Manfaat Mengenalkan Musik Pada Anak Sejak Dini

Moms, pernahkah menenangkan anak yang rewel atau nangis dengan cara menggendongnya dan mendendangkan sebuah lagu meskipun lagu tersebut tidaklah jelas atau lebih tepatnya seperti bergumam gitu? Pasti pernah ya moms, biasanya anak tidak lama kemudian akan menjadi tenang kembali dan meneruskan bermain lagi.

Sepertinya ini terjadi secara otomatis gitu ya moms alias alamiah dan alamiah gitu dan dengan mengalunkan lagu sepertinya dendangan lagu disaat seperti ini seakan mampu mengurai permasalahan yang menyebabkan anak menjadi rewel atau menangis. Bukan itu saja menyanyikan lagu bersama-sama dengan anak juga bisa membuat anak menjadi riang gembira.

Dengan putri Mommybaiti yang berusia dua tahun biasanya mengenalkan lagu-lagu anak populer seperti cicak-cicak di dinding, bangun tidur ku terus mandi, topi saya bundar dan lainnya. Meskipun belum lancar betul namun si kecil sudah bisa mengikuti alur lagunya. Rasanya seneng banget lho moms, dan si kecil juga terlihat lebih gembira serta semangat gitu dalam bernyanyi.

Manfaat mengenalkan musik pada anak

Mengenalkan musik pada anak bisa dimulai sejak dini lho moms, yaitu sejak masih berada di dalam kandungan dengan cara diperdengarkan musik di perut ibu. Selanjutnya pengenalan musik bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan usia si kecil yaitu saat usia bayi, batita, balita dan diatas lima tahun atau sudah mulai masuk sekolah.

Pada dasarnya si kecil cenderung menyukai sesuatu yang menimbulkan bunyi-bunyian seperti yang ada pada mainannya, memukul-mukulkan mainannya dan lainnya.

Mendidik si kecil melalui musik sangatlah menyenangkan, dan tidak perlu berbiaya besar karena kita bisa meciptakan suara atau nada dari benda-benda yang sudah ada dirumah seperti sendok dan piring, botol bekas, atau bisa juga dengan peralatan masak. Dari benda-benda tersebut bisa dipukul dengan irama yang teratur sehingga bisa menciptakan nada indah untuk didengar sebagai stimulasi musik untuk anak.


Nah moms, tidak ada salahnya untuk mengenalkan musik pada anak sejak dini ya karena terdapat beragam manfaat yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Moms, dengan membiasakan menyanyikan lagu pada anak secara tidak langsung dapat mengenalkan rangkaian kata-kata pada anak yang mana anak akan mencerna setiap kata-kata tersebut sebagai literasi bahasanya. Coba perhatikan saat mengajaknya bernyanyi si kecil akan mengikutinya dengan ocehan-ocehannya yang menggemaskan yang akhirnya nanti si kecil dapat mengikuti setiap kata dari lagu tersebut.

Dari sini si kecil akan belajar suara nada, mendengar, menyerap kata hingga kalimat, belajar bicara atau komunikasi. Rasanya sangat luar biasa menyenangkan saat si kecil sedikit demi sedikit nanti akan dapat mengikuti alur lagu yang sedang dinyanyikan.

2. Merangsang perkembangan otak

Selanjutnya manfaat mengenalkan musik pada anak adalah dapat membantu perkembangan otak si kecil. Musik dapat membantu merangsang otak utamnaya pada bagian yang memproses kemampuan musikal dan berbicara serta juga meningkatkan kemampuan kognitif si kecil seperti mengontrol perhatian dan mengenali pola irama.

Si kecil yang terbiasa dengan mendengarkan alunan musik atau lagu atau bahkan suka memukul-mukul benda di sekelilingnya agar menimbulkan bunyi juga dapat meningkatkan kecerdasan spasial, keterampilan berpikir, melatih daya ingat dan konsentrasi.

3. Melatih perkembangan interaksi sosial

Sangat menyenangkan ya moms bila bernyanyi bersama-sama dengan si kecil. Hal ini sangat membantu perkembangan interaksi sosial si kecil juga lho moms. Musik dapat membantu si kecil dalam mengenali dan menyalurkan emosinya seperti sedih, marah, atau gembira sehingga akan dapat mengelola emosinya sendiri.

Dalam menyanyikan lagu dapat melatih si kecil untuk tampil percaya diri. Kepercayaan diri ini sangatlah penting dilatih sejak dini guna mempersiapkan kehidupan sosial berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan teman-teman seusianya.

4. Meningkatkan rasa kebersamaan

Menyanyi bersama-sama antara ayah, ibu, kakak/adik dengan si kecil dapat menciptakan suasana yang hangat, harmonis dan menyenangkan. Kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan yang bisa mengakrabkan satu sama lain dalam anggota keluarga sehingga akan tercipta perasaan yang saling menghargai, saling menghormati dan menyayangi.

Mengenalkan anak bermain alat musik

Semua anak mungkin senang jika dinyanyikan atau menyanyikan lagu bersama-sama, namun masing-masing anak mungkin berbeda ketertarikannya terhadap alat musik. Atau bisa jadi kadang suka kadang tidak. Seperti contoh anak Mommybaiti yang sulung ya moms, dari kecil sudah dikenalkan alat-alat musik seperti gitar dan piano/keyboard namun antusiasnya kadang naik kadang turun.


Kalau pas mood sangat suka dengan mainin tuts piano, tapi kalau pas males ya nggak mau menyentuh moms. Ya ini masih wajar saja sih toh namanya juga anak-anak, namun kalau nyanyi sangat seneng sekali dia moms. Nah moms kalau ingin mengajarkan anak bermain alat musik sejak dini bisa dengan cara sebagai berikut :

  • Membiasakan memperdengarkan lagu-lagu, secara berkala diperkenalkan lagu baru
  • Melatih anak mengenal irama dan harmoni, bisa dari alam sekitar seperti suara rintik hujan atau aliran sungai
  • Jika orangtua bisa bermain musik, bisa mengajarkan anak untuk mengenal dan belajar alat musik
  • Alternatif lainnya adalah memasukkan anak les alat musik yang diminati
  • Mengenalkan jenis-jenis genre musik dari sederhana terlebih dahulu saja.

Nah moms, untuk membantu tumbuh kembang anak salah satunya adalah dengan cara mengenalkan musik pada anak. Banyak manfaatnya lho moms, jadi tidak ada salahnya untuk mengenalkan musik pada anak sejak dini dan ikuti serta perhatikan perkembangan anak dikemudian hari.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar