Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan dan Kecantikan



Manfaat minyak kelapa ternyata tidak hanya sebatas untuk bahan memasak saja, karena ternyata minyak kelapa menyimpan segudang manfaat lainnya yaitu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Sahabat Mommy Baiti pada artikel kali ini kita akan mengupas apa saja manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan.

Minyak kelapa menyimpan beberapa manfaat dan khasiat yang aman tanpa efek samping. Perawatan kecantikan dengan bahan alami seperti minyak kelapa ini tidak memiliki resiko apapun dbandingkan dengan penggunaan bahan kimia.
Misalnya saja menggunakan minyak kelapa untuk bahan dasar kosmetik. Tentunya hal ini jauh lebih hemat dibandingkan jika harus membeli bedak dasar atau kosmetik sejenis yang pastinya harganya jauh diatas harga minyak kelapa.

Manfaat minyak Kelapa Untuk Kesehatan dan kecantikan 

Pada sebuah penelitian menyatakan dalam minyak kelapa mangandung asam laurat yang sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kulit kita. Selain kaya akan kandungan asam laurat, pada minyak kelapa juga banyak mengandung vitamin E yang mana vitamin ini bagus untuk kulit.

Vitamin E yang terkandung pada minyak kelapa terdapat sekitar 0.11 mg di setiap 100 mg minyak kelapa. Untuk lebih jelasnya, manfaat minyak kelapa untuk kecantikan adalah sebagai berikut :

1. Minyak Kelapa untuk membersihkan wajah 

Manfaat minyak kelapa ternyata bisa digunakan sebagai bahan pembersih wajah. Dengan harganya yang relatif terjangkau dan merupakan bahan alami aman digunakan untuk kulit wajah karena tidak mengandung zat kimia yang berbahaya.
Silahkan baca juga Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah dan Cara Mencegahnya
Cara penggunaan minyak kelapa untuk membersihkan wajah sangatlah mudah. Ambil dan tuang minyak kelapa secukupnya pada telapak tangan kemudian usapkanlah pada wajah dengan gerakan memutar. Jika kotoran di rasa sudah terangkat semua, bilaslah wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

2. Minyak kelapa sebagai pelembab kulit 

Minyak kelapa memang dipercaya sejak jaman dulu kala sebagai bahan alami yang dapat melembabkan kulit, termasuk juga kulit wajah. Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah hasil penelitian yang menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat efektif untuk mengatasi kulit kering yang tentunya juga aman.

Jika menggunakan minyak kelapa sebagai krim pelembab wajah, caranya adalah dengan mengoleskannya merata ke seluruh wajah. Kemudian diamkan hingga beberapa saat agar meresap dengan maksimal. Penggunaan minyak kelapa di bagan kulit lainnya adalah sama. Setelah dioleskan secara merata kemudian tunggulah beberapa saat agar mengering, barulah bisa berpakaian. 

3. Minyak Kelapa untuk mengatasi masalah jerawat 

Kandungan asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Karena asam laurat berfungsi sebagai antiseptik saat melawan bakteri penyebab jerawat, yang disebut dengan Propionibacterium acnes.

Untuk cara pemakaiannya, minyak kelapa bisa langsung dioleskan seperlunya pada kulit yang berjerawat.

4. Minyak kelapa untuk penghilang makeup 

Manfaat minyak kelapa selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai penghilang makeup. Nah bagi sahabat Mommy Baiti yang bingung cara membersihkan wajah dari makeup, dapat menggunakan minyak kelapa ini ya. Karena minyak kelapa adalah alternatif terbaik yang dapat digunakan, dan tanpa menyumbat pori-pori di kulit wajah.

5. Minyak kelapa untuk membersihkan tubuh 

Minyak kelapa juga dapat berfungsi sebagai scrub untuk membersihkan tubuh. Cukup dengan mencampurkan minyak kelapa tersebut dengan gula merah atau bubuk kopi saja. Bahan campuran tersebut dapat digunakan sebagai scrub saat mandi.

Caranya adalah dengan menggosok tubuh dengan bahan campuran tadi yang berguna untuk mengangkat sel-sel mati tubuh. Setelah dirasa cukup, bilaslah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

6. Minyak kelapa untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah 

Jika sahabat Mommy Baiti mengalami bibir kering dan pecah-pecah, bisa menggunakan minyak kelapa untuk solusinya. Caranya adalah oleskan minyak kelapa secara merata di permukaan bibir agar kulit bibir tetap lembab dan terhidrasi.

Jika ingin menggunakan minyak kelapa sebagai scrub untuk area bibir, cukup dengan mencampurkan minyak kelapa dengan gula pasir secukupnya.

