Langkah Mudah Memutihkan Gigi Dengan Cara Alami




Langkah Mudah Memutihkan Gigi Dengan Cara Alami. Mendapati kondisi gigi yang menguning tentunya bukanlah suatu kabar yang menggembirakan.Hal ini sedikit banyak pastinya akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri di saat bergaul dan berinteraksi sosial lainnya.

Selain itu, gigi yang berwarna kuning ini identik dengan gigi yang jorok, kotor, dan tidak sehat. Tentunya sahabat Mommy Baiti semua tidak akan mau bila mempunyai gigi yang demikian bukan?

Sebaliknya, mempunyai gigi yang putih bersih menjadi dambaan bagi setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Gigi yang putih bersih menandakan gigi yang sehat dan terawat, tentunya akan bisa lebih menunjang penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Guru, dosen, dan seorang pembawa acara misalnya, tentunya akan menjadi tujuan mata memandang sehingga akan lebih baik jika mempunyai penampilan menarik dan gigi putih bersih. Silahkan baca juga tips agar gigi tidak berwarna kuning.

Penyebab Gigi Berwarna Kuning 


Ada banyak faktor penyebab mengapa warna putih gigi memudar dan kemudian berwarna kuning. Pada umumnya karena perawatan terhadap gigi itu sendiri dan juga biasanya karena mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu dalam jangka panjang.

Kopi dan teh sudah biasa di sebut-sebut sebagai penyebab gigi menguning. Bukan tanpa alasan jika mengkambinghitamkan kedua minuman nikmat tersebut. Tannin yang terkandung pada teh dan juga kafein yang terdapat pada kopi adalah merupakan penyebab terbesar pudarnya warna alami gigi yang putih.

 Kandungan nikotin yang ada pada rokok juga dapat menyebabkan gigi berwarna kuning. Hal ini bisa kita lihat pada para perokok aktif yang telah merokok secara terus menerus dalam rentang waktu yang Panjang, biasanya mempunyai gigi yang tidak lagi putih. Silahkan baca juga Manfaat kopi untuk kesehatan.

Sebaiknya bagi penikmat kopi, teh, maupun perokok agar lebih sering memperhatikan warna gigi dan lebih sering membersihkan giginya misalnya dengan cara menyikat gigi.



Langkah Mudah Memutihkan Gigi Dengan Cara Alami 


Kembali lagi tentang cara memutihkan gigi secara alami, agar sahabat Mommy Baiti yang saat ini sedang mencari cara mengembalikan warna putih pada gigi segera mendapatkan jawabannya.

Meskipun sekarang ini adalah jaman serba canggih yang pastinya juga terdapat cara memutihkan gigi cepat dan instan, namun tidak ada salahnya jika di coba terlebih dahulu cara memutihkan gigi secara alami, diantaranya yaitu :

1. Rutin Menggosok Gigi 

Mengosok gigi atau menyikat gigi secara rutin dapat menjaga agar gigi tetap putih bersih terawat. Hal ini pastinya sudah dilakukan secara umum. Namun yang perlu diperhatikan adalah melakukannya secara rutin, minimal dua kali setiap harinya.

Dan juga akan lebih baik jika segera menggosok gigi setelah makan agar kondisi gigi tetap bersih dan juga tidak berbau yang tidak sedap. Silahkan baca juga Cara alami menghilangkan bau mulut.

2. Bersiwak 

Jauh sebelum orang mengenal pasta gigi, siwak sudah digunakan untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Bersiwak adalah membersihkan gigi menggunakan batang kayu. Siwak ini berasal dari pohon arak, yaitu pepohonan semak belukar kecil yang banyak tumbuh di Timur Tengah dan Asia.

Bahkan diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW dan para sahabat-sahabatnya sering menggunakan siwak untuk membersihkan gigi. Langkah mudah memutihkan gigi dengan bersiwak adalah sebagai berikut :
  • Ambillah sebatang siwak, bisa berasal dari batang pohon arak atau akarnya 
  • Kemudian bersihkan kulit siwak tersebut, dan selanjutnya tumbuklah sampai halus 
  • Celupkan tumbukan siwak ke air hangat supaya sedikit lebih lembut 
  • Selanjutnya gunakan untuk menggosok gigi secara perlahan dan merata 
  • Lakukan penggosokan gigi selama kurang lebih 3-4 menit 
  • Yang terakhir adalah bersihkan gigi dengan cara berkumur. 

