sekolah, saat ada kuliah, atau saat bekerja di kantor. Oleh karena itu, jika terkena diare sebaiknya segera mengatasinya dengan cepat agar bisa kembali menjalani rutinitas harian dengan nyaman.


Baca juga :

Penyebab Diare 


Ketika diare melanda, gejala-gejala yang muncul adalah sakit perut, mual muntah, sering buang air besar, haus yang berdampak dehidrasi, dan hilangnya nafsu makan. Diare ini dapat berlangsung sebentar atau lama, tergantung dengan penanganannya. Dan bahkan diare ini bisa berlangsung terus menerus sampai satu atau dua minggu yang di sebut dengan diare kronis.
Secara umum, banyak faktor penyebab dari penyakit diare ini misalnya terjadinya infeksi virus atau bakteri, konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi, alergi terhadap makanan, minum berlebihan, stres dan cemas, atau juga bisa karena efek samping dari obat-obatan.

Pada saat bakteri, parasit, atau virus dan memasuki usus melalui makanan atau air, mereka akan menyerang lapisan dari sistem pencernaan. Dan akibatnya adalah terdapat banyak cairan yang tidak dapat di serap sehingga terjadi diare. Diare ini terjadi ketika terdapat cairan berlebihan yang melewati usus besar (kolon) melebihi batasan cairan yang dapat di serap usus besar.

Pada kondisi normal, usus besar dapat menyerap beberapa kali lebih banyak cairan dari yang dibutuhkan setiap hari.


Mengatasi Diare Dengan Cara Alami


Diare merupakan salah satu metode tubuh dalam menolak atau menyingkirkan zat-zat yang tidak diinginkan oleh tubuh. Dan pastinya diare yang akut dan kronis sangat mempengaruhi aktifitas dan kegiatan sehari-hari.

Nah, saat Anda terserang diare, maka sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengatasinya dengan obat-obatan kimia. Mengatasi diare dengan cara alami sangat dianjurkan karena telah terbukti ampuh dan menyehatkan juga tidak mempunyai efek samping yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Untuk mengatasi gejala-gejala munculnya diare, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar gejala diare ini tidak berubah menjadi diare akut dan kronis, yaitu sebagai berikut :
  • Hindari makan buah-buahan dan produk makanan yang mengandung serat
  • Buah seperti apel, plum, atau mangga harus dihindari karena memiliki sifat pencahar yang bisa memperburuk kondisi diare Anda
  • Hindari yogurt yang tinggi gula, karena sukrosa berlebih juga bisa memperburuk diare. Carilah yogurt dengan kultur bakteri baik, karena dapat membantu menghasilkan asam laktat dalam usus, yang bersifat mematikan bakteri buruk dan membuat diare sembuh lebih cepat
  • Hindari susu dan produk susu termasuk keju, terutama harus bagi yang sedikit intoleran/alergi laktosa. Laktosa akan melewati sistem pencernaan usus dengan sangat cepat, sehingga hampir tidak banyak waktu untuk bisa diserap. Laktosa (dari susu) bisa meningkatkan masalah diare, seperti dalam bentuk perut sakit, perut kembung, dan distensi perut. Namun Yogurt adalah pengecualian, kecuali jika tubuh Anda biasanya tidak bisa mentolerir yoghurt dengan baik . 
  • Hindari semua minuman yang dingin. Air hangat akan lebih baik bagi perut Anda . Minuman bersoda mungkin bisa melukai perut Anda, jadi sebaiknya menghindari jenis minuman ini. Hindari makan-makanan yang terlalu pedas atau panas, karena bisa memperburuk diare. 

Untuk mengatasi diare dengan cara alami dan tidak berbahaya bagi tubuh, berikut adalah obat alami yang sudah digunakan secara turun temurun dan bisa di coba untuk mengatasi diare, yaitu :

1. Minun Teh Kental Pahit dan Hangat 


Sudah pernah dengarkah bahwa teh pahit yang kental dan hangat bisa untuk mengobati penyakit diare? Yup, rahasia ini telah ada bertahun-tahun lalu dan sudah menjadi tradisi turun temurun. Hal ini karena pada teh pahit yang kental dan hangat mengandung tannin yang cukup tinggi sehingga cukup efektif dalam digunakan untuk mengobati diare. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Pertama-tama seduhlah teh menggunakan air panas
  • Berilah air secukupnya agar kekentalan teh tetap terjaga 
  • Tunggulah hingga mengental dalam beberapa menit
  • Jika sudah, saring dan masukan kedalam gelas
  • Jika ingin ditambahkan pemanis, bisa menggunakan madu murni dan jangan menggunakan gula
  • Untuk mengobati diare, minumlah teh kental ini secara rutin dalam sehari 1 -2 gelas. 

