Cara Cepat Mengatasi Demam Pada Anak dan Bayi




Cara Cepat Mengatasi Demam Pada Anak dan Bayi. Anak adalah buah hati kesayangan sebagai pelengkap dalam membangun rumah tangga. Selain itu anak juga sebagai penerus generasi di masa mendatang sehingga sangat wajar jika setiap orangtua selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk anak kesayangannya.

Mulai dari pakaian, makanan, pendidikan, masa depan, orangtua akan berjuang dan rela berkorban agar anak-anaknya dapat mendapatkan yang terbaik. Bagaimana jika si anak sakit? Tentunya sebagai orangtua akan merasa khawatir, sedih, bingung, atau bahkan panik. Karena ibarat kata jangankan sakit yang menimpa pada anak, nyamuk hinggap di kulit sang anak saja orangtua seakan tidak akan rela.

Sahabat Mommy Baiti, pastinya setiap orang pernah merasakan sakit, termasuk juga anak-anak ataupun bayi. Demam, diare, panas, batuk pilek, dan lain sebagainya adalah jenis-jenis sakit yang umum di alami oleh anak-anak maupun bayi.

Saat si kecil demam misalnya, berarti itu merupakan pertanda bahwa tubuh si kecil ini sedang melawan suatu penyakit. Silahkan baca juga cara meredakan diare pada anak.

Sebaiknya tetap tenang dan jangan langsung tergesa-gesa untuk membawa si kecil ke dokter. Karena demam pada anak dan bayi dapat di atasi sendiri oleh orangtua. Bagaimana caranya?

Cara Cepat Mengatasi Demam Pada Anak dan Bayi


Demam dapat terjadi pada anak saat setelah imunisasi, terserng suatu virus, atau bermain terlalu lama di bawah terik matahari. Dan jika anak atau bayi terserang demam menandakan bahwa sistem kekebalan tubuhnya masih bekerja dengan baik saat melawan serangan penyakit.



Saat demam melanda, pastikan anak atau bayi masih mau mengkomsumsi makanan atau minum susu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Yang patut diwaspadai oleh orangtua saat anak mengalami demam adalah kondisi dimana :
  • Anak tidak bersemangat dan terlihat lesu 
  • Pernapasannya terganggu 
  • Tubuh anak mengalami kejang 
  • Tidak nafsu makan 
  • Muncul ruam 
  • Anak susah tidur dan cenderung uring-uringan 
  • Muncul tanda-tanda dehidrasi pada anak 

Sebagai catatan penting, pada dasarnya demam pada anak tidaklah membahayakan. Namun jika demam sudah mengarah pada dehidrasi, kejang, atau kesadaran menurun, harus segera mendapat penanganan dari tim medis secepatnya.

Penting untuk mengetahui demam pada anak ini disebabkan oleh apa, untuk menentukan penanganan selanjutnya. Dan berikut ini cara cepat mengatasi demam pada anak dan bayi yang akan dijabarkan secara tersendiri, yaitu :


A. Cara mengatasi demam pada bayi


Jika demam terjadi pada bayi yang berusia kurang dari 3 bulan sebaiknya segera membawanya ke dokter agar bisa segera ditangani. Hal ini dikarenakan bayi dengan usia di bawah 3 bulan belum mempunyai lapisan pelindung sel antara aliran darah dan sistem saraf pusat yang kuat. Dengan demikian beresiko terjadi masalah serius berupa mikroorganisme yang dapat menyebar dan merusak jaringan saraf.

Dan jika demam terjadi pada bayi dengan usia di atas 3 bulan dapat membawanya ke dokter ketika demam tidak kunjung turun dalam waktu 24 jam. Suhu tubuh pada bayi normal berada di kisaran 36-37 derajat Celcius.

Untuk mengukur suhu tubuh pada bayi dapat menggunakan alat termometer dengan cara mengukur bisa melalui mulut, ketiak, atau anus. Mengukur suhu bayi melalui anus lebih disarankan karena hasilnya di nilai lebih akurat. Cara yang dianjurkan saat mengukur suhu tubuh bayi melalui anus adalah sebagai berikut :
  • Sebelum melakukannya harus dipastikan bahwa termometer tersebut dalam keadaan higienis 
  • Jangan lupa mengolesi termometer tadi dengan petroleum jelly 
  • Posisikan bayi tengkurap, dan masukkan termometer dengan kedalaman 2 – 2,5 cm 
  • Tunggu kira-kira 2 menit, dan cabut secara perlahan untuk mengetahui hasil suhu tubuh bayi 

Cara mengatasi demam pada bayi dengan usia di atas 3 bulan dapat dilakukan penanganan sederhana di awal yaitu :
  1. Gunakanlah air hangat untuk keperluan mandi bayi. Mandi dengan menggunakan air hangat juga dapat melancarkan pernafasan dan dapat pula membuat bayi merasa lebih nyaman. 
  2. Sebaiknya beri pakaian bayi dengan bahan yang tipis saat demam melanda, dan jangan menggunakan pakaian yang berbahan tebal. 
  3. Hindarkan bayi dari kekurangan cairan atau dehidrasi dengan cara memberikan ASI, susu formula, atau air putih. 
  4. Berkonsultasilah dengan dokter jika ingin memberikan obat untuk mengatasi demam pada bayi. 

