Cara Mengatasi Rambut Mudah Patah dan Bercabang



Cara Mengatasi Rambut Mudah Patah dan Bercabang. Banyak yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota, terutama bagi kaum perempuan. Dengan rambut yang panjang, hitam, sehat, dan terawat maka penampilan akan terlihat lebih menarik. Namun bagaimana jika kondisi rambut kebanggaan ini mudah patah dan bercabang?

Sahabat Mommy Baiti, rambut bercabang dapat terjadi akibat tidak ada sinkronisasi antara sel pertumbuhan rambut yang disebabkan oleh banyak faktor. Dengan demikian rambut tidak dapat tumbuh dengan lurus. Dan rambut mudah patah atau rambut bercabang ini umumnya merupakan masalah besar bagi perempuan. Baca juga cara alami untuk menghitamkan rambut.

Penyebab Rambut Mudah Patah dan Bercabang

Penggunaan cat rambut yang mengandung zat kimiawi di sebut sebagai salah satu faktor penyebab rambut bercabang. Dengan intensitas penggunaan cat rambut dapat menyebabkan muncunya ketombe, rambut menjadi kering, mudah patah, dan bercabang. Baca juga cara mengatasi ketombe secara alami.

Rambut bercabang sedikit banyak tentunya bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seorang perempuan. Aktifitas dan rutinitas yang padat sehingga melalaikan untuk merawat rambut juga dapat menjadi penyebab rambut mudah patah dan bercabang. Bahkan, uban dapat juga muncul

Selain itu, pemilihan dan penggunaan produk perawatan rambut seperti shampo, conditioner, dan lainnya yang tidak sesuai dengan kondisi dan jenis rambut. Oleh karena itu gunakan produk perawatan rambut yang tepat dan sesuai ya.

Cara Mengatasi Rambut Mudah Patah dan Bercabang Secara Alami

Rambut mudah patah dan bercabang akan mudah dialami oleh perempuan yang berambut panjang. Jadi rambut panjang mempunyai resiko lebih besar untuk rambutnya.

Namun ini bukan berarti rambut pendek dapat terhindar dari masalah rambut barcabang. Jika perawatan yang dilakukan pada rambut salah, maka resiko rambut mudah patah dan bercabang akan dapat dialami oleh siapa saja.

Rambut mudah patah dan bercabang tidak merupakan indikasi terhadap kesehatan tubuh, dan tidak juga membahayakan bagi tubuh. Permasalahan rambut bercabang hanya karena alasan penampilan semata.

Lalu bagaimana cara mengatasi rambut mudah patah dan bercabang? Berikut adalah penggunaan bahan-bahan alami untuk mengatasi permasalahan rambut tersebut yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Penggunaan bahan-bahan alami ini tentunya aman dan tidak mempunyai efek samping.

Apa saja bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan rambut? Sahabat Mommy Baiti, yuk kita intip yang berikut ini :

1. Potong rambut 

Yup, cara instan untuk mengatasi masalah rambut mudah patah dan bercabang adalah dengan memotongnya. Potonglah rambut yang bercabang sehinga nantinya ujung dari rambut adalah rambut yang sehat.

Setelah memotong rambut yang bercabang, kemudian berikan perawatan yang terbaik untuk rambut agar dapat tumbuh rambut sehat selanjutnya.

Memotong rambut bercabang dapat dilakukan kapan saja ketika mendapati rambut bercabang. Tentunya tidak merusak style potongan rambut ya.

2. Komsumsi Vitamin B 

Vitamin B berguna untuk pembentukkan kolagen. Hal tersebut akan membantu rambut menjadi tidak mudah rusak dan bercabang. Untuk kaum perempuan yang menginginkan rambut sehat dianjurkan untuk menambah konsumsi vitamin B.

3. Lidah Buaya 

Lidah buaya sudah terbukti sejak dulu akan khasiatnya dalam merawat kesehatan rambut. Kandungan manfaat yang terdapat pada lidah buaya berkhasiat untuk menghitamkan dan menyehatkan rambut. Tidak hanya untuk dewasa saja, karena lidah buaya juga aman digunakan untuk bayi. Baca juga Cara Agar Rambut Bayi Lebat Dengan Cepat.

Dengan menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut dapat mencegah terjadinya rambut mudah patah dan bercabang. Caranya adalah seperti di bawah ini :
  • Ambil lidah buaya dan patahkan
  • Gunakan lendirnya untuk dioleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata
  • Diamkan selama kurang lebih 15 - 20 menit
  • Setelah selesai bilaslah rambut hingga bersih.


