Manfaat Asam Folat Yang Penting Untuk Diketahui




Asam Folat

Asam folat atau juga biasa disebut folat merupakan vitamin B9 yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Asam folat memegang peranan yang sangat penting dalam pembelahan sel dan produksi DNA. Selain itu manfaat asam folat adalah untuk kepentingan perkembangan sel, pertumbuhan jaringan, serta perkembangan otak.

Nah moms, sampai disini saja kita sudah bisa melihat betapa pentingnya asam folat ini untuk kesehatan tubuh. Bagaimana jika kita kekurangan asupan asam folat ya?

Dalam hidup memang sebaiknya yang sedang-sedang saja, tidak berlebih dan juga tidak kekurangan. Termasuk juga dengan asam folat ini, tidak bagus jika kekurangan dan juga tidak bagus pula jika kelebihan.

Dalam rangka mencukupi asupan asam folat pada tubuh sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter karena jika kelebihan folat maka akan berdampak efek samping seperti alergi, ruam, mual, kram perut, diare, insomnia, kebingungan,dan efek lainnya.

Manfaat Asam Folat

Meskipun asam folat ini bisa didapatkan melalui produk-produk yang sudah dikemas, namun kita juga bisa mendapatkannya secara alami melalui sayuran dan buah-buahan seperti pada :
  • Jeruk
  • lemon
  • pisang
  • selada
  • bayam
  • brokoli
  • kacang-kacangan
  • daging sapi
  • jus buah


Nah moms ternyata sangat mudah ya untuk bisa mendapatkan asupan asam folat. Selanjutnya adalah untuk mengetahui apa saja manfaat dari asam folat ini. Untuk menemukan jawabannya bisa disimak yang dibawah ini :

Menjaga kehamilan

Asam folat sangat bermanfaat dalam masa kehamilan. Oleh karena itu seorang ibu atau calon ibu sebaiknya memperhatikan asupan asam folatnya sehingga tidak sampai terjadi kekurangan.

Untuk itu sebaiknya selalu melakukan konsultasi dengan dokter terkait dengan perkembangan janin dan juga untuk mendapatkan rekomendasi asupan asam folat yang sesuai. Asupan asam folat untuk hamil bisa berasal dari suplemen maupun juga dari susu ibu hamil.

Karena manfaat dari asam folat ini diantaranya adalah untuk mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan, keguguran, mencegah preeklamsia, mencegah anemia, dan juga untuk meningkatkan perkembangan janin sesuai dengan usia kehamilan. Berikut adalah rujukan asam folat yang bisa dikonsumsi yaitu :
  • Untuk yang menginginkan bisa segera hamil bisa mengonsumsi jumlah asam folat sebanyak 400 mcg setiap hari
  • Untuk ibu hamil pada trimester pertama, jumlah asupan asam folat sebaiknya mecukupi 400 mcg setiap hari
  • Pad usia kehamilan empat bulan hingga sembilan bulan konsumsi asam folat sebanyak 600 mcg setiap hari
  • Dan untuk ibu menyusi sebaiknya mengonsumsi asam folat 500 mcg setiap hari.

Mencegah depresi
Depresi bisa menghantui siapa saja dan kapan saja, bisa juga disebabkan oleh pekerjaan dan rutinitas sehari-hari.

Seperti pada penelitian yang pernah dilakukan di University of York yang menyebutkan bahwa kadar asam folat yang rendah dalam makanan dapat menyebabkan depresi, serangan kecemasan, dan gangguan mood. Untuk mengatasinya dalah dengan cara meningkatkan asupan asam folat setiap harinya.

Karena asam folat sangat berperan penting dalam melindungi kesehatan mental dan emosional kita serta mampu merangsang bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam otak.

Mengatasi gangguan pencernaan
Salah satu hal yang bisa terjadi saat kekurangan asam folat adalah gangguan pencernaan, penurunan berat badan, dan juga hilang nafsu makan.

Perlu diketahui bahwa asam folat sangat berperan penting dalam proses pencernaan protein dalam tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah masalah pencernaan kita. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan kadar asam folat dalam tubuh untuk mengatasi hal-hal tersebut diatas.

Asam folat juga bermanfaat untuk menghindarkan kita dari terjadinya radang usus dan juga diare, sehingga menjamin sistem perncernaan kita mulai dari mulut hingga anus akan baik-baik saja.

Mencegah diabetes
Manfaat asam folat juga bisa melindungi kita dari penyakit diabetes lho moms, dan sebaliknya kekurangan konsumsi asam folat bisa berdampat pada penyakit diabetes dan juga penyakit jantung.

Asam folat sangat berperan penting dalam mengurangi kadar homosistein asam amino yang ada di dalam darah. Oleh karena itu, dengan memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh mampu menurunkan risiko penyakit diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Mencegah penyakit Alzheimer
Alzheimer adalah terjadinya degeneratif progresif pada otak yang ditandai dengan penurunan daya ingat. Untuk mencegahnya bisa dengan asupan asam folat yang mencukupi karena asam folat sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan konsentrasi dan kesehatan mental.

Bagi penderita Alzheimer yang disertai juga dengan anemia, maka disarankan untuk mengkonsumsi asam folat minimal 800 mcg asam folat setiap hari, tentunya dengan rujukan resmi dari dokter ya moms.


Untuk kecantikan
Tidak hanya untuk penyakit saja karena asam folat juga bermanfaat untuk merawat kecantikan. Misanya saja untuk mengobati jerawat. Mengonsumsi makanan dengan asam folat tinggi dapat membantu mengurangi jerawat dan mencegahnya timbul kembali.

Hal tersebut karena asam folat mempunyai sifat antioksidan yang mampu menangkal dan mengeluarkan racun yang berlebih di dalam tubuh. Namun, JANGAN hanya karena ingin terbebas dari jerawat jadi mengonsumsi asam folat secara membabi buta, tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan janga sampai overdosis ya.

Selain mengobati jerawat asam folat juga bermanfaat untuk menjaga kesuburan rambut. Asam folat sangat berperan penting dalam pertumbuhan jaringan dan sel pada rambut, kuku, dan kulit. Jadi sangat cocok untuk mengatasi rambut rontok dan menipis.

Oleh karena itu untuk menjaga agar rambut tetap tebal dan sehat maka konsumsilah asam folat sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Nah moms, sudah cukupkah konsumsi asam folat hari ini?