Kekuatan Warna Biru Untuk Membangun Sebuah Karakter

Warna biru merupakan salah satu dari warna primer additif yang bersamaan dengan warna merah dan hijau atau yang di kenal dengan RGB. Pengabungan warna-warna primer ini dapat menciptakan jutaan warna lainnya dan warna biru ini tergolong warna populer dan difavoritkan oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mungkin saja sahabat Mommy Baiti adalah salah satunya yang menyukai warna biru ini?

Selain biasa untuk menggambarkan langit yang cerah dan lautan luas, warna biru juga melambangkan arti kepercayaan, kesetiaan, ketulusan, kecerdasan, pengabdian dan kebijaksanaan.

Arti Warna Biru

Setiap warna mempunyai arti atau kesan yang terkandung didalamnya, termasuk juga dengan warna biru. Menurut ilmu psikologi, warna biru mempunyai arti yang diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Meredam stres

Ketika pikiran diliputi rasa khawatir dan cemas yang memenuhi pikiran dengan rasa ketakutan, maka warna biru mampu untuk mengusir rasa takut yang tidak berdasar sehingga dapat meredam atau meredakan stres yang muncul. Jika rasa ini muncul, sahabat Mommy Baiti bisa meredakannya dengan memandang langit atau menikmati hamparan lautan luas.

2. Menciptakan suasana positif

Warna biru telah terbukti dapat membawa pengaruh positif pada pikiran dan tubuh serta membantu memperlambat proses metabolisme tubuh manusia, sehingga tubuh akan memproduksi bahan kimia yang dapat menenangkan dan memancarkan perasaan ketenangan. Selain itu warna biru bisa untuk mendinginkan suasana, membantu keseimbangan dan ekspresi diri sendiri. Oiya moms, silahkan baca juga manfaat bersepda untuk kesehatan ya.

3. Menciptakan ketenangan

Biru terkenal sebagai warna yang dapat memberi kesan menenangkan yang tidak suka mengganggu dan diganggu karena warna biru melambangkan kesabaran dan juga pengertian sehingga banyak orang yang merasa nyaman saat berada di sekitar warna biru ini. Oleh karena itu, ketika mengalami emosi yang berlebihan sangat dianjurkan untuk segera melakukan dekompresi dengan warna biru seperti pergi ke pantai atau laut.

4. Memancarkan kebaikan dan kekuatan

Warna biru dipercaya dapat memancarkan kebaikan dan kekuatan yang biasa digunakan untuk melambangkan keramahan dan ketulusan. Bahkan dalam tradisi banyak budaya, warna biru berperan sangat penting dalam kepercayaan agama yang dapat membawa kedamaian, dan ada juga yang meyakini bahwa warna biru ini dapat untuk mengusir roh jahat.

Selain itu warna biru juga mempunyai arti sebagai pembawa kedamainan yang tidak mengaduk-adukkan suasana sehingga akan dijauhkan dari konflik. Dengan demikian sangat cocok untuk mempertimbangkan warna biru ini sebagai warna cat untuk rumah.

Warna Biru Untuk Membangun Sebuah Karakter

Dalam dunia bisnis sangat penting untuk memiliki karakter atau image/brand yang kuat agar dapat menunjang kesuksesan usaha yang dijalankan. Untuk hal tersebut dibutuhkan kekuatan warna menciptakan atau membangun sebuah karakter yang diharapkan mampu untuk menyampaikan arti dan pesan tanpa harus menggunakan kata-kata.

Warna biru sering dianggap sebagai warna yang sangat korporat dan biasa dikaitkan dengan kecerdasan, stabilitas, persatuan, dan konservatisme yang dapat memberi kesan kuat dan dapat dipercaya. Karena itulah tidak jarang warna biru ini digunakan oleh brand-brand besar yang bergerak di berbagai bidang bisnis.

Kekuatan warna untuk keperluan branding adalah pada sisi emosional dan praktis yang mana warna dapat mempengaruhi perasaan konsumen saat melihat sebuah merek (emosional). Sedangkan pada faktor praktis, warna dapat membantu sebuah merek tampak menonjol di antara kerumunan.

Dalam pembuatan karakter atau image/brand tersebut sangatlah dekat dengan dunia desain grafis yang mana biasa menggunakan warna biru sebagai warna dasar atau warna utamanya. Oiya moms, dalam dunia grafis mengenal banyak varian macam-macam warna biru seperti :

  • Biru gelap
  • Biru terang
  • Biru pucat
  • Biru muda
  • Biru langit
  • Biru tosca
  • dan masih banyak lagi lainnya.

Sahabat Mommy Baiti bermacam-macam warna biru tersebut mempunyai kode RGB sendiri-sendiri oleh karena itu kita perlu mengetahuinya untuk dapat membangun karakter yang kuat dengan warna biru. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar