Penjelasan Mengapa Berenang Sambil Makan Itu Berbahaya




Mengapa Berenang Sambil Makan Itu Berbahaya. Moms, ketika berada di kolam renang mungkin pernah melihat orang yang sedang berenang kemudian menepi untuk berisitirahat sebentar sambil memakan sesuatu. Atau malah pernah mengalaminya sendiri? Jika demikian, kebiasaan ini janganlah diteruskan ya moms karena berbahaya.

Berenang sambil makan


Terlebih ketika membawa anak-anak untuk berenang, menyuapi makanan kepada anak-anak sambil berenang adalah bentuk perhatian dari seorang ibu kepada anaknya. Namun apakah cara ini bisa dibenarkan?

Berkaca dari kejadian yang sempat viral di media sosial tentang seorang ibu yang menyuapi sushi kepada anaknya yang sedang asyik berenang. Di ceritakan anak tersebut saat sedang seru-serunya berenang kemudian menepi untuk disuapi sushi oleh ibunya. Sambil memakan makanan tersebut si anak kemudian melanjutkan berenangnya.

Tidak lama kemudian anak tersebut keluar dari kolam renang dan menuju ke kursi yang berada di sekitar kolam renang. Dengan posisi duduk kemudian anak ini terlihat tertidur dan sang ibu mengira anaknya kelelahan akibat berenang.

Namun apa yang terjadi? Ternyata anak tersebut dikabarkan telah meninggal dalam posisi duduk tersebut dan diduga akibat makanan yang disuapi oleh ibunya saat berenang sebelumnya. Mengapa bisa terjadi?


Berenang Pic: Pixabay

Berenang dan olah pernafasan


Dalam berenang memang sangat erat kaitannya dengan pernafasan dan berenang juga bisa melatih agar pernafasan lebih kuat dan panjang. Jadi dalam melakukan pernafasan selama berenang terdapat sinergi yang baik antara hidung untuk menarik nafas dan mulut untuk membuang nafas. Bagaimana jadinya jika ada makanan di mulut selama berenang?

Hal tersebut tentunya bisa mengganggu konsentrasi saat berenang dan alur udara pernafasan pun menjadi terganggu. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan apapun sambil berenang.

Pada kasus diatas berenang sambil mengunyah makanan sangat rentan mengalami tersedak karena mulut digunakan untuk bernafas dan juga menampung makanan. Ada kemungkinan juga makanan tersebut kemudian menutupi aliran nafasnya sehingga menyebabkan meninggal dunia.

Hal ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua. Moms, sebaiknya jika harus memberikan makanan kepada anak yang sedang berenang sebaiknya makannya sambil beristirahat diluar air sejenak. Pastikan makanan sudah terkunyah semua dan sudah ditelan sebelum sang anak kembali melanjutkan berenang.