Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan




Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan. Tentunya sahabat Mommy Baiti sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Yes, buah alpukat yang sangat nikmat dan lezat ketika di buat jus atau saat di konsumsi secara langsung.

Ternyata buah alpukat ini menyimpan banyak manfaat yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan serta kecantikan. Buah alpukat sendiri juga mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Buah Alpukat


Banyak manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan karena kandungan nutrisi didalamnya. Sebelum melanjutkan ke pembahasan khasiat dan manfaatnya, mari kita intip terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi pada buah alpukat ini yaitu :

1. Protein

Setiap alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein. Dan kandungan ini jauh lebih banyak dibandingan dengan buah-buahan lainnya.

2. Gula

Gula dalam buah alpukat ini nilainya cukup kecil, sebelah buah avocado terdiri dari 0.2 g gula, jadi tidak terlalu berbahaya untuk anda yang khawatir akan gula darah.

3.Lemak sehat

Lemak yang terkandung pada buah alpukat adalah lemak baik, porsinya mencapai sekitar tiga perempat dari jumlah kalori dari buah alpukat. Artinya lemak memiliki kandungan yang cukup tinggi dalam buah alpukat ini.

Kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan risiko stroke dan jantung disease.

4. Serat

Buah alpukat yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat. Dan itu berarti hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

5.Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin dan mineral pada buah alpukat sangatlah tinggi. Buah alpukat mempunyai kandungan kalium yang lebih besar dari buah pisang. Selain itu, alpukat kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E.



Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan



Dengan kandungan gizi seperti tersebut di atas, maka alpukat dapat dimanfaatkan untuk kesehatan maupun untuk perawatan kecantikan. Diantara khasiat dan manfaat buah alpukat adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Alpukat dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh karena alpukat tersebut merupakan buah yang mempunyai kandungan kalium yang cukup besar. Adapun caranya adalah :
  • Ambil 3 lembar daun alpokat 
  • Cuci hingga bersih kemudian di seduh dengan menggunakan 1 gelas air panas
  • Biarkan hingga dingin lalu diminum sekaligus.

2. Mengobati kencing manis

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, yang biasanya ditandai dengan sering merasa lapar, haus, sering kencing, berat badan turun drastis. Jika mengalami gejala-gejala seperti itu, sebaiknya segera memeriksakan kesehatan ke dokter.

Nah, untuk membantu penderita diabetes dapat memanfaatkan alpukat. Hal ini karena alpukat dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik dalam darah). Dan menjaga asupan kolesterol akan dapat membantu mengurangi resiko terjadinya diabetes. Caranya adalah :
  • Ambil biji alpukat pangganglah di atas api 
  • Kemudian dipotong menjadi kecil-kecil
  • Potongan kecil tersebut selanjutnya di rebus menggunakan air bersih hingga berwarna coklat
  • Tunggu hingga airnya dingin, dan saring
  • Minumlah air rebusan yang telah di saring tersebut.

3. Mencegah kanker

Buah alpukat kaya akan kandungan fitokimia yang dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu dalam tubuh. Buah alpukat juga baik digunakan untuk diet untuk mencegha kanker karena mengandung phytochemical.

4. penangkal radikal bebas

Buah alpukat ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh untuk mengeluarkan racun melalui keringat atau pada saat buang air kecil. Adapun manfaat dari antioksidan dalam tubuh adalah untuk membuang radikal bebas yang mungkin dapat menyebabkan penyakit tertentu, bahkan kanker.

5. Menjaga kesehatan mata

Mata sangat penting fungsinya bagi manusia, oleh karena itu kita wajib menjaga karunia ini. Sahabat Mommy Baiti, buah alpukat sudah di kenal dapat membantu untuk melindungi kesehatan mata kita dari berbagai faktor.

Misalnya saja karena faktor bertambahnya usia, degenerasi manula, dan katarak. Hal tersebut dikarenakan pada buah alpukat kaya akan kandungan zat lutein karotenoid.

