Daun Kelor dan Sejumlah Manfaatnya Untuk Manusia




Daun kelor mungkin sudah tidak asing lagi bagi moms semua ya, dan ternyata daun kelor ini mempunyai banyak manfaatnya untuk kita lho moms. Manfaat daun kelor ini bisa untuk kesehatan maupun kecantikan. Apa saja ya manfaatnya, yuk moms kita simak bersama.

Kelor


Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah merupakan sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun dan juga tahan terhadap cuaca panas. Tanaman ini bisa tumbuh di wilayah Indonesia dan biasa digunakan untuk bahan pangan maupun untuk bahan obat-obatan.

Tanaman kelor ini bisa tumbuh tinggi menjulang hingga 11 meter lho moms dan ciri lainnya adalah  tumbuh dengan tegak, berwarna putih kotor, kulit tipis, permukaan kasar; cenderung tumbuh lurus dan memanjang.

Pada bagian daun dari pohon ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kita yang mana dalam satu cangkir daun kelor segar (21 gram) mengandung angka kecukupan gizi sebagai berikut :


  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% 
  • Vitamin A (dari beta-karoten): 9%
  • Vitamin C: 12%
  •  Magnesium: 8%
  • Zat besi Besi: 11%
  • Riboflavin (B2): 11%

Manfaat daun kelor


Daun kelor dipercaya dapat untuk membantu perkembangan tubuh serta dapat pula difungsikan untuk menjadi obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Nah moms, jika masih penasaran dengan apa saja sih manfaat dari daun kelor ini silahkan simak terus artikel ini ya moms. Agar tidak semakin penasaran yuk simak yang dibawah ini :

1. Menjaga kesehatan mata

Karena kandungan dari daun kelor terdapat vitamin A maka daun kelor dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Jadi bukan hanya wortel saja yang bagus untuk kesehatan mata namun daun kelor juga bagus untuk kesehatan mata.

Hal tersebut karena kandungan vitamin A yang ada pada daun kelor ini mempunyai jumlah 4 kali lipat lebih banyak dibandingkan yang terdapat pada wortel. Atau diantara kita mengenal buah atau makanan yang berwarna merah atau jingga yang mempunyai kandungan vitamin A tinggi seperti wortel, tomat, pepaya atau yang lainnya.

Namun daun kelor yang berwarna hijau juga bagus untuk kesehatan mata ya moms. Daun kelor ini mengandung sifat yang mampu mengurangi munculnya gangguan  penglihatan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang tinggi.

2. Bagus untuk pencernaan

Mengonsumsi daun kelor secara rutin mempunyai dampak yang bagus untuk pencernaan, terlebih jika mempunyai keluhan maag. Hal ini seperti khasiat dari daun kelor yang sebagai anti inflamasi.

Daun kelor juga mempunyai kandungan antibiotik dan antibakteri yang dapat membantu menghambat pertumbuhan patogen. Selain itu kandungan vitamin B yang tinggi dapat membantu pencernaan seperti maag dan sembelit.

3. Mengatasi cacingan


Sahabat Mommy Baiti, pernah dengar penyakit cacingan? Pasti pernah dong ya. Nah kabar baiknya adalah daun kelor juga dapat untuk mengatasi penyakit cacingan lho moms.

Obat tradisonal untuk mengobati cacingan mengandung daun kelor yang telah direbus. Untuk mengatasi cacingan cukup meminum air rebusan daun kelor setiap malam untuk mengusir cacing dalam tubuh. Selain itu ramuan tradisional ini dapat untuk membersihkan usus dari cacing usus.

4. Mengobati kanker

Daun kelor mengandung beta-sitosterol yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu dalam menyeimbangkan gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung pankreas, dan membantu menyembuhkan luka.

Selain itu ekstrak daun kelor mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang berguna untuk menekan perkembangan sel kanker. sehingga dapat membantu mencegah kanker berkembang. Beta-sitosterol juga dapat bermanfaat untuk mengobati pembesaran prostat dan membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar.

5. Mengandung kalsium yang tinggi

Kalsium berguna untuk perkembangan tulang sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi bagi anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan. Kalsium yang terdapat pada daun kelor ini 4 kali lipat lebih tinggi dibandingan kalsium yang terdapat pada susu.

Fungsi kalsium selain untuk pertumbuhan tulang, mencegah osteoporosis, juga bagus untuk melangsingkan tubuh. Nah bagi moms yang merasa berat badannya berlebih dan ingin diet, bisa memanfaatkan daun kelor ini untuk mendapatkan berat badan yang ideal ya.

6. Merawat kulit wajah

Selain untuk kesehatan, daun kelor juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit wajah juga lho moms. Daun kelor ini dapat berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah, mencegah jerawat, menghaluskan kulit dan pori-pori wajah. Silahkan baca juga memutihkan wajah menggunakan pasta gigi.

Dengan demikian daripada menggunakan produk-produk kecantikan berbahan kimia lebih baik menggunakan daun kelor karena selain merupakan bahan alami juga tidak mempunyai efek samping.

7. Menyembuhkan sariawan

Kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan timbulnya sariawan pada mulut. Jika muncul sariawan ini rasanya sangat tidak mengenakkan ya moms, mau makan apa saja terasa tidak enak meskipun makanan tersebut makanan favorit kita dan sangat lezat.

Namun sariawan dapat menurunkan selera makan orang yang dihinggapi sariawan. Oleh karena itu jika sariawan tengah melanda, moms dapat mengonsumsi daun kelor ini agar sariawan dapat segera menjauh dari mulut kita.

Perlu diketahui bahwa kandungan vitamin C yang terdapat pada daun kelor ini jumlahnya 7 kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk. Woow.

Nah moms, demikianlah beberapa khasiat dan manfaat dari daun kelor untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Tidak ada salahnya untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Salam.