B. Cara mengatasi demam pada anak


Ketika anak mengalami demam yang di khawatirkan adalah beresiko dehidrasi, oleh karena itu jangan biarkan anak kekurangan cairan karena kurang minum air putih. Silahkan baca juga tips pemulihan pasca persalinan secara caesar

Selagi demam, pastikan anak memperoleh cairan dengan cukup yaitu dengan cukup minum air putih. Secara lengkap cara mengatasi demam pada anak adalah sebagai berikut :

1. Mandi menggunakan air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat bermanfaat untuk membantu meredakan anak dari demam. Jika anak susah untuk mandi karena badan terasa tidak enak, dapat dengan melakukan mengelap tubuh anak menggunakan handuk basah yang hangat.

2. Pastikan anak beristirahat yang cukup

Salah satu cara untuk meredakan demam dan suhu tubuh anak dapat kembali normal adalah dengan cara memberikan anak istirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup ini dalam artian istirahat atau tidur dengan porsi yang lebih dibandingkan dengan saat kondisi sehat tanpa demam. Silahkan baca juga manfaat kopi untuk kesehatan

3. Perbanyak minum air putih

Dengan memperbanyak minum air putih dapat menghindarkan dari dehidrasi atau kekurangan cairan karena jika sampai terjadi dehidrasi maka akan dapat mengakibatkan muncul penyakit lainnya.

4. Pijat dan olesi tubuh dengan PepperMint Oil

Mengolesi tubuh anak yang sedang demam terutama pada punggung, dada akan dapat membantu meredakan demam pada anak. Selain itu juga dapat untuk melancarkan hidung yang tersumbat sehingga pernafasan akan lebih lancar berkat mentol yang terkandung pada peppermint oil tersebut.

Sembari mengoleskan minyak tersebut, bisa dengan ditambahkan memberikan pijatan lembut pada dada dan punggung anak.

5. Berikan obat penurun demam

Parasetamol adalah obat penurun demam yang sering digunakan oleh orangtua untuk meredakan demam pada anaknya karena dinilai memiliki efek samping yang rendah.

Namun meskipun demikian pemberian parasetamol haruslah sesuai dengan petunjuk penggunaan anjuran dokter dan dengan disesuaikan dengan usia anak.

6. Konsumsi makanan hangat

Mengkonsumsi makanan hangat diharapkan dapat membuat anak berkeringat ketika demam, selain juga dapat melancarkan peredaran darah. Tentunya hal ini sangat baik sekali.

Ketika anak demam sebaiknya di beri makanan hangat seperti bakso, sup, atau yang lainnya. Jika anak juga suka pedas, bisa ditambahkan sambal secukupnya untuk lebih merangsang keringat yang keluar.

7. Perhatikan gizi makanan anak

Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting bagi anak agar daya tahan tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Untuk itu sebagai orangtua harus rajin memperhatikan pola konsumsi makanan anak, terlebih saat anak menderita demam atau sakit lainnya.

Cara cepat mengatasi demam pada anak adalah tidak memberikan makanan kurang sehat misalnya mie instan, makanan siap saji, minuman bersoda, minuman mengandung kafein, dan lain-lain.

8. Buat anak senyaman mungkin

Kondisi anak yang nyaman akan membantu meringankan demam pada anak. Oleh karena itu sebagai orangtua jangan hanya fokus pada turunnya suhu tubuh anak sehingga mengabaikan keadaan anak itu sendiri. Silahkan baca juga Cara Mudah Mengatasi Kebiasaan Mengompol Pada Anak.

Jika anak berada pada kamar, orangtua sebaiknya memastikan kondisi suhu kamar tersebut agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jika anak mengalamin menggigil atau kedinginan berilah selimut yang hangat.

Kenakan pakaian pada anak dengan bahan yang tidak terlalu tebal dengan tujuan agar panas tubuh bisa keluar dengan maksimal. Jika menggunakan pakaian dengan bahan tebal akan dapat mencegah panas tubuh keluar sehingga akan dapat berdampak buruk pada anak. Baca juga khasiat dan manfaat buah naga untuk kesehatan.

Selain itu, periksa suhu tubuh anak secara rutin dan berkala. Jangan hanya menggunakan tangan saja untuk mendeteksi suhu tubuh anak. Agar lebih akurat sebaiknya menggunakan termometer. Demikianlah cara cepat mengatasi demam pada anak dan bayi, semoga bermanfaat.