Inilah Manfaat Buah Pepaya

Pepaya atau dalam bahasa Jawa biasa disebut kates ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kita lho moms. Pepaya mudah ditemukan di sekitar kita karena tanamannya yang mudah tumbuh dan berbuah di daerah tropis. Untuk menanamnya kita hanya perlu menyebarkan bijinya saja lho dan kalaupun harus mendapatkannya dengan cara membeli, harganya juga cukup terjangkau.

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging, bahkan bisa juga di konsumsi sebagai sayuran, lalapan, atau juga untuk pembungkus makanan seperti buntil. Untuk buah pepaya bisa dimakan dalam kondisi matang dan juga setengah matang, tergantung selera. Mengonsumsi buah pepaya bisa dengan cara dimakan secara langsung atau juga bisa dengan cara dibuat jus, campuran es buah dan lain sebagainya.

Untuk buah pepaya yang masih mentah biasanya digunakan untuk sayur yang dimasak terlebih dahulu. Rasanya nikmat sangat lho, apalagi jika ditambahkan dengan sambal. Silahkan baca juga makanan dan minuman pereda rasa pedas.

Manfaat Pepaya

Tidaklah salah jika menyebut buah pepaya adalah merupakan salah satu buah yang menyehatkan, karena ternyata banyak sekali manfaat buah pepaya untuk kesehatan kita. Bijinya saja juga mengandung banyak khasiat dan manfaat lho moms, yaitu bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan dalam darah karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL, serta meningkatkan kadar HDL (lipoprotein densitas tinggi).

Nah moms, jika penasaran apa saja sih manfaat buah pepaya untuk kesehatan, silahkan simak manfaat buah pepaya di bawah ini :



1. Antioksidan

Antioksidan termasuk karotenoid yang ditemukan pada pepaya bermanfaat untuk menetralisir adanya radikal bebas. Adapun radikal bebas tersebut adalah molekul reaktif yang tercipta selama terjadi metabolisme tubuh kita. Radikal bebas ini dapat meningkatkan stres oksidatif, yang akhirnya menyebabkan penyakit.

Beberapa studi mencatatkan bahwa pepaya yang difermentasi berguna untuk mengurangi stres oksidatif pada orang dewasa dan orang dengan pradiabetes, hipotiroidisme ringan bahkan penyakit hati. Banyak peneliti juga percaya kalau radikal bebas yang berlebihan di otak merupakan faktor pemicu penyakit Alzheimer.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lycopene dalam pepaya memiliki manfaat antikanker. Pepaya dapat bekerja dengan mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap perkembangan kanker. Di antara 14 buah dan sayuran dengan sifat antioksidan, hanya pepaya yang menunjukkan fungsi antikankernya di sel kanker payudara. Silahkan baca juga gejala diabetes pada ibu hamil.

2. Melancarkan pencernaan

Pepaya mengandung enzim papain yang bisa membuat protein yang masuk ke dalam tubuh kita menjadi lebih mudah dicerna. Pepaya juga sering digunakan untuk mengobati sembelit. Nah moms, kalau sedang bermasalah dengan urusan ke belakang, seperti susah buang air besar, jadwal buang air besar yang tidak teratur atau bahkan sangat jarang, bisa dengan segera mengonsumsi pepaya secara teratur ya.

3. Kaya nutrisi

Pepaya adalah buah yang mudah tumbuh di tempat tropis dan dikenal karena tingginya kandungan vitamin C, A, dan serat. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang dikenal sebagai karotenoid. Selain itu, tubuh kita bisa menyerap antioksidan sehat ini lebih baik dari buah pepaya daripada dari buah dan sayuran lainnya.

Lycopene dan vitamin C yang dimiliki pepaya dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung lho. Rajin mengonsumsi pepaya bisa membuatmu terhindar dari kelainan jantung.

4. Mengatasi peradangan

Peradangan yang kronis adalah akar dari berbagai ragam penyakit. Makanan yang tidak sehat serta pilihan gaya hidup seseorang dapat memicu terjadinya peradangan ini. Nah, kandungan antioksidan yang dimiliki pepaya punya manfaat untuk meredakan peradangan tersebut moms.

5. Melindungi kulit

Selain menjaga kesehatan tubuh, pepaya juga memiliki manfaat lain yaitu berguna untuk membuat kulit tetap kencang dan awet muda. Kulit yang sering terpapar radikal bebas akan berpotensi memiliki banyak kerutan, lebih kendur dan mengalami kerusakan kulit lainnya yang terjadi seiring bertambahnya usia. Vitamin C dan lycopene yang terkandung dalam pepaya dapat melindungi kulit serta bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Manfaat Enzim Papain pada Pepaya

Seperti disebutkan di atas bahwa pepaya mengandung enzim papain yang ternyata sangat bermanfaat juga. Papain sendiri merupakan enzim proteolitik yang bisa didapatkan pada buah pepaya mentah yang berguna untuk memecah protein menjadi fragmen protein yang lebih kecil yang disebut peptida dan asam amino.

Kalau kurang sreg jika harus mengonsumsi pepaya mentah, tenang saja moms, karena enzim papain ini kini telah hadir secara modern yang bisa berbentuk topikal, kunyah, dan juga kapsul. Adapun manfaat enzim papain pada pepaya adalah sebagai berikut :

1. Menyehatkan pencernaan

Secara umum, enzim papain dapat meningkatkan pencernaan dengan cara memecah protein menjadi asam amino, yang membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Jadi enzim papain ini mengatasi gejala atau gangguan yang terjadi pada pencernaan seperti penyakit celiac. Di sini papain berguna untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dan juga mengurangi feses cair.

2. Meredakan nyeri otot

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Journal of Sports Science and Medicine menyebutkan bahwa seseorang yang diberikan enzim papain akan mengalami pemulihan otot yang lebih baik dan meredakan nyeri otot dengan lebih cepat.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Selanjutnya manfaat enzim papain pada pepaya adalah dapat mempercepat penyembuhan luka, seperti yang dilaporkan dari hasil studi jurnal Portugis Revista Ga├║cha de Enfermagem.

Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa enzim papain aman dan efektif dalam mempercepat penyembuhan luka dengan cara dioleskan, menskipun pada beberapa orang dimungkinkan timbul efek samping berupa nyeri ringan dan rasa terbakar di area luka. Selain itu enzim papain juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit tenggorokan.

4. Mengatasi cacar api

Dalam jurnal Fortschritte der Medizin menyebutkan bahwa papain sama efektifnya dengan obat antivirus zovirax dalam meredakan nyeri dan mendorong penyembuhan cacar api atau herpes zoster. Papain berperan untuk menekan protein inflamasi yang dapat mengintensifkan herpes zoster. Dengan demikian maka rasa nyeri, tingkat keparahan, dan durasi penyakit ini akan dapat berkurang secara signifikan.

Nah moms, demikian deretan manfaat buah pepaya dan ternyata benar ya moms bahwa buah pepaya ini menyimpan banyak sekali manfaat utamanya untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap fit dan sehat. Mulai sekarang tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah pepaya secara rutin ya moms. Sekali lagi, buah pepaya ini mudah untuk didapatkan baik di pasar tradisional maupun pasar modern dengan harganya juga relatif murah.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar