Inilah Penyebab Timbulnya Selulit dan Cara Mengatasinya




Apa yang Anda bayangkan dan Anda pikirkan ketika mendengar kata selulit? Kulit jeruk? Kulit yang berkerut? Kulit yang bergaris-garis? Perlu segera diet? Atau yang lainnya? Selulit adalah masalah pada kulit yang merupakan gumpalan-gumpalan kecil sehingga akan terlihat seperti kulit jeruk.

Selulit seakan menjadi momok bagi semua orang, wanita pada khususnya karena rata-rata wanita dewasa mengalami selulit ini bahkan hampir 90 persen wanita dewasa di dunia. Apakah selulit itu berbahaya? Apakah selulit itu sakit?

Meskipun selulit tiu tidak sakit dan juga tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, namun selulit bisa mengganggu keindahan kulit serta penampilan. Selulit pada umumnya timbul pada bagian perut, paha, lengan bagian bawah, dan pantat.

Selulit juga bisa muncul pada area betis atau bagian belakan lutut yang pastinya bisa mengganggu penampilan yang menyebabkan turunnya rasa percaya diri. Silahkan baca juga cara mudah menghilangkan stretch mark dengan cepat dan alami.



Penyebab Timbulnya Selulit


Tidak perlu cemas ketika menemukan adanya selulit pada permukaan kulit kita karena selulit bisa dihilangkan agar kulit bisa kembali mulus dan indah seperti sediakala. Banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya selulit pada kulit yang umumnya tidak kita sadari.

Dan pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai apa saja penyebab dari timbulnya selulit pada kulit, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Lemak Jenuh

Lemak jenuh yang biasa terdapat pada keju, daging merah, krim, sosis, susu, dan lainnya ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya selulit pada kulit.

Lemak jenuh dari beberapa makanan yang dikonsumsi tersebut akan disimpan pada bagian bawah kulit dan pada akhirnya secara terus menerus akan tertimbun. Hal ini bisa terjadi karena tubuh hanya bisa memecah lemak yang terdapat pada buah dan sayuran saja. Baca Juga Ketahui Penyebab Timbulnya di Wajah.

2. Banyak Mengkonsumsi Makanan Manis

Makanan atau minuman yang manis memang sangat enak untuk dikonsumsi, namun jangan lupa harus tetap waspada akan bahaya yang mengintai jika terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis.

Mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan tidak hanya bisa menyebabkan obesitas dan diabetes saja, namun juga bisa berdampak buruk pada kulit karena memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga bisa juga memacu timbulnya selulit.

Hal ini bisa terjadi karena makanan dan minuman yang manis ini akan menghambat sistem organisme dan metabolisme tubuh serta dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sel jaringan tubuh.

3. Stres

Stres bisa dialami oleh siapa saja karena beban pekerjaan, beban kehidupan, atau sebab-sebab yang lainnya. Ketika stress yang terjadi adalah akan terhambatnya detoksifikasi, sehingga racun dan sisa-sisa metabolisme tubuh akan susah untuk dimusnahkan.

Oleh karena itu, selulit tidak hanya terjadi pada wanita bertubuh gemuk saja, namun bisa juga terjadi pada wanita bertubuh kurus yang mengalami stress ditambah lagi dengan kurang beristirahat. Oleh karena itu hindarilah stress dengan mencari kegiatan yang positif.

4. Menggunakan Pakaian Dalam yang Terlalu Ketat

Pakaian dalam yang terlalu ketat sebaiknya jangan lagi digunakan karena bisa menyebabkan terganggunya peredaran darah dalam tubuh. Selain itu juga biasanya meninggalakan bekas kemerahan ada kulit.

Menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat secara terus menerus dan tanpa disadari lambat laun bisa menimbulkan selulit pada permukaan kulit.

5. Faktor Penuaan

Tua itu pasti, berjiwa muda adalah pilihan. Kata-kata yang tidak asing lagi bagi kita yang kembali mengingatkan bahwa tidak mungkin bisa melawan tua. Seiring dengan bertambahnya usia berdampak juga pada kondisi kulit manusia yang mengalami penurunan tingkat elastisitasnya pada jaringan kulit.

Dengan begitu akan berakibat pada kulit yang terlihat menggelambir di beberapa bagian tubuh serta terjadi penumpukan cairan dan lemak seperti pada bawah mata dan lengan bagian dalam. Menurunnya serat jaringan ikat inilah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya selulit pada kulit.

6. Masa Kehamilan

Masa kehamilan adalah masa-masa mebahagiakan yang pastinya ditunggu-tunggu oleh pasangan yang telah menikah. Wanita yang sedang mengandung mengalami kenaikan berat badan dan terjadi meningkatnya produksi serta pelepasan estrogen yang berfungsi untuk mengalirkan sel lemak ke seluruh tubuh.

Dengan demikian maka dalam tubuh akan terdapat banyak lemak yang terakumulasi secara terus meerus selama masa kehamilan ini. Penumpukan lemak inilah yang menjadi jaringan penghubung sel kulit menjadi lemah dan memicu timbulnya selulit pada permukaan kulit. Baca Juga Inilah tanda-tanda gejala dan bahaya obesitas.

7. Faktor Hormonal

Faktor hormonal bisa menjadi salah satu penyebab dari timbulnya selulit pada permukaan kulit. Wanita yang pada umumnya memiliki jaringan di bagian perut bawah dan juga panggul longgar menjadikan lemak lebih mudah masuk ke dalam jaringan tersebut sehingga menimbulkan selulit di bagian pinggang, perut, bokong dan juga paha.

