Mengatasi Rambut Rontok Dengan Cara Alami




Mengatasi rambut rontok dengan cara alami adalah alternatif yang dianjurkan karena cenderung aman dan tidak berbahaya. Hal tersebut karena penggunaan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar kita.

Sebaliknya, jika menggunakan bahan kimia dan ternyata tidak cocok maka dikhawatirkan malah akan membuat kerontokan rambut menjadi semakin parah. Bila kondisi rambut yang rontok dibiarkan secara terus menerus, lambat laun dapat membuat rambut semakin menipis hingga akhirnya akan berujung pada kebotakan.

Tentunya semua orang tidak menginginkan hal seperti ini terjadi pada diri sendiri, sebab banyak orang yang beranggapan bahwa rambut adalah seperti sebuah mahkota.

Rambut rontok juga identik dengan rambut dan kulit kepala yang tidak sehat. Oleh karena itu sebaiknya kita secara rutin merawat rambut serta kulit kepala kita agar kerontokan rambut tidak terjadi.

Mengatasi Rambut Rontok Dengan Cara Alami


Sebagai mahkota, terlebih untuk wanita kondisi rambut ini sangatlah penting karena dapat menambah nilai kecantikan seseorang. Selain itu juga dengan rambut akan banyak gaya yang diciptakan. Rambut rontok adalah sebuah keadaan yang wajar dan normal, selama rambut yang rontok tidak melebihi batasan normal yaitu antara 40 hingga 120 helai rambut.

Namun patut diwaspadai jika rambut rontok melebihi batasan normal karena akan berakibat pada kebotakan.

Nah sahabat Mommy Baiti, berikut ini adalah beberapa alternatif mengatasi rambut rontok dengan cara alami yang dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Dengan menggunaan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan sehingga bisa dipraktekkan sendiri di rumah, yaitu :



1. Mengatasi rambut rontok menggunakan Jahe

Jahe dipercaya dapat membantu mengatasi rambut rontok secara alami. Cara memanfaatkannya sangat mudah yaitu jahe terlebih dahulu dihaluskan dan kemudian digunakan sebagai masker rambut. Tunggulah beberapa saat dan selanjutnya adalah membersihkannya dengan berkeramas.

2. Mengatasi rambut rontok menggunakan bawang putih

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan bawang putih ini, dan ternyata bawang putih berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok. Untuk caranya sama seperti cara di atas yaitu dihaluskan terlebih dahulu. Oiya, bisa juga untuk mengkombinasikan antara jahe dan bawang putih juga lho.

3. Mengatasi rambut rontok menggunakan lidah buaya

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai penangkal rambbut rontok adalah lidah buaya. Lendir pada tanaman lidah buaya dipercaya dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, dan lebih kuat. Selain itu lidah buaya juga dapat merangsang pertumbuhan rambut pada area kulit kepala.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan membasahi rambut terlebih dahulu. Kemudian usapkanlah lendir yang ada pada daging lidah buaya tersebut ke rambut dan kulit kepala secara merata. Baca juga Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Selanjutnya diamkan selama 20 menit untuk kemudian rambut dibilas hingga bersih. Disarankan untuk melakukan ini dalam seminggu 2 hingga 3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengatasi rambut rontok menggunakan Teh Hijau

Teh hijau selain bagus untuk diet ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Caranya adalah dengan menyeduh teh hijau seperti biasa dan tunggulah hingga dingin.

Kemudian basuhkan airnya ke seluruh rambut hingga merata dan diamkan kurang lebih selama 1 jam. Dan yang terakhir adalah membilasnya hingga bersih.

5. Mengatasi rambut rontok menggunakan Kemiri

Kemiri sudah dipercaya sejak nenek moyang kita dapat membuat rambut menjadi sehat dan lebih hitam. Selain itu kandungan minyak kemiri juga bermanfaat untuk membuat akar rambut lebih kuat dan juga merangsang rambut untuk kembali tumbuh pada area kulit kepala. Silahkan baca juga Manfaat Air Bekas Cucian Beras Untuk Kecantikan dan Kesehatan.

