Cara mengobati asam urat secara alami



Cara mengobati asam urat secara alami - Asam urat atau dikenal juga dengan nama Gout adalah suatu kondisi yang dapat menimbulkan rasa nyeri, bengkak dan juga panas di area persendian.

Meskipun pada semua bagian tubuh bisa mengalami asam urat, namun area yang paling sering terserang adalah sendi tangan, jari, lutut, jari kaki dan juga pergelangan kaki. Silahkan baca juga manfaat kopi untuk kesehatan.

Hingga saat ini, cara mengobati asam urat secara alami dianggap lebih baik karena aman dan tidak ada efek samping. Perlu diketahui bahwa asam urat dapat menyerang siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Untuk wanita biasanya lebih tinggi resiko saat memasuki masa menopause.

Oleh karena itu, jika mengalami rasa nyeri pada persendian yang dibarengi dengan tanda merah atau bengkak, sebaiknya segera mencari cara mengobati asam urat secara alami.

Cara mengobati asam urat secara alami 

Penderita asam urat pada umumnya akan merasakan gejala yang semakin berkembang pada jam- jam pertama yang kemudian disertai juga dengan warna kemerahan pada kulit. Pada tahap ini, penderita tidak bisa lagi bergerak secara bebas akibat rasa sakit yang ditimbulkan dari asam urat.

Nah, dalam kesempatan kali ini Mommy Baiti akan berbagi informasi mengenai cara mengobati asam urat secara alami. Pengobatan asam urat secara alami ini tidak mempunyai efek samping negatif terhadap kesehatan tubuh kita. Baca juga Penyebab Penyakit Asam Urat Yang Harus Diketahui.

Oleh karena itu dianjurkan untuk cara mengobati asam urat secara alami yang bahan-bahannya sangat mudah di temukan di sekitar lingkungan kita. Apa sajakah itu? Silahkan simak cara mengobati asam urat secara alami di bawah ini :

1. Buah ceri 

Pada buah ceri terdapat kandungan banyak jenis antioksidan yang dapat mencegah produksi asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Dengan demikian buah ceri ini sangat baik untuk Anda yang mengalami peradangan, nyeri, atau bengkak akibat penyakit asam urat.

Pada sebuah penelitian menyatakan bahwa pasien asam urat yang rutin mengkonsumsi buah ceri mengalami rasa sakit dibandingkan dengan pasien yang tidak mengkonsumsi buah ceri. Untuk itu, bagi penderita asam urat, dianjurkan untuk rutin memakan buah ceri sebanyak 15-20 buah setiap harinya.

2. Seledri 

Seledri ternyata menyimpan banyak kandungan antioksidan seperti asam fenolik yakni asam caffeic serta asam ferulic dan juga flavaols seperti quecetin. Manfaat dari kandungan antioksidan ini adalah untuk mengatasi radang yang terjadi pada persendian karena asam urat dan juga jenis radang lainnya.

Dan salah satu cara mengobati asam urat secara alami dapat dengan memanfaatkan seledri. Di semua bagian seledri dari mulai daun, batang dan ekstrak biji seledri dapat menurunkan penumpukan asam urat dalam tubuh. Cara penyajiannya seledri ini dapat di buat jus dan rutin di minum setiap harinya.

3. Jahe 

Jahe biasanya dikenal sebagai bahan untuk membuat minuman yang dapat menghangatkan badan. Selain itu jahe juga biasa digunakan sebagai penambah aroma dan rasa makanan agar lebih nikmat. Namun ternyata jahe juga dapat digunakan sebagai cara mengobati asam urat secara alami.

Hal ini dikarenakan pada jahe mengandung sifat anti peradangan yang sangat efektif yang dapat digunakan untuk mengurangi sakit akibat asam urat. Zat anti peradangan yang terdapat pada jahe dan dipercayai sebagai obat asam urat adalah gingerols dan shogaol.

Nah, untuk itu, jika mengalami penyakit asam urat dapat memanfaatkan jahe untuk ditambahkan ke dalam makanan atau minuman setiap harinya.

4. Minyak Ikan 

Selama ini minyak ikan sudah terbukti ampuh dapat mengobati peradangan sendi akibat asam urat. Hal tersebut karena minyak ikan ini mengandung omega 3 yang tinggi dan berperan aktif untuk mengurangi penyebab dari radang pada tubuh seperti asam urat.

Untuk itu sebaiknya bagi penderita asam urat mengkonsumsi minyak ikan secara rutin setiap hari. Silahkan baca juga Cara mengatasi ketombe yang membandel.

5. Buah apel 

Bagi penderita asam urat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengansung purin rendah. Salah satunya adalah buah apel karena buah apel mengandung kurang dari 50 mg purin dalam setiap 100 gram apel.

Selain itu, vitamin C yang yang terdapat pada buah apel dapat menjadi obat asam urat alami untuk mengurangi rasa nyeri, ataupun untuk mencegah penyakit asam urat terjadi. Sebaiknya bagi penderita asam urat mengonsumsi 2 hingga 4 buah apel dalam setiap harinya.

6. Buah Pisang 

Buah pisang juga mengandung purin yang rendah seperti halnya pada buah apel. Karena jika sumber makanan mengandung purin yang tinggi dapat memproduksi kadar asam urat dalam tubuh. Nah, pisang bisa menjadi salah satu cara mengobati asam urat secara alami.

Buah pisang juga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat menurunkan tingkat peradangan akibat dari asam urat. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang berguna untuk mengubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga akan lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh.

Dan sebaiknya dalam sehari dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang untuk menghindari asam urat.

7. Buah Nanas 

Kandungan vitamin C pada nanas yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat secara alami. Dan juga pada nanas mengandung zat bromelain yang bermanfaat untuk mengurangi radang akibat dari asam urat serta untuk penyembuhan penyakit asam urat.

8. Garam Epsom 

Garam epson mengandungan magnesium yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat secara efektif. Oleh karena itu, garam epsom dapat dijadikan pengobatan topikal atau pengobatan luar terbaik untuk mengobati asam urat.

Untuk mengatasi nyeri dan mengendurkan otot yang sakit karena asam urat menggunakan garam epsom dapat menggunakan cara berikut :
  • Tambahkan 1 sampai 2 cangkir garam epsom ke dalam air rendaman mandi
  • Gunakan air tersebut untuk merendam seluruh bagian tubuh selama 30 menit. 

Penyakit asam urat dapat terjadi dikarenakan tingginya kadar asam urat di dalam darah. Dalam keadaan kondisi normal, kadar asam urat yang berlebihan ini akan dikeluarkan melalui urin dan tinja. Silahkan baca juga makanan yang disarankan untuk penderita diabetes.

Namun proses pengeluaran asam urat tersebut tidak berlaku bagi penderita asam urat, yang berdampak pada penumpukan kadar asam urat. Jika terjadi hal yang demikian, sebaiknya segera mencari cara mengobati asam urat secara alami. Semoga bermanfaat.