8. Makanan Asin

Selain banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis, selulit juga bisa timbul pada kulit karena terlalu banyak mengkomsumsi makanan asin.

Untuk mengatasinya, gunakanlah garam yang mengandung yodium saat memasak dan kurangi konsumsi telur asin sekaligus diimbangi dengan lebih banyak minum air putih.

Apabila tubuh lebih banyak makanan asin, maka cairan di dalam tubuh akan dipertahankan dan resistensi cairan yang ada pada garam semakin memperburuk selulit.

9. Merokok

Merokok atau menghisap tembakau adalah salah satu contoh kebiasaan buruk dalam sehari-hari. Karena merokok ternyata tidak hanya berdampak buruk pada paru-paru saja, melainkan juga memberikan efek buruj pada kulit. Silahkan baca juga Manfaat buah naga yang jarang diketahui.

Dengan merokok maka sel-sel pada kulit akan semakin lemah karena kapilar tersumbat dan merusak hubungan antar kelenjar sehingga menimbulkan selulit pada permukaan kulit. Oleh karena itu maka sangat disarankan untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini.

10. Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol mengandung zat berbahaya untuk tubuh dan akan meningkatkan jumlah kalori tubuh serta menyebarkan racun di dalam tubuh.

Selain itu alkohol juga bisa merusak jaringan pada otak, menghabiskan vitamin C dalam tubuh, merusak sel kulit dan juga menghambat kalsium yang berguna untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Oleh karena itu hindari mengkonsumsi alkohol agar terhindar dari masalah kulit mengganggu yaitu selulit.



Cara Menghilangkan Selulit


Selulit secara langsung maupun tidak akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Dengan munculnya selulit pada kulit secara otomatis juga akan memberikan menurunnya rasa percaya diri untuk tampil di hadapan umum. Baca Juga Kapan saat yang tepat untuk melakukan program diet?

Namun tidak perlu cemas jika selulit sudah terlanjur muncul di beberapa bagian tubuh, karena ada banyak ragam cara untuk mengatasinya.

Sahabat Mommy baiti bisa mencoba ramuan tradisional guna untuk menghilangkan selulit ini, misanya dengan membuat ramuan dari bahan-bahan yang mengandung kafein untuk kemudian dilaburkan pada bagian kulit yang terdapat selulit.

Mengatasi selulit dengan memanfaatkan bahan-bahan alami atau tradisional sangat dianjurkan karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Namun agar hasil yang didapatkan bisa maksimal tentunya harus dilakukan secara rutin dan teratur. Adapun cara mengatasi selulit dengan cara alami diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Wortel

Wortel sangat mudah ditemukan di sekeliling kita dan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi selulit yang muncul pada kulit. Caranya adalah dengan merebus beberapa buah wortel sampai lunak kemudian dihaluskan.

Setelah halus kemudian balurkan pada kulit yang terdapat selulit dengan merata lalu tutup dengan plastik. Diamkan selama 15 sampai 20 menit agar nutrisi yang ada pada wortel bisa meresap sempurna ke dalam kulit.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe vera memiliki kandungan yang berguna untuk melembabkan kulit secara alami. Memanfaatkan lidah buaya untuk kesehatan kulit caranya adalah dengan mengupas kulit lidah buaya dan oleskan lendirnya pada permukaan kulit.

Lakukan kegiatan ini secara rutin atau setidaknya 2 sampai 3 kali dalam sehari untuk memperoleh hasilnya bisa maksimal.

3. Ekstrak Anggur

Tahukah Anda bahwa ekstrak anggur bisa menjadi salah satu ramuan baik untuk menghilangkan selulit. Jika tertarik untuk memanfaatkannya, caranya adalah dengan menghaluskan beberapa buah anggur sampai halus dan gunakan sebagai masker pada area tubuh yang mengalami selulit lalu biarkan selama 30 menit dan kemudian bilas sampai bersih.

4. Menyikat Kulit

Cara ini juga sering digunakan banyak orang untuk mengatasi selulit. Caranya adalah dengan cara menyikat bagian kulit yang terdapat selulit dengan menggunakan sikat yang terbuat dari bulu alami. Lakukan gerakan menyikat permukaan selulit secara lembut dari bawah ke atas. Lakukan ini selama 5 menit setiap harinya.

5. Masker Tanah Liat

Terdengar aneh atau malah ada yang merasa menjijikkan? Namun cara ini bisa untuk mengatasi timbulnya selulit pada kulit lho. Caranya adalah dengan mencampur tanah liat dan air lalu gunakan air tersebut untuk berendam selama 20 sampai 30 menit lalu bilas sampai bersih.

6. Cocoa Butter

Cocoa butter adalah salah satu bahan untuk membuat kue yang bisa digunakan juga untuk menyingkirkan selulit pada kulit.

Caranya adalah dengan langsung mengaplikasikan cocoa butter tersebut pada dada, perut, pangkal paha, bokong atau area lain yang terdapat selulit kemudian biarkan beberapa saat dan lakukan setidaknya sebanyak 2 kali sehari. Baca Juga Beragam cara diet alami yang bisa di coba.

Kesimpulan


Salah satu masalah kulit yaitu selulit ini tidak hanya bisa dipicu karena obesitas saja, namun juga disebabkan berbagai kebiasaan buruk lain yang tanpa kita sadari sering dilakukan setiap hari.

Oleh karena itu, mulailah untuk membiasakan diri mengkonsumsi berbagai makanan sehat, berolahraga dan juga menghindari beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab timbulnya selulit seperti yang sudah dijabarkan di atas. Semoga bermanfaat.