4. Telur 

Pada telur mengandung protein hewani yang tinggi dan biasa digunakan untuk lauk serta membuat kue. Namun ternyata terdapat manfaat lain dari telur yaitu untuk perawatan rambut agar terhindar dari rambut mudah patah dan bercabang.

Caranya cukup sederhana yaitu :
  • Persiapkan satu butir telur dan ambil bagian putih telurnya
  • Kemudian campurkan dengan tiga sendok minya zaitun dan satu sendok madu
  • Aduklah hingga merata
  • Kemudian oles dan pijat pada rambut dan kulit kepala sampai merata
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Selanjutnya bilas rambut dengan menggunakan air bersih
  • Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Minyak zaitun 

Minyak zaitun mempunyai manfaat dan khasiat yang banyak dan salah satu kandungan dari minyak zaitun ini adalah bermanfaat untuk kesehatan rambut. Jika tertarik menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut, caranya adalah sebagai berikut :
  • Oleskan minyak zaitun merata ke seluruh rambut
  • Diamkan selama kurang lebih lima menit
  • Kemudian bilas menggunakan shampo
Sahabat Mommy Baiti juga bisa mencampurkan minyak zaitun ini dengan minya jarak dan juga minyak almond sebelum mengoleskan ke rambut. Jika sudah merata bungkuslah rambut menggunakan handuk selama 10 menitan. Setelah itu rambut bisa di bilas hingga bersih.

6. Buah Pepaya 

Buah pepaya bagus untuk pencernaan. Namun ternyata buah pepaya juga bagus sebagai bahan alami untuk mengatasi rambut bercabang. Hal ini karena buah pepaya mempunyai kandungan protein yang berguna untuk meembutkan dan menjaga kesehatan rambut kita. Baca juga khasiat pepaya untuk mengatasi rambut beruban.

Cara merawat rambut menggunakan buah pepaya adalah dengan mencampurkan buah pepaya yang sudah dihaluskan dengan yogurt. Kemudian, oleskan ramuan tersebut mulain dari akar rambut hingga ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah selesai bilaslah rambut menggunakan air bersih. 

7. Buah Alpukat 

Suka dengan buah alpukat? Suka di makan langsung atau di buat jus? Keduanya sama-sama nikmat sebagai cara menikmati buah alpukat ya.

Selain nikmat, buah alpukat dapat juga digunakan untuk merawat rambut agar tidak bercabang. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Campurkan buah alpukat dan dua putih telur, kemudian di blender
  • Dan oleskan ramuan tersebut pada rambut secara merata
  • Berikan pijatan lembut saat mengoleskannya agar meresap ke kulit kepala
  • Diamkan beberapa menit
  • Jika sudah, bilaslah menggunakan air dingin.
Mengapa digunakan air dingin? Karena air dingin memiliki fungsi mengontraksi serat-serat rambut sehingga protein yang diperoleh dari putih telur secara maksimal diserap oleh rambut. 

8. Campuran Madu, Yogurt dan Lemon 

Wow ketiganya kalau dicampur dan di beri es akan terasa menyegarkan di saat panas melanda ya. Ketiganya mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi jadi akan menyegarkan tubuh ketika dikonsumsi.

Madu mengandung kolagen yang tinggi sehingga bermanfaat untuk memberikan kelembabab pada rambut. Dan manfaat lain dari ketiganya ketika di campur adalah dapat untuk merawat dan menjaga kodisi rambut agar tetap sehat. Caranya adalah :
  • Campurkan 2 sdm madu, 2 sdm yogurt, 1 sdm lemon
  • Aduklah hingga merata
  • Dan oleskan pada kulit kepala
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Terakhir bilas menggunakan air hangat
  • Lakukan perawatan dengan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 
9. Cuka apel 
Cuka apel dapat digunakan untuk program menurunkan berat badan atau diet. Dan manfaat lainnya adalah untuk mengatasi rambut mudah patah dan bercabang. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Campurkan setengah cangkir sari cuka apel dan satu sdm minyak gandum
  • Kemudian tambahkan air secukupnya, bisa dingit atau hangat
  • Aduk hingga merata
  • Setelah itu oleskan campuran tersebut pada rambut yang dalam keadaan basah
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar dapat meresap secara maksimal 
  • Dan terakhir adalah bilas rambut, bisa menggunakan shampo
  • Baca juga cara alami menghilangkan bau mulut.

Selayaknya mahkota, maka rambut sebaiknya mendapatkan perhatian dan perawatan khusus agar tetap sehat dan terawat. Mengatasi rambut mudah patah dan bercabang menggunakan bahan-bahan alami lebih aman dan tidak merusak rambut. Selamat mencoba.