7. Minyak Kelapa sebagai krim pencukur 

Manfaat minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai krim cukur. Penggunaan minyak kelapa saat mencukur bulu-bulu tubuh dapat membantu agar rambut dapat terpangkas lebih pendek sehingga hasilnya lebih baik. Selain itu, penggunaa minyak kelapa sebagai krim pencukur juga membantu melembabkan kulit selama proses mencukur.

8. Minyak kelapa sebagai kondisioner rambut 


Dan minyak kelapa ini juga dapat digunakan pada kulit kepala dan juga rambut lho. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai pelembab kulit kepala dan rambut, caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa secara merata di area kulit kepala.
Silahkan baca juga Cara Menumbuhkan Rambut Rontok Secara Alami
Diamkan selama semalaman, barulah keramas hingga bersih keesokan harinya. Penggunaan secara rutin minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut menjadikan rambut akan lebih mudah diatur dan kulit kepala tidak kering.

Dengan demikian munculnya ketombe membandel dapat dihindari. Penggunaan lainnya adalah sebelum tidur, oleskan dan pijat kulit kepala dengan minyak kelapa. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kilau dan kekuatan rambut.

9. Minyak kelapa melindungi kulit dari sinar matahari 

Minyak kelapa yang mengandung vitamin E dapat berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Gunakanlah minyak kelapa dengan cara mengoleskannya beberapa saat sebelum terpapar sinar matahari.

10. Minyak kelapa untuk menghaluskan tumit 

Tidak jarang kita mendapati tumit dengan kondisi kering dan pecah-pecah. Hal demikian ini dapat diatasi dengan memanfaatkan minyak kelapa sebagai bahan pengusirnya.

Caranya dengan mencampurkan minyak kelapa dengan dua sendok makan madu dan satu sendok makan gula. Dan kemudian aduk hingga merata dan oleskan pada tumit. Lakukan secara rutin hingga tumit terlihat lebih halus dan tidak pecah-pecah.

Selain bermanfaat untuk kecantikan, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Minyak kelapa sebagai obat kumur 

Manfaat minyak kelapa salah satunya adalah dapat digunakan untuk membersihkan area mulut dan sela-selanya. Caranya adalah dengan menggunakannya sebagai obat kumur. Gunakanlah minyak kelapa untuk kumur-kumur hingga 10 menit, maka akan dapat mencegah bau mulut dan juga menenangkan gusi yang sakit. 

2. Minyak kelapa untuk menghilangkan pegal dan linu

Untuk mengurangi atau menghilangkan pegal-pegal dan linu, dapat memanfaatkan keberadaan minyak kelapa. Caranya dengan mencampurkan minyak kelapa dengan dua tetes minyak pepermint dan cabai rawit.

Kemudian gunakan campuran ini untuk dioleskan pada bagian tubuh yang terasa pegal dan linu. Tunggulah beberapa saat hingga perlahan-lahan pegal-pegal dan linu tersebut akan hilang. 

3. Minyak kelapa untuk melawan eksim 

Jika sahabat Mommy baiti mengalami peradangan pada kulit, maka dapat memanfaatkan minyak kelapa ini untuk meredakannya. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak kelapa dengan calendula dan oleskan pada kulit yang mengalami peradangan. Dapat juga digunakan pada kulit yang memerah karena gatal-gatal. 

4. Minyak kelapa untuk melegakan dada sesak 

Pernah mengalami dada sesak? Jika demikian, gunakan minyak kelapa untuk meredakannya. Caranya adalah dengan campurkan dua sendok teh minyak kelapa dengan dua tetes minyak pepermint. Kemudian oleskan campuran ini di bagian dada yang sesak yang disebabkan karena demam. 

5. Minyak Kepala untuk mengatasi luka dan masalah kulit 
Manfaat minyak kelapa lainnya adalah dipercaya dapat membantu proses penyembuhan luka. Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk meredakan iritasi kulit dan sekaligus membantu proses penyembuhan luka.  

6. Minyak kelapa untuk minyak pijat 
Minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan menjadi minyak untuk pijat yang beraroma khas. Sebagai variasi aroma, minyak kelapa ini dapat dicampurkan dengan minyak peppermint atau lavender. 

Manfaat minyak kelapa memberikan banyak keuntungan bagi kita. Sahabat Mommy Baiti, pengeluaran pastinya akan besar jika kita membeli aneka kosmetik untuk mencukupi kebutuhan kecantikan kita. Namun dengan memanfaatkan khasiat dari minyak kelapa kita bisa menghematnya dan dengan hasil yang sudah dipercaya secara turun temurun. 

Memanfaatkan minyak kelapa untuk kecantikan tentunya aman dan bebas dari efek samping karena minyak kelapa ini merupakan bahan alami.

Hal ini tentunya berbeda dengan penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia, yang belum tentu cocok juga dengan kondisi kulit masing-masing orang. Tertarik untuk segera memanfaatkan minyak kelapa untuk merawat kecantikan kita?