Untuk memanfaatkan kemiri untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan cara menyangrai kemiri terlebih dahulu setelah ditumbuk kasar.

Kemudian kembali tumbuk kemiri hingga halus dan mengeluarkan minyak. Nah, usapkan minyak kemiri ini merata pada rambut. Diamkan beberapa saat dan kemudian bilaslah rambut hingga bersih.

6. Mengatasi rambut rontok menggunakan jeruk nipis


Jeruk nipis yang identik untuk obat sakit tenggorakan ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, Anda sudah bisa melakukan perawatan rambut yang rontok secara alami. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala.

7. Mengatasi rambut rontok menggunakan yogurt

Yogurt kaya akan kandungan kalsium, kalium, protein, dan vitamin D. Kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk memberi nutrisi pada rambut dan membantu menguatkan akar rambut.

Caranya adalah cukup dengan mengoleskan yogurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memberi pijatan di kepala, dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu bersihkan rambut dengan menggunakan sampo dan air bersih.

8. Mengatasi rambut rontok menggunakan minyak zaitun


Minyak zaitun bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok karena mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium. Cara menggunakannya adalah dengan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata dengan disertai pijatan lembut.

Kemudian diamkan hingga setengah jam, setelah itu bilaslah rambut dengan menggunakan sampo hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasl yang maksimal.

9. Mengatasi rambut rontok menggunakan buah alpukat

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Buah alpukat selain rasa buahnya yang nikmat, ternyata juga menyimpan khasiat untuk perawatan rambut.

Buah alpukat mengandung protein yang tinggi sehingga buah yang satu ini bagus untuk menutrisi rambut serta sangat efektif untuk menguatkan rambut. Baca juga cara mengatasi rambut mudah rontok dan bercabang.

Caranya adalah dengan menggunakan alpukat ini sebagai masker rambut, yaitu dengan menghaluskan buah alpukat terlebih dahulu.

Kemudian membalurkannya pada rambut serta kulit kepala secara merata. Tunggulah hingga 20 menit, setelah itu bilas rambut dengan menggunakan shampo agar bersih. Silahkan baca juga Cara Menumbuhkan Rambut Rontok Secara Alami.

10. Mengatasi rambut rontok menggunakan santan kelapa

Selanjutnya adalah mengatasi rambut rontok dengan menggunakan santan kelapa. Ternyata santan kelapa ini bisa membuat rambut menjadi lebih halus dan mudah diatur sehingga rambut akan tidak mudah rontok ketika di sisir.

Caranya cukup dengan mengoleskan santan kelapa ke rambut dan kulit kepala secara merata dan diamkan selama tiga puluh menit. Kemudian setelah selesai bilaslah rambut dengan menggunakan sampo dan air bersih. Siahkan baca juga Menghilangkan mata ikan dengan cara alami.

Tips untuk mengurangi rambut rontok

Kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan pada rambut sedikit banyak dapat mempengaruhi kerontokan rambut. Dan hal-hal kecil berikut dapat membantu untuk menghindari rambut rontok, yaitu :
  • Menggunakan sisir yang bergigi jarang 
  • Tidak mengikat rambut terlalu kencang 
  • Tidak menguncir rambut atau dikepang 
  • Memenuhi asupan gizi harian yang seimbang dan juga menjaga pola makan 
  • Tidak menggosok rambut dengan kasar saat keramas, namun sebaiknya menggunakan pijatan lembut 
  • Tidak menggunakan kuku saat menggaruk kulit kepala 

Nah sahabat Mommy Baiti, beberapa cara di atas ini dapat dipraktekkan untuk membantu mengatasi rambut rontok dengan cara alami. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sudah pasti aman juga dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Selamat mencoba.