Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan

Halloo moms, sudah konsumsi sayuran segar hari ini? Pastinya sudah dong ya karena banyak sekali manfaat sayuran untuk kesehatan tubuh kita. Tentu kita masih ingat akan pentingnya asupan empat sehat lima sempurna yang di kampanyekan oleh pemerintah sejak dulu, dan salah satunya adalah konsumsi sayur-mayur.

Rutin mengonsumsi sayuran bisa membuat pola makan menjadi lebih sehat dan juga memberikan energi yang berkelanjutan. Selain itu, dengan adanya asupan sayuran secara teratur dalam tubuh juga dapat mengurangi risiko dari berbagai ancaman jenis kanker dan penyakit kronis lainnya.

Tak hanya penting untuk orang dewasa saja, sayuran juga sangat penting untuk di konsumsi anak-anak karena pada sayuran mengandung banyak nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan anak. Oke moms, mari kita simak kandungan nutrisi yang ada pada sayuran.

Kandungan Nutrisi Pada Sayuran

Sayuran termasuk bahan pangan bersumber dari tumbuh-tumbuhan yang kaya akan kandungan air.Untuk mendapatkan nilai manfaat sayuran, terdapat jenis sayuran yang dapat dikonsumsi secara langsung alias tanpa dimasak terlebih dahulu, dan ada jenis sayuran yang harus melewati proses pengolahan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Proses pengolahan sayuran bisa dengan cara dikukus atau bisa juga dengan cara direbus. Proses tersebut selain berguna untuk memaksimalkan kandungan nilai gizi dari sayuran juga dapat untuk menambah cita rasa hidangan dari sayuran itu sendiri.

Adapun kandungan nutrisi yang ada pada sayuran adalah seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, serat makanan, asam folat, potasium dan lainnya. Perlu diketahui ya moms bahwa setiap sayuran masing-masing mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Oleh karenanya sangat perlu untuk mengonsumsi sayuran secara berbeda-beda agar variasi nutrisi yang ada pada sayuran bisa kita dapatkan semuanya. Nah moms inilah kandungan nutrisi yang ada pada sayuran yaitu :

  • Mineral, tubuh membutuhkan mineral seperti kalsium dan zat besi. Kalsium berguna untuk pertumbuhan tulang, gigi, perkembangan sel syaraf dan otak. Sedangkan zat besi berguna untuk mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh sel-sel tubuh dan juga untuk mencegah anemia
  • Pro-vitamin A, berguna untuk mengganti sel-sel tubuh, mengganti selaput lendir mata, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Selain itu juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, mata, rambut dan kulit anak-anak
  • Vitamin B kompleks, berguna untuk membantu perubahan karbohidrat menjadi energi, menjaga sistem syaraf dan membantu sel tubuh menggunakan oksigen. Manfaat bagi si kecil adalah untuk membantu proses metabolisme pembentukan sel darah merah dan meningkatkan selera makan
  • Vitamin C, berguna untuk mempercepat penyembuhan luka, memelihara kesehatan gigi, gusi, kulit, otot dan tulang
  • Vitamin E, berguna untuk proses metabolisme tubuh, menjaga kesehatan kulit dan otot, serta sebagai antioksidan alami yang mambuang radikal bebas


  • Manfaat Sayuran

    Moms, entah disadari atau tidak terkadang kita mengabaikan konsumsi sayuran dalam makanan sehari-hari, bisa disebabkan karena rasa bosan mengonsumsi "dedaunan" atau bisa juga karena malas memasaknya. Namun mengingat pentingnya manfaat sayuran untuk kesehatan kita maka perlu motivasi tersendiri untuk menghadirkan menu sayuran dalam setiap sajian makan keluarga tercinta.

    Berkreasi dengan resep-resep baru untuk mengolah sayuran mungkin bisa menjadi alternatif agar dalam mengonsumsi sayuran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Kebiasaan megonsumsi sayuran ini juga sebaiknya diterapkan kepada anak-anak sejak kecil ya moms karena tak jarang anak-anak tidak menyukai sayuran.

    Daripada penasaran berkelanjutan moms, mari kita simak manfaat sayuran untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut :

    1. Baik untuk pencernaan

    Sayuran merupakan sumber serat terbaik untuk tubuh yang dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Selain itu serat sayuran sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi serta gangguan pencernaan lainnya.

    2. Menurunkan resiko hipertensi dan kanker

    Sayuran hijau mengandung nilai gizi berupa nitrit dan nitrat yang dapat melindungi kita dari tekanan darah tinggi. Sayur-sayuran sejenis kol, kembal kol, dan brokoli mengandung indoles dan isothiocynates yang mbermanfaat untuk melindungi tubuh dari bahaya kanker usus besar, kanker payudara, kanker kulit, dan kanker lainnya.

    3. Menjaga berat badan

    Moms tentu sudah tahu kan bahaya obesitas? Nah dengan mengonsumsi sayuran juga dapat untuk menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal lho moms. Hal tersebut dikarenakan sayuran kaya akan serat namun rendah kalori dan lemak.

    Diet sayuran juga dinilai menyehatkan dalam rangkan menjaga berat badan tetap ideal karena dengan mengonsumsi sayuran maka perut akan terasa kenyang namun asupan jumlah kalori dan lemak tetap rendah. Catatan : Proses pengolahan sayurnya jangan digoreng atau dibumbui dengan banyak minyak, garam, atau bahan lainnya yang tinggi lemak ya moms.

    4. Menyehatkan kulit dan rambut

    Manfaat sayuran selanjutnya adalah bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, cerah dan terlihat lebih kencang. Hal tersebut dikarenakan kandungan Vitamin C pada sayuran yang mampu memicu produksi kolagen sehingga kulit terlihat tetap kenyal dan kencang. Selain itu juga ada Likopen yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta antioksidan yang melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

    Selain untuk kulit, sayuran juga bermanfaat untuk kesehatan rambut karena mengandung vitamin A, vitamin C, beta-caroten, likopen, hingga antioksidan. Jadi moms, kalau mau rambut yang sehat dan berkilau, rajin-rajinlah mengonsumsi sayuran ya.

    5. Meredakan stres

    Sudah tahukah moms bahwa sayuran juga mampun untuk meredamkan stres? SAlah satu manfaat sayuran adalah dapat membantu memperbaiki suasanan hati sehingga dapat terhindar dari stres yang melanda dan juga menjauhkan dari depresi.

    Oke moms demikian manfaat sayuran untuk kesehatan tubuh, pastinya kini tidak lagi malas untuk mengonsumsinya kan. Oiya moms, jangan lupa ya si kecil juga diajak menikmati hidangan sayurannya agar dapat tumbuh dan berkembang secara normal dan sehat.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar