Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Cepat dan Alami




Salah satu permasalahan yang sering muncul pada gigi adalah timbulnya karang gigi. Munculnya karang gigi ini tentunya akan menutupi warna gigi yang semula putih dan juga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang, ketika bertemu dan berbicara dengan orang lain.

Karang gigi ini terbentuk sedikit demi sedikit yang akhirnya dapat menebal seiring berjalannya waktu. Namun, kabar baiknya adalah, sebelum karang gigi semakin menumpuk, ada banyak cara membersihkan karang gigi agar gigi kembali putih bersih seperti sedia kala.

Sahabat Mommy Baiti, perlu diketahui bahwa jika karang gigi ini tidak segera dibersihkan, maka lambat laun akan terus menumpuk dan ketebalan karang gigi otomatis akan bertambah atau menebal. Dengan demikian juga perlu pengerjaan ekstra untuk membersihkan karang gigi yang membandel. Silahkan baca juga Manfaat puasa untuk kesehatan Tubuh.

Penyebab Munculnya Karang Gigi


Dengan mengetahui faktor apa saja yang bisa menimbulkan karang pada gigi, diharapkan kedepannya setelah karang gigi ini dibersihkan tidak akan muncul lagi. Karang gigi adalah plak gigi yang mengalami penumpukan dan pengerasan secara bertahap, sedikit demi sedikit, dan akhirnya akan menumpuk banyak.

Dan setelah mengeras, maka karang gigi jauh lebih sulit untuk dibersihkan daripada plak gigi. Secara umum, karang gigi terbentuk dari sisa-sisa dari makanan yang dikonsumsi. Silahkan baca juga menghilangkan mata ikan dengan cara alami.

Dari sisa-sisa makanan ini kemudian bercampur dengan air liur dan menempel pada permukaan gigi sehingga membentuk sebuah lapisan biofilm yang tipis. Jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu yang lama dan tidak dibersihkan maka akan menyebabkan terbentuknya karang gigi.

Karang gigi dapat berakibat bau mulut menjadi tidak segar dan tidak sedap, dan efek lainnya dari adanya karang gigi antara lain adalah sebagai berikut :


1. Radang gusi

Kondisi mulut dan gigi yang kotor akan menyebabkan gusi mudah terkena terinfeksi sehingga gusi akan muda terinfeksi dan bahkan berdarah. Kondisi terparahnya adalah bisa menimbulkan benjolan nanah pada gusi.

2. Gigi berlubang

Karang gigi yang menempel pada gigi bisa mengakibatkan gigi keropos arena karang gigi mengeluarkan zat asam yang menggerogoti email gigi dan sangat merugikan kondisi gigi. Dengan kondisi gigi yang keropos sangat memungkinkan berakibat gigi berlubang.

3. Periodontitis

Pada saat radang gusi semakin parah, akan mengakibatkan jaringan lunak dan tulang penyangga gigi menjadi rusak. Jika sudah demikian gigi akan mudah sekali untuk lepas. Dan jika ada bakteri yang terdapat gusi masuk ke dalam aliran darah dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius lagi.

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami


Agar terhindar dari bahayanya karang gigi yang menumpuk, ada banyak cara membersihkan karang gigi yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu :

1. Rutin Menggosok Gigi

Dengan rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan gigi maupun untuk kesehatan mulut. Selain itu, dengan menggosok gigi juga dapat menangkal dan mengatasi timbulnya karang gigi karena dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

Menggosok gigi sebaiknya dilakukan setelah makan dan ketika akan tidur. Dan cara menggosok gigi yang dianjurkan adalah dengan cara menggosok gigi dari atas ke bawah, tidak perlu keras-keras yang penting bersih dari sisa makanan yang tertinggal.

2. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Pasta gigi merupakan faktor yang perlu diperhatikan dalam menggosok gigi dan juga untuk membersihkan karang gigi. Pasta gigi yang mengandung fluoride sangat dianjurkan digunakan karena dapat membersihkan karang gigi, karena fluoride dapat mencegah plak berkembang.

Selain pasta gigi yang mengandung fluoride, pasta gigi yang bagus untuk membersihkan karang gigi adalah yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan, karena pada kandungan tersebut mampu menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

3. Flossing

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya adalah dengan cara flossing. Flossing adalah salah satu cara alternatif untuk menghilangkan dan membersihkan karang gigi. Hal ini karena flossing dapat menghilangkan sisa-sisa makanan pada area mulut serta menangkal bakteri. Sebaiknya flossing dilakukan sehari sekali agar gigi tetap bersih.

