Tips Merawat Kuku Agar Terlihat Putih dan Bersih




Tips Merawat Kuku Agar Terlihat Putih dan Bersih. Warna kuku pada umumnya adalah berwarna putih. Namun ternyata warna kuku dapat berubah menjadi kekuningan yang disebabkan oleh aktifitas kita sehari-hari.

Sahabat Mommy Baiti, kuku juga membutuhkan perawatan. Warna kuku dapat berubah menjadi warna kuning karena jarang di rawat. Perubahan warna kuku juga bisa dikarenakan adanya infeksi jamur.

Tips Merawat Kuku Agar Terlihat Putih dan Bersih


Warna kuku yang putih bersih menjadi enak dipandang dan berarti juga empu nya kuku tersebut rajin merawatnya. Siapapun pasti tidak ingin kukunya terlihat kusam kekuningan karena akan terlihat jorok.

Nah bagaimana caranya mengembalikan warna kuku mejadi putih bersih jika sudah terlanjur berwana kekuningan? Sahabat Mommy Baiti, berikut beberapa tips merawat kuk agar terlihat putih dan bersih yaitu :



1. Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi yang biasanya kita gunakan untuk menggosok gigi dapat digunakan juga untuk memutihkan kuku. Caranya adalah siapkan terlebih dahulu pasta gigi dan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

Oleskanlah pasta gigi ke atas kuku, kemudian sikatlah menggunakan sikat gigi yang sudah disiapkan tadi. Lakukanlah hal ini dalam beberapa menit dengan lembut. Anda juga bisa dengan menambahkan  baking soda pada pasta gigi yang akan dioleskan tadi. Lakukan dengan rutin agar kuku Anda bisa putih alami dengan cepat. Baca juga cara mengatasi ketombe membandel secara alami.

2. Kulit pisang

Ternyata pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita. Dan buah pisang ini dapat juga dimanfaatkan untuk memutihkan kuku lho.

Cara memanfaatkannya pun tidaklah susah, yaitu hanya dengan menyiapkan kulit pisang dan gosok-gosokkan ke kuku. Lakukan hal ini selama beberapa menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin ya.



3. Kulit jeruk

Sama hal nya dengan kulit pisang, memutihkan kuku dengan cara alami dapat menggunakan kulit jeruk. Oleh karena itu jangan membuang kulit jeruk setelah makan jeruk ya.

Kulit jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat menghilangkan warna kekuningan pada kuku. Caranya adalah dengan menggosokkan kulit jeruk tersebut pada kuku. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan warna kuku putih alami. Selain itu kuku juga akan harum wangi jeruk.

4. Cuka apel

Cuka apel mengandung malat dan asam asetat yang dapat digunakan untuk memutihkan kuku. Cuka ael juga mempunyai sifat anti jamur yang akan mengatasi masalah infeksi pada kuku yang dikarenakan oleh jamur.

Cara menggunakannya tidak terlalu sulit, yang perlu dipersiapkan adalah cuka apelnya saja. Campurkan cuka apel sebanyak satu setengah cangkir dengan air hangat sebaskom kecil. Kemudian rendamlah kuku-kuku ke dalam campuran cuka dan air hangat selama kurang lebih 15-20 menit.

Setelah itu basuhlan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah ini secara rutin.

5. Minyak zaitun

Banyak manfaat dari minyak zaitun yang sudah di kenal sejak dulu, diantaraya adalah untuk perawatan rambut, untuk menghaluskan kulit. Dan minyak zaitun juga dapat digunakan untuk memutihkan kuku.

Caranya adalah siapkan minyak zaitun dalam wadah dan juga kuas kecil. Bersihkan kuku terlebih dahulu kemudian oleskan minyak zaitun tadi kek kuku menggunakan kuas secara merata. Diamkan mengering dan jika sudah bilaslah menggunakan air bersih.




6. Lemon dan baking soda


Untuk memutihkan kuku kita juga dapat menggunakan campuran lemon dan baking soda. Caranya adalah dengan memeras lemon dan taruh di mangkuk, kemudian tambahkan naking soda. Aduklah merata hingga membentuk seperti pasta.

Selanjutnya, oleskan pasta tersebut merata pada kuku, gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi. Diamkan beberapa saat hingga mengering baru kemudian membilasnya hingga bersih. Yang perlu diingat adalah jika di sekitar kuku terdapat luka, sebaiknya tidak menggunakan cara ini. Karena lemon akan menyebabkan rasa perih pada luka tersebut.

7. Listerine

Biasanya kita menggunakan listerine untuk berkumur agar area mulut tetap terjaga kebersihannya. Selain itu dengan lsiterin juga membuat gigi lebih bersih dan putih. Baca juga cara memutihkan gigi secara alami.

Manfaat lain dari listerin adalah untuk memutihkan kuku kita, khususnya karena disebabkan oleh infeksi jamur. Sahabat Mommy Baiti, kandungan aktif yang ada di dalam Listerine antara lain mentol, eucalyptol, metil salisilat dan thymol, semua kandungan tersebut merupakan anti jamur yang cukup ampuh.

Caranya adalah tuangkan listerin pada sebuah wadah, kemudian rendamlah kuku-kuku kita. Biarkan kuku tersebut terendam selama 30 menit. Setelah itu baru bilas kuku menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini satu minggu sekali.

8. Hydrogen Peroxide dan banking soda

Untuk memutihkan kuku dapat juga memanfaatkan campuran 3% hydrogen peroxide dan baking soda. Aduklah campuran tersebut hingga membentuk seperti pasta, dan diamkan sebentar.

Selanjutnya oleskan pasta tersebut pada kuku dengan merata, dan diamkan 5-10 menit hingga mengering. Yang terakhir adalah bilas kuku hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan kuku yang putih alami.

9. Tea tree oil

Jika sahabat Mommy Baiti mempunyai kuku yang menguning akibat dari infeksi jamur, maka dapat menggunakan tea tree oil untuk mengatasinya.

Tea tree oil mempunyai kandungan antioksidan dan juga fungisida alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan kuku menjadi putih seperti sedia kala. Tea tree oil juga mempunyai sifat anti mikroba di dalamnya dapat membantu melawan terjadinya infeksi pada kuku sehingga bisa kembali sehat dan putih.

Cara pemanfaatannya adalah dengan mengoleskan tea tree oil pada kuku dan diamkan beberapa menit. Jika sudah sedikit mengering, bilaslah kuku tersebut menggunakan air hangat. Jika ingin mendapatkan hasil lebih cepat, lakukan langkah ini secara rutin minimal sehari 2 kali. Baca juga manfaat air cucian beras untuk kesehatan dan kecantikan.

6. Buah Berry


Buah berry mengandung zat desinfektan yang sangat kuat dan efektif untuk memutihkan kuku, khususnya dari kuku warna kuning akubat jamur.

Caranya adalah dengan menghancurkan buah berry secukupnya dan menambahkannya dengan semangkuk air hangat.

Kemudian rendamlah kuku selama 15-20 menit. dan jika sudah selesai bilaslah menggunakan air hangat. Lakukanlah perawatan kuku ini dengan rutin agar kandungannya bisa bekerja secara maksimal.

Silahkan baca juga artikel :

Demikian 10 tips merawat kuku agar terlihat putih dan bersih dengan cepat dan menggunakan bahan yang mudah didapatkan. Selamat mencoba.