2. Jahe Hangat 


Jahe dari dulu sudah dikenal sebagai rempah yang biasa digunakan untuk pengobatan, dan salah satu dari manfaat jahe adalah untuk mengobati diare. Jahe jahe dapat mengatasi diare akibat keracunan makanan dan menyembuhkan nyeri perut. Cara meracik jahe untuk mengobati diare adalah sebagai berikut :
  • Ambillah sepotong jahe kecil kemudian di parut
  • Tambahkan satu sendok the madu, kemudian aduk dan di minum 
  • Agar lebih efektif, setelah meminum parutan jahe tadi, usahakan jangan makan dan minum satu jam setelahnya. 

Di samping memarutnya, bisa juga dengan cara mengkonsumsi wedang jahe hangat sehari bisa dua atau tiga kali.

3. Jambu Biji 

Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jambu biji ini. Namun sudah tahukan Anda manfaat dan khasiat yang terkandung pada jambu biji ini? Salah satu khasiat dan manfaat dari jambu biji ini adalah sangat ampuh untuk mengobati diare yang melanda.Mengapa demikian?

Baca juga :
Manfaat Kopi Untuk Kesehatan
Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah

Karena jambu biji ini memiliki kandungan tannin yang sangat tinggi, yaitu sebesar 17% baik pada buah jambu biji maupun pada daunnya. Tannin ini berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan virus dalam sistem pencernaan kita.

Cara memanfaatkan jambu biji untuk mengobati diare secara alami adalah dengan cara memakan buahnya secara langsung atau bisa juga dengan membuatnya menjadi jus terlebih dahulu, tentunya tanpa tambahan gula.

4. Buah Salak 


Salak atau dalam Bahasa Inggris di sebut dengan snake fruit sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah salak ini termasuk buah yang unik karena kulitnya yang menyerupai kulit ular. Namun jangan salah, ternyata buah salak ini mengandung senyawa polifenol dalam bentuk tannin yang dapat meredakan diare. Pernahkah Anda mencobanya saat menderita diare?

5. Buah pisang 


Mungkin masih jarang yang mengetahui akan manfaat dan khasiat buah pisang untuk mengatasi diare. Buah pisang memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung pektin yang berfungsi membuat kotoran menjadi keras. Jadi, buah pisang sangat disarankan untuk meredakan dan mengatasi saat diare melanda.

6. Sup Wortel 


Berikutnya mengatasi diare secara alami adalah dengan sup wortel. Sup wortel ini sangat baik untuk di konsumsi baik anak-anak maupun dewasa. Dan dalam sup ini mempunyai efek antidyspeptic yang sangat berguna saat diare melanda. Dan untuk menyiapkan sup wortel sebagai obat diare alami, caranya adalah sebagai berikut ini :
Baca juga : Penyebab timbulnya selulit dan Cara mengatasinya
  • Ambillah wortel sebanyak 500 gr 
  • Cuci dengan bersih dan potong-potong sesuai selera 
  • Kemudian tambahkan air satu setengah cangkir dan garam secukupnya 
  • Rebus selama kutang lebih 15 menitan 
  • Sup wortel telah siap. Anda dapat mengkonsumsi sup wortel ini untuk menu sarapan dan juga sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kesimpulan 

Diare meskipun bukan merupakan penyakit yang serius dan mematikan, namun sangat mengganggu aktifitas penderitanya. Belum lagi harus berulangkali bolak-balik ke kamar mandi untuk BAB.

Mengatasi diare dengan cara alami sangat dianjurkan karena telah terbukti ampuh dan menyehatkan, juga tidak mempunyai efek samping yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Oleh karena itu, jika diare melanda sebaiknya gunakanlah cara-cara alami seperti di atas untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.