Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Harus Diketahui




Manfaat menjemur bayi di pagi hari. Mungkin pemandangan ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua ya moms, melihat bayi yang dibiarkan terkena sinar matahari atau dijemur pada saat pagi hari. Mungkin moms adalah salah satu yang pernah melakukan hal yang seperti ini?

Jika demikian berarti kita sama ya moms, mommybaiti juga melakukan hal tersebut saat anak yang pertama maupun yang kedua. Hal ini juga sudah menjadi kebiasaan di lingkungan kita. Lalu apa sih manfaat menjemur bayi di pagi hari?

Namun sebelum menginjak ke pembahasan tersebut sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu cara yang dianjurkan dalam menjemur bayi di pagi hari ini agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Apa sajakah itu?

Menjemur bayi di pagi hari


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bayi mempunyai kulit yang masih sangat sensitif sehingga kita harus melindunginya dari faktor luar yang bisa "menyakiti" kulit bayi ini. Selain itu bayi juga rentan terhadap dehidrasi, oleh karena itu jangan sampai kita biarkan bayi tercinta kita kekurangan cairan ya.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah waktu untuk menjemur bayi yaitu dianjurkan sebelum jam sepuluh pagi, idealnya sekitar jam enam sampai jam sembilan gitu lah. Karena diantara jam sepuluh hingga jam empat sore sinar matahari sangat terik sekali dan sinar ultraviolet yang ada dapat menimbulkan luka bakar pada kulit bayi. Kasihan kan moms.

Mommybaiti biasa sebelum menjemur bayi terlebih dahulu memberinya susu agar tidak kekurangan cairan saat menjemurnya nanti yang bisa berdampak terjadinya dehidrasi. Untuk menjemurnya biasanya terkena sinar matahari pagi dibagian depan dan belakang tubuh. Saat menjemur baby mommybaiti menggunakan celana atau sejenisnya karena tidak tega kalau telanjang gitu.

Nah yang tidak kalah penting adalah saat menjemur bayi adalah memastikan agar mata bayi tidak terpapar sinar matahari. Cara mengatasinya bisa menghadapkan bayi ke arah tubuh kita atau bisa juga dengan menggunakan kain atau kacamata khusus baby.

Menjemur bayi tidak perlu durasi yang berlama-lama, dengan sekitar 15 menit hingga 20 menit saja sudah cukup. Jika sudah selesai berilah bayi susu kembali agar tubuhnya tidak keurangan cairan ya moms. Oiya silahkan baca juga tips agar bayi cepat merangkak.

Manfaat Menjemur Bayi


Nah sekarang kita sudah tahu bagaimana cara menjemur bayi dengan baik dan benar dengan demikian nantinya bayi akan mendapatkan manfaat dari rutinitas seperti ini. Oke moms, berikut ini manfaat menjemur bayi di pagi hari yaitu :


Matahari Pagi Pic: Pixabay


1. Menghindarkan dari kekurangan vitamin D
Vitamin D pada tubuh bermanfaat untuk memaksimalkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal serangan dari beragam penyakit. Vitamin D juga mempunyai peranan penting untuk kesehatan gigi dan tulang serta membantu tubuh untuk menyerap mineral kalsium.

Nah pada kulit bayi secara alami sudah mengandung vitamin D nemun belum begitu aktif. Diperlukan paparan sinar ultraviolet setiap harinya kurang lebih 15 menit untuk membuatnya menjadi aktif.

2. Membantu pemulihan kondisi bayi kuning
Mommybaiti masih ingat ketika setelah caesar putri kedua kemudian dilakukan tes lab yang salah satunya adalah untuk cek bilirubin.

Bilirubin adalah sebuah pigmen berwarna kuning kecokelatan yang biasa ditemukan pada empedu dan darah. Yang perlu diwaspadai adalah ketika bilirubin ini menunjukkan jumlah yang sangat tinggi.

Bayi pada dasarnya mengalami kondisi dimana kulit yang menguning meskipun kadarnya berbeda-beda yang disebabkan oleh beberapa faktor. Dan untuk memecah bilirubin agar jumlahnya menurun salah satunya adalah dengan menjemur bayi di pagi hari.

Namun jika bilirubin ini diketahui setelah persalinan di rumah sakit biasanya langsung ditangani dengan tindakan terapi sinar. Terapi sinar ini sangat efekti untuk menurunkan kadar bilirubin sehingga juga dapat menghindarkan bayi dari gangguan saraf.

3. Menghangatkan tubuh bayi
Sinar matahari pagi selain menyehatkan juga bermanfaat untuk membuat tubuh bayi menjadi hangat. Terlebih ketika bayi terlahir dengan berat badan yang rendah sehingga sangat rentan untuk mengalami hipotermia. Menjemur bayi di pagi hari jufa membantu bayi untuk belajar adaptasi dengan suhu sekitar.

4. Dapat mengencerkan lendir saluran napas
Saat baby Mommybaiti mengalami flu rasanya hati ini tidak tega melihatnya tersiksa, pengen untuk menggantikan sakitnya saja rasanya moms.

Bagaimana tidak, masih bayi begitu terkena flu pilek sehingga nafasnya menjadi terganggu yang berakibat pada tidurnya yang tidak bisa nyenyak.

Saat bayi terkena flu maka saluran nafasnya akan tersumbat oleh lendir dan untuk mengencerkan dahak tersebut bisa dengan cara menjemur bayi di pagi hari. Dengan demikian maka kuman penyebab infeksi ini dapat dibasmi karena sinar matahari ini terdapat sinar ultraviolet yang mempunyai kandungan antibakterial.

5. Bayi bisa tidur nyenyak
Dengan menjemur bayi di pagi hari maka bayi akan mendapatkan asuran sinar yang dapat meningkatkan produksi hormon serotonin sehingga bayi akan merasa lebih aman dan tenang.

Jika kadar hormon serotonin ini cukup maka bayi selain akan merasa tenang juga akan lancar BAB, dan sebaliknya jika kekurangan hormon serotonin ini maka bayi akan susah BAB atau mengalami sembelit, tidur tidak nyenyak, merasa gelisah yang akhirnya akan membuatnya menjadi rewel

Nah moms, demikian manfaat menjemur bayi di pagi hari semoga bisa menjadi referensi dalam aktifitas menjemur bayi. Artikel ini dibuat sebagai sarana informasi dan sebagian pengalaman pribadi, tanpa harus mengabaikan anjuran dari tenaga medis yang lebih berkompeten. Salam.