6. Obat kencing batu

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan. Daun dari alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk merawat dan mengobati penyakit. Dan salah satu manfaatnya adalah dapat digunakan untuk mengobati kencing batu. Caranya adalah :

  • Ambil 4 lembar daun alpukat
  • campurkan dengan 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, dan sedikit gula enau
  • tambahkan 3 gelas air
  • Rebuslah campuran dari bahan-bahan tersebut hingga mendidih
  • Kemudian saring, dan setelah dingin dapat di minum sebagai obat kencing batu.

7. Mencegah penyakit kardiovaskular

Dalam banyak penelitian menyatakan bahwa buah alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Untuk mencegah penyakit kardiovaskular dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi asam lemak tak jenuh tunggal dan menurunkan asupan lemak tak jenuh ganda.

8. Mengobati sakit gigi berlubang

Buah alpukat bermanfaat untuk memperkuat gigi dan juga dapat membuat tampak lebih putih bersinar. Nah, jika sedang sakit gigi karena berlubang, dapat menggunakan biji buah alpukat ini sebagai obatnya.

Caranya adalah dengan menghaluskan biji buah alpukat dan masukkan ke dalam gigi berlubang. Silahkan baca juga :Langkah Mudah Memutihkan Gigi Dengan Cara Alami.

Selain itu, daging alpukat yang kaya dengan serat prebiotik, dapat menjaga kesehatan usus dan membuat pencernaan dengan sehat.


Apakah buah alpukat bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan?


Jawabnya adalah bisa. Alpukat bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Resep ini awalnya digunakan oleh penduduk Mesir kuno, dan hingga kini telah banyak digunakan masyarakat di banyak negara. Adapun cara pemanfaatan buah alpukat untuk perawatan rambut adalah sebagai berikut :

  • Ambil 1 buah alpukat yang telah matang
  • Ambil dagingnya dan haluskan
  • Selanjutnya gunakan pada rambut secara merata
  • berikan pijatan lembut pada kulit kepala dan biarkan selama 15 menit
  • Setelah selesai bilas rambut hingga bersih
  • Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Sahabat Mommy Baiti, jika kulit terlihat kusam dapat juga menggunakan alpukat untuk mencerahkannya. Dengan kulit yang halus dan cerah akan terlihat lebih segar dan sehat.

Dengan adanya kandungan karotenoid antioksidan dan vitamin E, alpukat dapat mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

Serta juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan vitamin C yang terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut :

Cara 1 :

  • Haluskan buah alpukat
  • Tambahkan air hangat secukupnya
  • Balurkan pada wajah dan tangan dengan merata
  • Tunggu hingga mengerin
  • Jika sudah, bilaslah menggunakan air bersih.

Cara 2 :

  • Haluskan setengah buah alpukat matang
  • Campurkan dengan sebutir kuning telur dan setengah cangkir susu
  • Laburkan secara merata ke kulit wajah (masker) dan tangan
  • Tunggu hingga mengering
  • Bilaslah menggunakan air bersih.



Buah Alpukat dapat digunakan untuk diet?

Asam lemak tak jenuh tunggal yang ada pada buah alpukat ini sangat baik digunakan untuk pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Efek dari energi pembakaran yang lambat dan kandungan serat yang tinggi tentunya adalah perasaan kenyang, jadi buah alpukat ini cocok digunakan untuk menjalankan program diet.

Kandungan lemak yang ada di dalam buah alpukat adalah lemak yang baik serta mampu diolah atau dicerna dengan baik pula oleh tubuh.

Sehingga dengan demikian mengkonsumsi alpukat secara rutin tidak menyebabkan menjadi gemuk. Silahkan baca juga Kenali Tanda-Tanda Gejala dan Bahaya Obesitas.

Cara memanfaatkan buah alpukat untuk diet dapat dengan cara memakan buahnya secara langsung maupun membuatnya menjadi jus terlebih dahulu. Sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing.

Silahkan baca juga artikel berikut :

Nah, ternyata banyak juga khasiat dan manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan ya. Dengan menggunakan buah alpukat sebagai bahan alami yang pastinya penggunaannya akan aman dan tanpa efek samping. Selamat mencoba.