Inilah Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Bersepeda atau gowes sepertinya sudah menjadi tren tersendiri akhir-akhir ini. Warna-warni sepeda dengan segala jenisnya sudah menjadi pemandangan yang biasa dijalanan. Tak hanya pada saat weekend atau saat CFD saja, namun hampir setiap hari bisa melihat para goweser ini melintas dijalanan. Apakah sahabat Mommy Baiti adalah salah satu diantaranya?

Pasti terasa seru dan lebih bersemangat ya bila gowes bareng sama teman-teman, namun perlu diingat ya moms bahwasanya ini masih dalm kondisi pandemi Covid-19 sehingga harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Tetap menjaga jarak saat gowes ataupun pada saat beristirahat, menggunakan masker (namun saat gowes bisa dibuka ya) dan juga membekali diri dengan hand sanitizer. Jangan hanya karena ingin tubuh menjadi sehat dengan bersepeda malah menjadi ajang penularan virus corona satu sama lain ya moms. Jangan sampai lah ya.

Mengenal jenis-jenis sepeda

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang murah, terlebih lagi jika sudah mempunyai sepeda. Namun disaat ini mungkin harga sepeda terasa merangkak naik ya, ya wajarlah karena mungkin terjadi banyaknya permintaan. Ada baiknya jika menggunakan sepeda yang sudah ada ya toh yang penting kan manfaat dari olahraga bersepeda dan bukan karena sepedanya kan?

Bicara soal jenis sepeda, dipasaran terdapat beragam jenis sepeda dari yang harganya terjangkau hingga harga yang puluhan atau bahkan ratusan juta. Dari jenis sepeda yang sering lalu lalang dijalanan setidaknya ada beberapa jenis sepeda diantaranya adalah :


1. Sepeda Lipat (Folding Bike)

Sepeda jenis ini menjadi salah satu jenis sepeda yang populer saat ini. Banyak alasan mengapa memilih untuk menggunakan sepeda lipat yang diantaranya adalah karena kepraktisannya. Yup sesuai dengan namanya sepeda jenis ini tidak membutuhkan ruang yang luas untuk tempat parkirnya karena bisa dilipat.

Selain itu variannya yang berdasarkan ukuran ban membuat sepeda ini lebih disukai, meskipun mempunyai ukuran ban yang kecil seperti 12 atau 16 inchi dan bobot yang ringan namun cukup kuat dan tangguh untuk dinaiki orang dewasa.

Sepeda jenis ini juga mudah dibawa kemana-mana misalnya saja dimasukkan ke dalam mobil. Tidak heran jika saat tren bike to work sepeda jenis ini yang banyak digunakan karena saat rute yang dilalui cukup jauh bisa diselingi dengan naik angkutan umum dan sepeda bisa dilipat ringkas sehingga mudah dibawa.

2. Sepeda MTB

Pada dasarnya sepeda jenis MTB atau Mountain Terrain Bike atau yang biasa disebut juga dengan sepeda gunung ini di rancang dan didesain untuk menelusuri medan yang berat dan terjal seperti pada pegunungan dan perbukitan. Oleh karena itu sepeda jenis ini biasanya mempunyai rangka atau frame yang besar, kuat dan kokoh.

Sekedar untuk diketahui bahwa sepeda MTB ini diperkenalkan pertama kali di San Francisco pada tahun 1970 dan hingga kini mempunyai penggemar yang jumlahnya terus meningkat. Menggunakan sepeda MTB bisa menimbulkan kesan gagah dan macho karena selain body yang kokoh juga penggunaan ukuran ban yang 26 inchi serta mempunyai tapak ban yang lebar.

Meskipun penggunaannya tidak selalu dan tidak harus di daerah pegunungan atau perbukitan, sepeda MTB dibekali dengan suspensi depan dan juga shifting gear sehingga pengguna bisa menyesuaikan dengan medan yang dilaluinya.

3. Sepeda BMX

Selanjutnya ada jenis sepeda yang tiada matinya moms yaitu sepeda BMX. Sepeda jenis ini sih identik digunakan oleh para cowok ya moms. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena banyak juga kaum perempuan yang menyukai sepeda jenis BMX.

BMX sendiri merupakan singkatan dari Bicycle Moto Cross yang mana memang terciptanya sepeda BMX ini terinspirasi oleh olahraga motocross yang populer beberapa tahun lalu. Perlombaan dan kejuaraan dengan menggunakan sepeda BMX juga seringkali digelar baik tingkat nasional maupun internasional.

Sepeda BMX tidak hanya untuk kegiatan bersepeda saja karena juga bisa digunakan untuk atraksi-atraksi yang menyenangkan dari tingkat sederhana hingga ekstrem. Nah hal inilah yang membuat sepeda BMX ini banyak penggernya di setiap generasi hingga sekarang.

