Minuman yang Bagus untuk Kesehatan Jantung

Halo moms, semoga selalu sehat dimanapun berada ya. Moms, dalam hidup ini tiada yang lebih penting dari kesehatan. Dengan anugerah kesehatan, kita bisa menjalani kehidupan ini dengan bahagia, bebas beraktifitas dan berkarya. Oleh karenanya kita perlu untuk selalu mawas diri dan peduli terhadap kesehatan diri kita, salah satunya adalah dengan peduli untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Kesehatan jantung penting untuk diperhatikan, karena penyakit jantung ini masih menjadi salah satu penyebab kematian yang paling utama di dunia. Berolahraga rutin atau beraktifitas fisik merupakan salah satu cara untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Menjaga Jantung Agar Selalu Sehat

Selain beraktifitas secara fisik, ternyata makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung kita lho moms. Seperti yang kita ketahui ya moms, apa saja yang kita konsumsi akan masuk ke dalam tubuh dan dapat memengaruhi keadaan tubuh kita, termasuk juga pengaruh ke kesehatan jantung.

Dengan demikian sudah sepantasnya kalau kita selalu selektif dalam memilih makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Oiya moms, silahkan baca juga makanan dan minuman penawar rasa pedas.

Apalagi jika sedang menjalani proses diet, sangat penting kiranya menjaga kesehatan jantung melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tidak merugikan kesehatan jantung dan diri sendiri.

Kali ini kita fokus pada minuman yang bagus untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi cairan dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya sangatlah penting karena dapat menghindarkan kita dari ancaman dehidrasi. Selain itu minuman yang kita konsumsi juga banyak berkontribusi pada kesehatan jantung dan tubuh. Nah moms, apa saja minuman yang bagus untuk kesehatan jantung? Mari kita simak :



1. kakao

Kakao sangat penting untuk kesehatan jantung karena pada kakao mengandung mineral dan antioksidan yang mana kandungan tersebut sangatlah bagus untuk fungsi jantung. Menurut sebuah penelitian ilmiah yang dilaporkan dalam jurnal Nutrients, mengosumsi produk kakao dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk menikmati kakao, biasanya mengolahnya menjadi minuman coklat yang meskipun melalui pengolahan namun tidak akan meniadakan manfaat dari kakao itu sendiri.

Nah moms, untuk membuat minuman cokelat panas bergizi, caranya adalah dengan menambahkan satu sendok makan bubuk kakao ke dalam secangkir susu panas dan menaburinya dengan bubuk kayu manis dan madu atau sirup maple sebagai pemanis alami. Hmmm sangat menggoda ya moms.

2. Kopi

Suka ngopi moms? Kabar baiknya kopi adalah termasuk salah satu minuman yang bagus untuk kesehatan jantung lho. Hal ini berdasarkan pada sebuah tinjauan terhadap 36 studi dalam jurnal Circulation yang menyebutkan bahwa orang yang minum tiga hingga lima cangkir kopi setiap harinya memiliki risiko penyakit jantung yang jauh lebih rendah. Minum kopi dalam jumlah sedang juga dikaitkan dengan penurunan risiko stroke dan gagal jantung.

Meskipun demikian tidak lantas berarti semakin banyak minum kopi akan semakin bagus buat jantung ya karena sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik. Mengonsumsi kopi bisa menimbulkan efek susah tidur dan bisa juga menimbulkan rasa resah gelisah.



Oleh karena itu sebaiknya tetap membatasi jumlah konsumsi kopi setiap harinya atau maksimal lima cangkir saja ya. Oiya agar minuman kopi ini tetap sehat buat tubuh, sebaiknya juga batasi penggunaan krim yang mengandung banyak lemak jenuh dan juga gula yang tinggi. Silahkan baca juga manfaat kopi bagi tubuh.

3. Teh kembang sepatu

Sama seperti namanya, teh kembang sepatu terbuat dari bunga tanaman kembang sepatu atau Hibiscus sabdariffa. Teh kembang sepatu memiliki rasa asam dan merupakan sumber antioksidan polifenol yang kuat serta memiliki sifat penurun tekanan darah dan kolesterol.

dalam sebuah studi dalam jurnal Nutrients mencatat bahwa mengonsumsi sekitar 250 mL minuman ekstrak kembang sepatu setiap hari, secara signifikan dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah dan tingkat peradangan, dibandingkan dengan minum air putih. Teh kembang sepatu dapat dinikmati dalam bentuk kering atau dalam kantong teh dan dinikmati panas atau dingin.

4. Air jeruk

Menambahkan potongan buah sitrus segar ke dalam minuman dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Buah sitrus, seperti lemon dan jeruk kaya akan manfaat kesehatan dan senyawa tanaman bermanfaat, seperti minyak esensial dan antioksidan flavonoid.

Pada sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa minum jus jeruk setiap harinya dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah, yang mana tekanan darah ini merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Menjaga hidrasi yang baik juga bsangat penting untuk fungsi jantung, dan sebaliknya, dehidrasi dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular, termasuk stroke. Untuk itu, bisa dengan menambahkan irisan lemon, jeruk nipis, jeruk, atau jeruk bali ke dalam air untuk menambah rasa dan mendapatkan manfaat kesehatan darinya.

5. Teh hijau dan matcha

Matcha maupun teh hijau sama-sama mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) tingkat tinggi, namun matcha mengandung EGCG dalam tingkat yang lebih tinggi. EGCG merupakan senyawa polifenol yang ditemukan dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Konsumsi matcha maupun teh hijau diketahui mampu meningkatkan kesehatan jantung. Studi dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa EGCG dalam teh hijau membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan lemak di dinding arteri, dan membantu mengurangi peradangan serta kerusakan sel. Karena alasan ini, asupan teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Nah moms, sekali apa yang kita konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan tubuh termasuk juga terhadap kesehatan jantung. Menjalani diet sangatlah bagus untuk menjaga berat tubuh agar tetap ideal namun juga penting untuk memperhatikan apa saja yang dikonsumsi.

Memilih minuman yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat, seperti beberapa minuman di atas diketahui mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Selain itu tetap menjalani olahraga yang teratur ya moms. Salam sehat selalu moms.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar