Penyebab Penyakit Asam Urat Yang Harus Diketahui



Penyebab penyakit asam urat sepatutnya perlu diketahui agar dapat terhindar dari penyakit yang satu ini. Sahabat Mommy Baiti, apakah pernah merasakan nyeri atau ngilu di persendian? Seperti pada persendian lutut, sendir jari tangan atau sendi jari kaki, dan juga di pergelangan kaki.

Jika demikian harap diwaspadai karena salah satu gejala penyakit asam urat adalah adanya nyeri pada persendian yang tidak tertahankan, bahkan bisa juga disertai adanya pembengkakan dan rasa panas.

Ah, Saya kan masih muda, masih jauh lah dari penyakit asam urat… 

Nah ini yang perlu diluruskan, karena penyakit asam urat tidak hanya dimonopoli oleh orang yang sudah lanjut usia saja, namun juga dapat di derita oleh orang berusia muda di usia 20 tahunan. Mengapa bisa begitu?

Karena asam urat adalah sebuah hasil akhir dari metabolisme makanan yang selanjutnya dibuang melalui urine. Tingginya kadar asam urat dapat berasal dari kondisi tubuh yang sangat aktif untuk menghasilkan asam urat di luar batasan normal, juga dapat berasal dari asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Salah satu faktor penyebab penyakit asam urat adalah dari makanan yang kita konsumsi yang mana mengandung zat purin yang tinggi sehingga dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah. Hal ini dikarenakan pada saat mencerna makanan yang mengandung purin, tubuh akan secara otomatis memproduksi asam urat.

Contoh makanan-makanan penyebab penyakit asam urat adalah jeroan hewan (seperti ginjal, hati, jantung), daging merah (sapi, kambing, kerbau), serta makanan hidangan laut (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, dll). Silahkan baca juga manfaat kopi untuk kesehatan.

Jadi siapa saja yang mengonsumsi makanan dengan purin tinggi akan memiliki kadar asam urat yang tinggi pula. Oleh karena itu, meskipun di usia muda bisa saja menderita penyakit asam urat ini karena pola makan yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi. Seringnya mengkonsumsi minuman berakohol juga dapat beresiko terkena penyakit asam urat.

Penyakit asam urat juga rawan di derita juga oleh mereka yang telah menderita diabetes, kelebihan berat badan atau obesitas, dan juga penderita darah tinggi atau hipertensi.


Penyebab penyakit asam urat yang peru diketahui

Penumpukan asam urat yang terus menerus di dalam sendi merupakan penyebab penyakit asam urat. Asam urat sendiri sejatinya adalah limbah yang harus di buang karena terbentuk dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh.

Untuk pembuangan asam urat ini sebagian besar asam urat melalui ginjal dalam bentuk urine dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Nah, asam urat ini akan terus menumpuk jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi. Selanjutnya asam urat ini akan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat yang berukuran mikro dan akan bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi.

Sehingga ketika kristal-kristal tajam tersebut masuk ke bagian persendian dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka yang terjadi kemudian adalah peradangan yang terasa sangat sakit. Silahkan baca juga Manfaat Air Bekas Cucian Beras Untuk Kecantikan dan Kesehatan.

Penggunaan obat-obatan jenis tertentu seperti misalnya sislosporin, diuretik, niacin, aspirin, obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor), obat penghambat beta (beta blocker), dan obat-obatan kemoterapi juga merupakan penyebab penyakit asam urat.

Penyebab penyakit asam urat yang perlu diketahui adalah sebuah bentuk dari komplikasi yang mana penyakit asam urat ini bisa di derita oleh orang yang menderita penyakit ginjal kronik, penyakit diabetes, hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi, osteoarthritis, psoriasis, dan sindrom metabolisme.

Apakah penyebab penyakit asam urat dapat berasal dari faktor keturunan? 

Asam urat dapat disebabkan karena faktor genetik atau faktor keturunan yang artinya adalah jika memiliki anggota keluarga berpenyakit asam urat maka akan berisiko mengalami kondisi yang sama.

Penyebab penyakit asam urat karena faktor genetik atau keturunan ini beresiko seesar 20%. Terlebih bagi yang tidak menjaga pola makan serta tidak bergaya hidup sehat.

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa penyakit yang dikarenakan oleh faktor keturunan akan susah mengobatinya, namun dengan menjaga asupan makanan dan bergaya hidup sehat maka akan dapat untuk meminimalisir resikonya.

Oleh karena itu sangat penting untuk lebih memperhatikan menu makanan beserta kandungannya ketika akan mengkonsumsi makanan setiap harinya.

Karena jika asupan makanan yang di konsumsi banyak mengandung zat purin maka akan dapat memperburuk keadaan dan meningkatkan resiko terjadinya asam urat.

Selain berasal dari makanan, penumpukan asam urat juga bisa berasal dari seringnya konsumsi minuman yang manis baik manis gula alami maupun buatan, juga dari minuman berakohol yang berlebihan. Membatasi atau bahkan menghentikannya akan jauh lebih baik untuk kelangsungan kesehatan tubuh kita.


Tips untuk mencegah penyakit asam urat 

Penyakit asam urat adalah salah satu penyakit yang timbul dikarenakan oleh gaya hidup yang salah. Dan oleh karena itu, berikut adalah tips untuk menjalani pola hidup sehat serta mencegah terkena penyakit asam urat, diantaranya yaitu :


1. Mengatur pola makan 

Asupan makanan sehat sangatlah penting untuk kesehatan tubuh. Untuk menghindari penyakit asam urat harus mengurangi asupan makanan yang kaya akan purin.

Juga jangan terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani. Sebaiknya batasi konsumsi daging tak berlemak, termasuk unggas dan ikan, tidak lebih dari 170 gram per hari.

2. Menjalani program diet yang sehat

Berat badan yang ideal dapat menghindarkan dari penyakit asam urat karena jika terjadi obesitas maka akan terdapat beban yang berlebih dan menekan sendi-sendi yang menyangga berat tubuh.

Sangat disarankan untuk menjalani program diet yang aman dan tidak membahayakan tubuh. Silahkan baca juga Cara Diet Alami dan Sehat Yang Wajib di Coba.

3. Olahraga secara rutin dan teratur 

Dengan rutin berolahraga secara teratur akan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar sehingga mampu untuk menangkal beragam penyakit.

4. Minum Air Putih yang cukup 

Dengan tercukupi cairan dalam tubuh maka akan dapat menghindarkan dari bahaya dehidrasi dan juga membuat asam urat lebih encer sehingga mudah untuk dikeluarkan.

5. Hindari rokok dan minuman berakohol 

Banyak yang mengatakan bahwa rokok dan minuman berakohol dapat merugikan kesehatan tubuh. Dan keduanya ini merupakan salah satu penyebab penyakit asam urat. Untuk itu sebaiknya dihindari rokok dan juga minuman berakohol untuk hidup yang lebih sehat.

Wanita Menopause lebih beresiko penyakit asam urat? 

Kadar asam urat pada wanita yang sudah memasuki masa menopause akan meningkat drastis sehingga biasanya akan merasakan gejala-gejala pegal dan nyeri di bagian persendian. Oleh karena itu sebaiknya pada wanita yang sudah menopause lebih memperhatikan makanan yang di konsumsi setiap harinya. Jangan lewatkan artikel cara mengobati asam urat secara alami.

Dianjurkan juga untuk membatasi asupan makanan yang dapat menyebabkan naiknya kadar asam urat. Sehingga dengan demikian ada yang menyebutkan bahwa menopause adalah salah satu penyebab penyakit asam urat, meskipun itu adalah merupakan sebuah fase alami.