4. Sepeda hybrid

Maksud dari sepeda hybrid ini adalah sepeda yang merupakan perpaduan dari jenis sepeda gunung dan sepeda balap. Ciri khas sepeda balap yang biasa kita lihat adalah terletak pada bentuk stang yang melengkung dibagian ujungnya. Namun pada sepeda hybrid ini dipadukan dengan kekokohan sepeda gunung, jadi sepeda jenis ini sangat berkesan kekar, kokoh dan kuat.

Sepeda hybrid mempunyai tapak ban yang lebih lebar dari sepeda balap dan juga mempunyai shock breaker pada bagian roda depan. Fungsi dari bentuk stang yang melengkung dibagian ujungnya adalah agar penggunanya bisa merendahkan tubuhnya sehingga bisa menemukan posisi aerodinameter yang ideal saat mengendarainya.

Tentunya masih banyak lagi jenis sepeda lainnya ya moms, seperti city bike, sepeda mini/minions, sepeda kebo yang merupakan sepeda jadul namun terbukti kualitasnya yang tidak asal-asalan. Nah moms, untuk menggunakan sepeda jenis apa sebaiknya disesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing karena itu merupakan selera dan kesenangan sendiri-sendiri ya moms.

Manfaat bersepeda

Kegiatan berolahraga sangatlah bagus untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Tidak perlu olahraga yang berat moms, olahraga ringan dan murah seperti jalan kaki, lari, atau bersepeda juga bisa menyehatkan tubuh.


Yang terpenting adalah melakukannya secara rutin dan berkelanjutan ya. Dengan modal tubuh yang sehat kita bisa bebas beraktifitas dan produktif. Nah manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh antara lain adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang tubuh

Dengan bersepeda berarti memberikan pelatihan kepada otot dan tulang tubuh agar semakin kuat. Dengan mengayuh sepeda juga melatih persendian seperti lutut agar tetap bekerja sebagaimana mestinya.

2. Mengontrol berat badan

Moms jika mempunyai masalah pada berat badan bisa mengatasinya dengan rutin bersepeda nih karena dengan bersepeda bisa mengontrol atau menurunkan berat badan hingga mencapai berat yang ideal. Hal tersebut karena dengan bersepeda akan apat meningkatkan metabolisme tubuh, membangun masa otot dan juga membakar lemak tubuh.

Saat bersepeda juga terjadi pembakaran kalori yang disebutkan pada salah satu penelitian di Inggris bahwa bersepeda selama setengah jam setiap harinya dapat membantu membakar lima kilogram lemak dalam setahun.

Jadi moms, bersepeda sangat dianjurkan jika ingin menurunkan berat badan. Namun juga diimbangi dengan pola makan yang sehat ya moms agar berat ideal yang diinginkan bisa cepat tercapai.

3. Menyehatkan jantung

Dengan bersepeda juga dapat membuat jantung lebih sehat karena dapat memperkuat otototot jantung, menurunkan denyut nadi istirahat dan juga dapat mengurangi kadar lemak dalam darah. Selain itu bersepeda secara teratur juga dapat merangsang dan memperbaiki kondisi jantung, sirkulasi darah, paru-paru dan juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Mengurangi tingkat stres

Bersepeda memang menyenangkan karena bisa menyusuri jalanan dan rute yang kita inginkan apalagi jika melewati daerah persawahan atau pepohonan hijau yang tentunya kaya akan oksigen. Dengan bersepeda juga merupakan kegiatan refreshing yang menyenangkan sehingga tubuh akan memproduksi hormon dopamin yang menciptakan rasa seang dan bahagia. Dengan demikian maka akan dapat membantu menurunkan tingkat depresi, rasa cemas dan juga stres.

5. Mengurangi resiko diabetes

Diabetes dapat mengincar siapa saja, oleh karena itu tetaplah jaga kesehatan ya moms. Salah satu upaya untuk menghindari penyakit diabetes, terutama diabetes tipe 2 adalah dengan memperbanyak aktifitas fisik yang salah satunya adalah dengan bersepeda. Dari sebuah riset dari Finlandia mengabarkan bahwa dengan bersepeda selama 30 menit setiap hari akan mampu mengurangi risiko diabetes hingga 40 persen.

Nah moms, tidak ada salahnya untuk tetap memelihara kesehatan tubuh yang telah dianugerahkan oleh yang Maha Kuasa kepada kita untuk kepentingan kita sendiri dan juga untuk orang-orang yang kita sayangi. Dengan mengetahui manfaat bersepeda untuk kesehatan ini semoga bisa menjadi motivasi agar lebih bersemangat dalam berolahraga yang diantaranya adalah dengan bersepeda. Salam sehat moms.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar