Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Saat cuaca terik, sangatlah nikmat jika disuguhkan air kelapa muda ya moms, apalagi ditambahkan dengan es batu, sirup atau gula jawa. Nikmat sekali, rasa haus dan panas serasa langsung hilang. Namun tidak hanya untuk melepas rasa haus dan dahaga saja, ternyata banyak sekali manfaat air kelapa untuk kesehatan lho moms.

Selain dapat diminum secara langsung, air kelapa juga bisa diolah terlebih dahulu sebelum dinikmati seperti dibuat menjadi nata de coco. Air kelapa seain menyegarkan juga menyeatkan lho moms, hal tersebut dikarenakan pada satu cangkir atau sekitar 240 ml air kelapa murni, terkandung 46 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

  • Karbohidrat
  • Vitamin C dan B kompleks
  • Antioksidan
  • Serat
  • Protein
  • Mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium
  • zat besi

Oleh karenanya, tak jarang jika air kelapa banyak digunakan dalam dunia pengobatan herbal atau untuk detoks. Meskipun air kelapa juga terdapat gula, namun kandungan gula yang dimiliki lebih sedikit dibandingkan dengan minuman bersoda, minuman kemasan, atau jus buah.

Kalium pada air kelapa juga cukup tinggi dibandingkan dengan minuman olahraga yang diformulasi, bahkan masih lebih tinggi lagi jika dibandingkan dengan empat buah pisang.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mendapatkan manfaat dari air kelapa. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal bisa dengan cara mengonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa yang baru dibuka.

Atau jika harus mengonsumsi air kelapa dalam kemasan, sebaiknya perhatikan kandungan nutrisi yang ada dan pastikan bahwa kemasan tersebut tidak rusak. Hal tersebut guna menghindari air kelapa dalam kemasan yang sudah tidak murni lagi atau tercampur dengan zat lain sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan, akan berimbas negatif terhadap kesehatan tubuh.

Satu hal lagi, mengonsumsi air kelapa dalam kemasan sebaiknya segera dihabiskan saja, atau maksimal dalam jangka waktu 24 jam sudah habis dan jangan lupa untuk menyimpannya dalam lemari es ya moms. Oiya moms, untuk menjaga kemurnian air kelapa sangat disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengonsumsinya ya.

Meskipun jarang terjadi, namun jika terjadi hal-hal seperti sakit perut, mual, muntah, bahkan diare setelah mengonsumsi air kelapa, sebaiknya segera konsultasi atau berobat ke dokter terdekat.

Nah moms, jika masih saja penasaran kira-kira apa saja sih manfaat air kelapa untuk kesehatan, yuk simak yang berikut ini :

1. Menggantikan cairan tubuh yang hilang

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang dapat memberikan banyak sekali manfaat seperti halnya minuman olahraga yang telah diformulasikan. Air kelapa ini mengandung juga elektrolit yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berolahraga atau beraktifitas.

Selain itu manfaat air kelapa adalah dapat meningkatkan stamina tubuh berkat kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga tubuh bisa lebih bersemangat dalam menjalani olahraga atau aktivitas.



2. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Selanjutnya manfaat air kelapa adalah bagus untuk menurunkan tekanan darah dan mengontrol kolesterol karen pada air kelapa mengandung kalium yang terbukti mampu menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Selain itu, mengonsumsi air kelapa juga dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke. Natrium yang rendah dalam air kelapa mampu menurunkan kadar gula darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Dengan demikian manfaat air kelapa dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah, dan juga bisa untuk membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

3. Mencegah penyakit batu ginjal

Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa air kelapa dapat mencegah terjadinya penumpukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. sehingga dengan demikian air kelapa diyakini bermanfaat dan efektif untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

Batu ginjal tersebut terbentuk ketika kalsium, asam oksalat, dan komponen lainnya mengendap dan menjadi kristal kemudian terbawa di dalam urine. Air kelapa dapat meminimalisir adanya radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine.

Selain air kelapa, untuk menjaga ginjal agar tetap sehat adalah dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

4. Bagus untuk kesehatan pencernaan

Pada umumnya air kelapa digunakan untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, penyakit diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Pada air kelapa terdapat kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak sehingga memiliki osmolaritas tinggi, yang bahkan osmolaritas pada air kelapa ini lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare.

5. Menangkal radikal bebas

Selama dalam proses metabolisme, tubuh menghasilkan sel-sel berbahaya seperti radikal bebas. Produksi sel ini bisa meningkat saat tubuh sedang stres atau sakit. Semakin banyak banyak kandungan radikal bebas, tubuh akan mencapai kondisi stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat lainnya.

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah mampu meredakan efek stres oksidatif ini sehingga mampu menangkal zat radikal yang berbahaya berkat adanya antioksidan. Namun potensi antioksidan pada air kelapa untuk menangkal radikal bebas ini diberitakan masih perlu penelitian lebih lanjut.

6.Memperlambat penuaan

Moms, tak diduga manfaat air kelapa yang lain adalah bisa untuk memperlambat penuaan juga lho. Air kelapa menganudung sitokinin yang berguna untuk menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat serta mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel yang mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sehingga dengan mengonsumsi air kelapa adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat jauh lebih muda.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar