Manfaat Buah Pisang Yang Jarang Diketahui




Buah Pisang


Sahabat Mommy Baiti tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini ya, karena memang sudah sangat familiar dan mudah ditemukan disekitar kita. Selain rasanya yang lezat, harga buah pisang juga sangat terjangkau.

Namun dibalik harga yang murah dan rasanya yang lezat, ternyata buah pisang ini menyimpan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kira-kira apa saja ya manfaat dari buah pisang ini?

Buah pisang merupakan buah tropis yang kaya manfaat dan dapat dikonsumsi secara langsung maupun dengan melalui olahan terlebih dahulu. Selain menjadi makanan olahan, pisang juga bisa dihidangkan sebagai minuman seperti pada kolak pisang.

Atau mungkin sahabat Mommy baiti suka sekali dengan pisang goreng, pisang bakar, atau makanan olahan lainnya dengan bahan dasar buah pisang? Terlebih sekarang ini variasi makanan dengan bahan pisang sangatlah banyak ya, dan pastinya sangat nikmat dan lezat.

Untuk mendapatkan buah pisang juga terbilang mudah karena buah ini mudah untuk dibudidayakan di lahan pekarangan. Dan jika sirumah tidak mempunyai lahan yang luas, juga bisa dengan mudah mendapatkan di pasaran baik pasar tradisional maupun di supermarket.


Buah Pisang Pixabay

Kandungan Buah Pisang


Selama ini kita mengenal banyak sekali jenis-jenis dari buah pisang seperti pisang raja, pisang ambon, pisang susu, pisang mas, dan masih banyak lagi.

Meskipun banyak sekali jenisnya namun buah pisang ini rasanya juga tidak jauh berbeda dan tetap nikmat dan lezat. Sebelum kita menginjak ke manfaat buah pisang, ada baiknya jika mengetahui apa saja kandungan dari buah pisang itu sendiri, seperti berikut ini :

1. Kaya serat

Moms, tubuh kita sangatlah membutuhkan serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan kita. Dan kabar baiknya adalah buah pisang sangat kaya akan serat, setidaknya terdapat kandungan serat sebanyak 3 gram disetiap buahnya.

Manfaat lain dari kandungan serat ini adalah dapat membuat perut terasa kenyang, sehingga ketika sahabat Mommy Baiti terasa lapar secara darurat dapat dengan mengkonsumsi buah pisang untuk "mengganjal perut".

2. Karbohidrat

Mengapa kebanyakan para atlet suka mengonsumsi buah pisang saat jeda latihan atau bertanding? Karena dengan mengonsumsi pisang bisa mendapatkan cadangan energi secara cepat. Mengapa demikian?

Hal tersebut karena pisang mampu menyediakan energi lebih cepat dibandingkan dengan nasi, roti atau biskuit. Meskipun penyediaan energinya sedikit lebih lambat jika dibandingkan dengan sirup dan gula pasir.

3. Potassium

Potassium berguna untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada pada tubuh kita. Dan pada buah pisang juga terdapat kandungan Potassium sebanyak 400mg disetiap buahnya. Manfaat Potassium lainnya adalah dapat mencegah terjadinya kram otot pada saat berolahraga.

4. Vitamin C

Seperti yang terdapat pada buah lainnya, pisang juga banyak mengandung vitamin C yang maana disetiap buah pisang mengandung 10 mg vitamin C.

Dengan demikian berarti satu buah pisang dapat memenuhi sekitar 15% dari anjuran kebutuhan vitamin C bagi tubuh setiap harinya. Karena dengan kecukupan vitamin C maka dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

5. Vitamin B6

Umumnya, vitamin B biasanya didapatkan dari produk hewani. Namun ternyata kita juga bisa menemukannya pada buah pisang juga lho. Vitamin B pada pisang disebut dengan pyridoxine. Dan kandungan vitamin B6 pisang ini sangatlah tinggi, yaitu sekitar 0,5 mg per 100 gram.

Fungsi dari vitamin B6 ini selain sebagai koenzim untuk reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 juga berperan dalam mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk dapat beraktivitas sehari-hari. Dan Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak. Wow.

6. Mangan

Orang dewasa memerlukan setidaknya 1,8 hingga 2,3 mg mangan setiap harinya, dan kebutuhan tersebut dapat kita cukupkan dengan rutin mengonsumsi buah pisang. Sebagai info tambahan, Mangan adalah sebuah mineral yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan juga untuk membantu proses metabolisme.