4. Minum Air Putih

Minum air putih memang banyak manfaatnya untuk kesehatan karena bisa membantu melancarkan metabolisme pada tubuh. Silahkan baca juga manfaat minum air putih. Dan cara membersihkan karang gigi bisa dengan cara minum air putih, dengan anjuran para ahli, minimal konsumsi air putih adalah 8 gelas setiap harinya.

5. Kurangi konsumsi Gula dan tepung

Makanan yang biasanya dapat memicu plak pada gigi adalah makanan-makanan yang terbuat dari ahan gula dan tepung. Cara membersihkan karang gigi adalah dengan cara mengurangi makanan dari bahan-bahan tersebut sehingga akan dapat meminimalisasi munculnya karang gigi.

6. Hindari atau kurang merokok

Sudah banyak yang membahas tentang bahaya dari merokok. Selain dapat menimbulkan penyakit yang mematikan, zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok juga dapat menimbulkan karang gigi. Karang gigi yang disebabkan karena merokok jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

7. Periksa gigi secara rutin

Mendatangi dokter gigi untuk memeriksakan kondisi tidak harus pada saat terjadi sakit pada gigi. Namun pada umumnya orang mengunjungi dokter gigi ketika terjadi suatu masalah pada giginya. Dengan memeriksakan gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali dapat mencegah timbulnya plak atau karang gigi.

Sahabat Mommy Baiti, selain dengan cara diatas, cara mengatasi karang gigi yang membandel adalah bisa dengan menggunakan cara yang alami, seperti yang berikut ini :

1. Menggunakan kulit Jeruk

Ini adalah salah satu cara mengatasi karang gigi yang sederhana, namun cara ini telah dipercaya sejak secara turun temurun yang ampuh. Cara mengaatasi karang gigi secara alami dengan memanfaatkan kulit jeruk karena alasan pada jeruk mengandung banyak vitamin dan nutrisi.

Caranya cukup mudah yaitu langkah pertama adalah ambil kulit jeruk yang telah dibersihkan, kemudian gosok-gosokan pada gigi hingga merata. Setelah merata, biarkan selama semalaman, dan keesokan harinya barusan bilas gigi dengan cara berkumur. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah cara ini secara rutin.

2. Mengunyah daun sirih

Mungkin sahabat Mommy Baiti pernah melihat kakek atau nenek yang sedang mengunyah-nguyah sesuatu yang tiada habisnya? Terkadang dimulutnya berwarna merah. Nah, ternyata yang dikunyah itu adalah daun sirih.

Manfaat mengunyah daun sirih ini adalah dapat untuk membersihkan karang gigi yang membandel dan juga dapat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Silahkan baca juga cara menghilangkan bau mulut.

3. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan dan sayuran mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita, termasuk untuk kesehatan mulut.

Sebut saja melon, apel, seledri, wortel dapat digunakan untuk menghilangkan dan mengatasi atau membersihkan karang gigi yang membandel. Selain itu juga ampuh untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Hal tersebut karena pada buah melon dapat membantu untuk memproduksi air liur sehingga kondisi mulut tidak kering.

4. Menggunakan baking soda

Baking soda tidak hanya dapat untuk membuat kue saja, namun juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi karang gigi yang membandel, parah, dan sudah mengeras. Tidak hanya itu, karena baking soda juga dapat untuk membuat gigi menjadi putih. Silahkan baca juga cara memutihkan gigi secara alami.

Tertarik untuk menggunakan baking soda untuk memberantas karang gigi? Caranya adalah ambil 1sdm baking soda, kemudian tambahkan sedikit garam dan aduk hingga merata.

Kemudian gunakan untuk menggosok gigi secara merata menggunakan sikat gigi selama kurang lebih 2 menit. Setelah selesai bersihkan dengan cara berkumur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah hal ini secara rutin. Baca juga Manfaat buah naga yang jarang diketahui.

Nah, demikianlah beberapa cara membersihkan karang gigi yang membandel secara alami sehingga tidak ada efek samping dan juga aman terhadap kesehatan gigi pada khususnya. Semoga bermanfaat.