3. Arang kayu 

Fakta menarik adalah dating dari arang kayu. Arang kayu yang biasa digunakan untuk membakar sate atau yang lainnya ternyata mempunyai manfaat lain yaitu untuk memutihkan gigi secara alami.

Arang kayu mempunyai sifat penyerap yang baik sehingga dalam dunia kedokteran sering menggunakannya untuk mengatasi orang yang mengalami keracunan.

Tidak hanya racun, noda yang ada pada gigi juga bisa di serap juga sehingga bagus untuk memutihkan dan merawat gigi agar tetap putih bersih. Cara memutihkan gigi dengan arang kayu adalah sebagai berikut :
  • Pilihlah arang kayu yang bersih kemudian tumbuk dan haluskan 
  • Campurkan tumbukan tadi dengan air hangat 
  • Kemudian gunakan pasta arang tersebut sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi 
  • Sebaiknya gunakan pasta arang kayu ini secara berkala saja, karena jika terlalu sering bisa membuat gigi linu dan berlubang. 

4. Kulit jeruk 

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C, demikian juga dengan kulit jeruk yang juga mengandung vitamin C dan dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Kulit jeruk bisa menjadi alternatif jika susah untuk menemukan siwak, karena keduanya mempunyai manfaat yang sama yaitu untuk menghilangkan plak pada gigi.

Selain untuk memutihkan gigi, kulit jeruk juga dapat membantu menghilangkan karang gigi dengan cepat. Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk secara alami adalah sebagai berikut :
  • Siapkan sikat gigi dan kulit jeruk yang masih segar 
  • Kerok bagian putih dari kulit jeruk tadi, kemudian letakan diatas sikat gigi 
  • Selanjutnya gunakanlah untuk menggosok gigi seperti biasanya 
  • Dalam melakukannya, bisa juga menambahkan pasta gigi agar hasil lebih maksimal 
  • Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat 
  • Cara lain, adalah dengan secara langsung menggunakan kulit jeruk bagian dalam yang berwarna putih untuk digosokkan langsung pada gigi. 

5. Baking soda 

Sudah tidak asing lagi bahwa baking soda sering digunakan dan direkomendasikan untuk memutihkan gigi secara alami. Hal tersebut karena pada baking soda terdapat kandungan bahan aktif yang bersifat keras sehingga dapat membantu mengangkat noda hitam yang membandel pada gigi.

Baking soda sangat cocok digunakan untuk gigi kuning yang sudah bertahun-tahun yang salah satunya disebabkan karena rokok. Terdapat dua alternatif cara memutihkan gigi kuning secara alami menggunakan baking soda, yaitu membuatnya menjadi pasta trlbih dahulu atau juga bisa dijadikan sebagai obat kumur.

6. Garam dan lemon 

Langkah mudah memutihkan gigi gengan cara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan garam dan lemon. Pada garam mempunyai butiran halus yang dapat bertindak layaknya scrub pengangkat kotoran.

Sedangkan lemon mengandung vitamin C dan asam yang dapat digunakan untuk melunakkan plak pada gigi. Dengan demikian, keduanya bisa menjadi kombinasi yang cocok untuk memutihkan gigi secara alami.

7. Biji pinang 

Cara memutihkan gigi secara alami berikutnya adalah bisa dengan memanfaatkan biji pinang. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu : Bakarlah biji buah pinang hingga hangus Kemudian haluskan hingga lembut Selanjutnya gunakan untuk menggosok gigi menggunakan sabut pinang atau kain katun.


Berhenti merokok


Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah dengan berhenti merokok. Merokok tidak hanya dapat menimbulkan berbagai penyakit yang merugikan kesehatan tubuh, namun juga dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning. Oleh karena itu dengan berhenti merokok, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan yaitu selain kesehatan tubuh tetap terjaga juga gigi bisa tetap putih bersih.

Dari 8 langkah mudah memutihkan gigi dengan cara alami di atas, Anda bisa mencobanya untuk mendapatkan gigi yang putih bersih terawat. Gigi yang sehat, putih dan bersih bisa didapatkan dengan cara yang mudah, murah, dan alami.

Jika memutihkan gigi dengan cara alami sudah berhasil didapatkan maka tidak perlu lagi berkonsultasi ke dokter gigi atau menjalani perawatan gigi yang tentunya memerlukan biaya ekstra. Kuncinya adalah melakukannya secara rutin dan berkelanjutan. Selamat mencoba.