7. Lainnya

Selain kandungan yang tersebut diatas, pisang juga mempunyai kandungan nutrisi lainnya seperti magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin E, folat, karoten, dan asam amino. Namun untuk prosesntase kandungannya tidaklah sebanyak yang telah disebutkan sebelumnya.

Manfaat Buah Pisang


Nah kita jadi tahu nih kandungan dari pisang itu apa saja, dan ternyata banyak sekali ya moms. Baiklah moms, dengan kandungan sebanyak itu, kira-kira manfaat apa saja ya dari buah pisang ini?

Agar tidak semakin penasaran, marilah kita simak bersama-sama manfaat buah pisang untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan tekanan darah

Buah pisang sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi bisa terjadi karena banyak faktor seperti kelebihan berat badan atau biasa disebut dengan obesitas, penyakit gangguan ginjal, dan lainnya. Bahaya yang bisa mengancam penderita hipertensi antara lain adalah stroke dan juga gagal ginjal.

Salah satu manfaat dari buah pisang adalah dapat membantu untuk menurukan tekanan darah karena buah pisang kaya akan kalium. Selain itu juga dapat menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh.

Dalam usaha untuk menurunkan tekanan darah, penderita hipertensi bisa mengonsumsi secara rutin buah pisang ini dan menghindari makanan yang berlemak serta mendandung banyak garam.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Tekstur buah pisang yang lembut menjadikan buah ini sangat mudah untuk dicerna. Buah ini juga kaya akan kandungan serat yang bermanfaat untuk meredakan diare serta menambah kepadatan feses.

Hal tersebut karena buah pisang sangat bagus untuk membantu penyerapan nutrisi pada sistem pencernaan, sehingga dengan mengonsumsi buah ini secara teratur dapat terhindarkan dari penyakit sembelit dan susah buang air besar.

Dan untuk mencegah timbulnya penyakit usus, sahabat Mommy Baiti bisa menambahkan susu ketika mengonsumsi buah pisang.

3. Menetralkan asam lambung

Seperti yang kita ketahui bahwa usus mempunyai kaitan dengan lambung. Sehingga sangat tepat untuk dikonsumsi penderita gangguan lambung seperti asam lambung dan juga iritasi lambung.

Hal tersebut karena pisang mempunyai kandungan antasida alami yang sangat bermanfaat untuk menetralkan asam lambung.

4. Melancarkan peredaraan oksigen

Pisang mengandung banyak kalium dan juga potassium yang dapat bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran oksigen menuju otak.

Dengan demikian maka mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat terhindar dari penyakit stroke, hipertensi, dan denyut jantung akan lebih normal serta lancar.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Hal tersebut karena pisang merupakan buah yangkaya akan kandungan vitamin A dan C yang berkhasiat untuk meningkatkan daya kekebalan tubuh, sehingga akan dapat terhindar dari ancaman berbagai penyakit.Selain itu juga dapat membuat tubuh lebih terasa segar dan bugar.

6. Menjaga kesehatan mata

Buah pisang juga mengandung vitamin A yang berguna untuk memelihara kesehatan mata, karena vitamin A tersebut dapat melarutkan lemak dan melindungi mata.

Senyawa yang terkandung pada buah pisang ini dapat melindungi membran yang mengelilingi sekitar mata sehingga dapat menghindarkan kita dari bahaya kebutaan.


Buah pisang untuk kesehatan kulit

Manfaat buah pisang yang jarang diketahui salah satunya adalah dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit kita. Kok bisa?

Hal tersebut karena kandungan vitamin C pada pisang sebagai antioksidan yang berperan penting dalam pembentukan kolagen. Selain itu pisang juga dapat membantu untuk mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV.

Dengan buah pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak, dan dapat melembabkan kulit kering.

Oleh karena itu, jika dirumah terdapat pisang yang sudah terlalu matang jangan buru-buru untuk dibuang ya. Karena dapat dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit dengan jalan membuat masker dari pisang. Masker pisang tersebut dapat juga ditambahkan dengan sedikit madu. Untuk hasil maksimal tentunya hal ini harus dilakukan secara rutin ya moms.

Oiya moms, rutin mengonsumsi buah pisang juga dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri dikala sedang haid lho. berguna untuk me

Sahabat Mommy Baiti ternyata sangat banyak ya manfaat buah pisang untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah moms, sudahkan mengonsumsi buah pisang hari ini?